Tips Cerdas Dalam Menghemat AC

Dalam negara tropis, keberadaan AC memang menjadi kebutuhan penting. Sebab pendingin ruangan tersebut sangat membantu disaat cuaca sangat panas.

Dengan menggunakan AC, maka ruangan dapat lebih sejuk dan nyaman. Namun beberapa orang merasa terkendala saat memilih AC.

Mereka takut salah memilih AC yang justru boros listrik. Selain itu, masyarakat perlu berhati-hati karena tegangan AC biasanya cukup tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, masyarakat harus jeli dalam memilih AC hemat listrik. Mungkin beberapa orang sudah ada yang mengetahui AC Inverter (AC hemat listrik).

Dengan AC Inverter, kalian dapat melakukan berbagai hal demi menghemat AC. Hal tersebut patut dilakukan demi menghindari lonjakan tagihan listrik di akhir bulan.

Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat AC. Dimulai dari cara menggunakan AC, hingga menghilangkan kebiasaan yang dapat menambah beban AC.

Berikut beberapa tips cerdas menghemat AC:

Sumber Gambar : AC Inverter

Lakukan Perawatan AC Secara Berkala

AC berbeda dengan barang elektronik yang lain. Cara merawat AC tentu perlu dilakukan secara ekstra. Pendingin ruangan tersebut harus dikontrol secara rutin, serta membutuhkan perawatan secara berkala.

Jika tidak begitu, filter udara dalam AC akan cepat kotor. Dengan begitu, beban kerja AC menjadi semakin berat. Hal tersebut juga membuat AC semakin banyak memakan daya.

Apabila ingin AC lebih awet, maka setidaknya AC harus rutin dibersihkan minimal dua bulan sekali. Namun jika intensitas penggunaan AC setiap hari, maka AC perlu dibersihkan satu bulan sekali.

[irp posts=”61110″ name=”4 Aplikasi Remote AC untuk Smartphone Android”]

Hilangkan Kebiasaan Buruk untuk Mengatasi AC Boros Listrik

Selama ini pemilik AC kurang paham beberapa kebiasaan mereka, yang justru dapat membuat AC boros listik.

Beberapa kebiasaan tersebut adalah faktor lupa menutup pintu maupun jendela. Dengan udara dingin yang terus keluar melalui celah udara, maka penggunaan AC menjadi lebih ekstra.

Hal ini akan berimbas pada pemakaian listrik  pada AC. Sedangkan untuk mengatasi AC boros listrik adalah, pastikan semua sudut ruangan tertutup rapat.

Apabila seluruh ruangan sudah tertutup rapat, maka tidak akan ada lagi udara yang keluar dengan percuma.

Setelah itu, AC dapat bekerja otomatis secara normal. Dengan begitu suhu ruangan bisa sama dengan suhu dalam remote.

Masih ada solusi lainnya, salah satunya dengan memilih AC yang hemat listrik. Kalian dapat menyesuaikan AC yang sesuai kebutuhan.

Jangan lupa untuk menyesuaikan harga AC dengan kondisi budget kalian. Hal ini diperlukan agar tidak membebani di kemudian hari.

Perhatikan Cara Mengatur Suhu AC

Dalam suhu panas dalam negara tropis seperti Indonesia, suhu dapat meningkat hingga 38 derajat Celcius.

Sementara itu untuk penggunaan AC, pada umumnya adalah 16-18 Celcius. Hal tersebut tentunya dapat membuat AC bekerja terlalu keras dibanding biasanya.

Suhu terbaik dalam kenyamanan termal menusia ada di kisaran 25 derajat Celcius. Oleh karena itu, sebaiknya kalian jangan memaksakan AC untuk lebih dingin.

Memaksa AC untuk menjadi lebih dingin justru bisa merusaknya secara perlahan. Apabila benar-benar ingin AC lebih dingin, maka cukup atur suhu AC di 22 derajat Celcius.

AC yang bekerja terlalu keras akan cepat boros listrik. Secara tidak sadar, hal tersebut akan membuat tagihan semakin membengkak di akhir bulan.

Memahami cara dalam menghemat AC memang sangat penting. Selain dapat membantu menghemat listrik, hal tersebut juga membantu mengurangi tagihan listrik yang biasa membengkak akibat pemakaian AC yang tidak tepat.