7 Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet Saat Traveling

Berbicara mengenai smartphone, barang eletronik yang satu ini memang sudah tak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan manusia.

Smartphone adalah alat elektronik yang sangat penting sebagai metode komunikasi, selain itu smartphone juga bisa kamu gunakan untuk mencari sebuah alamat, maupun sebagai penyelamat kamu saat keadaan terdesak.

Apalagi ketika kamu sedang melakukan traveling jauh di negara orang, maka smartphone merupakan barang yang selalu wajib kamu bawa.

Kamu tentu membutuhkan smartphone untuk membantumu menemukan tempat traveling, mencari arah, bahkan kamu juga bisa menggunakan smatphone sebagai kamus bahasa ketika kamu bertemu dengan turis.

Nah, agar smartphone selalu bisa kamu gunakan, tentu kamu harus menghemat baterainya agar tak cepat habis.

Untuk dapat menghemat baterai smartphone saat traveling, di bawah ini ada beberapa tips-tips yang bisa kamu terapkan.

Nyalakan Battery Saver

Sumber Gambar : DroidPoin

Tips yang pertama adalah melalui battery saver, dengan cara ini secara otomatis smartphone-mu bisa menidurkan sementara aplikasi-aplikasi yang tidak begitu kamu gunakan saat pergi traveling.

Jadi mesin smartphone-mu baru akan bekerja ketika kamu mengoperasikan aplikasi saja. Cara ini cukup jitu untuk membuat baterai smartphone bertahan lama.

Matikan deteksi lokasi

Sumber Gambar : Telset.id

Jika saat traveling kamu tidak terlalu penting untuk mencari sebuah alamat, maka sebaiknya matikan saja deteksi lokasimu atau biasa kita menyebutnya GPS.

Mengapa kamu perlu mematikan fitur ini? karena fitur lokasi ini akan terus menerus di-update sepanjang kamu melakukan perjalanan.

Dengan terus menyalakan fitur lokasi ini, maka akan menjadi salah satu penyebab mengapa baterai smartphone-mu cepat habis.

Redupkan cahaya

Sumber Gambar : MakanTidurGadget

Jika kamu terbiasa menggunakan smartphone dengan layar yang begitu terang sekali, alangkah baiknya ketika pergi traveling, redupkan saja layar smartphone-mu apalagi saat tidak digunakan.

Meredupkan cahaya smartphone akan sangat membantu untuk menghemat daya baterai smartphone.

Hindari untuk refresh smartphone berulang kali

Sumber Gambar : IDN Times

Jika terpaksa smartphone-mu harus kamu gunakan sesering mungkin, maka usahakan untuk tidak me-refresh-nya berulang kali.

Ketika kamu sering me-refresh smartphone, sebenarnya smartphone tersebut terus melakukan update, jadi akan membuat baterai lebih cepat habis.

Sebaiknya jika kamu belum begitu memerlukan smartphone, lebih baik kamu biarkan saja. Gunakan hanya saat keadaan penting saja.

Hapus atau matikan update untuk aplikasi tak penting

Sumber Gambar : bengkel samsung galaxy android

Untuk aplikasi yang tidak begitu penting atau jarang kamu gunakan, sebaiknya matikan saja terlebih dahulu, dan jika perlu hapus saja aplikasi tersebut dari sistem smartphone.

Cara ini tentu akan sangat membantu untuk meringankan kinerja smartphone-mu. Jika kinerja smartphone ringan otomatis daya tahan baterai akan lebih lama.

Hindari temperatur ekstrem

Sumber Gambar : www.kilatfintech.com

Saat melakukan traveling, tentu bisa saja kita menjumpai cuaca ekstrem kapan saja, cuaca ektrem sebenarnya sangat berpengaruh pada smartphone-mu.

Jika kamu sedang berada di cuaca yang sangat terik, maka sebaiknya simpanlah smartphone di dalam tas agar terhindar dari teriknya matahari dan membuat smartphone tetap dalam suhu sejuk.

Temperatur yang terlalu panas maupunterlalu dingin, akan menyebabkan smartphone-mu cepat boros.

Pindah ke mode Airplane

Sumber Gambar : Dailysocial

Dan tips yang ketujuh adalah pindah smartphone-mu ke mode Airplane. Tips ini adalah salah satu cara yang paling efektif dan mungkin yang paling banyak diterapkan oleh orang-orang yag sedang berpergian.

Saat menggunakan mode Airplane ini, otomatis akan membuat smartphone-mu seperti tertidur, sehingga smartphone-mu bisa beristirahat dan daya bateraimu tidak akan berkurang.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghemat daya baterai smartphone saat pergi traveling, dari ketujuh tips diatas pilih saja yang menurutmu paling nyaman kamu terapkan.

%d blogger menyukai ini: