8 Tips Memakai Google Play Store Yang Berguna

google play store

Sebagai pengguna Android, Play Store menjadi bagian penting dalam memakai handphone. Bagaimanapun, Play Store adalah salah satu tempat rujukan download aplikasi. Berikut ini beberapa tips Play Store dari beberapa fitur miliknya.

Sejauh pengalaman saya, Play Store belum menjadi tempat download aplikasi atau hal lain (game, film, dll) yang ideal. Ada beberapa fungsi yang tidak ada. Misalnya sortir berdasar rating. Walau bisa dimaklumi, karena Google ingin memberi kesempatan aplikasi lain berkembang (bukan aplikasi terbaik saja yang terlihat terus).

Perlu dipahami juga bahwa Play Store adalah tempat yang “luas”. Seperti pusat pertokoan dengan berbagai barang jualan (dalam hal ini aplikasi dan konten digital lain). Pilihan fitur yang banyak bisa membuat orang bingung.

Untuk itu mari kita lihat fitur Play Store apa saja yang menarik. Tentunya yang bisa membantu mempermudah kamu dan aplikasi kesayanganmu.

[irp posts=”45104″ name=”7 Tips Hemat Kuota Internet Handphone Android”]

Cek apakah aplikasi Play Store milikmu versi terbaru

cek aplikasi play store terbaru

Saat kamu ganti handphone—entah baru atau pakai handphone lama—mungkin kamu ragu apakah aplikasi Play Store di situ sudah versi terbaru atau belum. Cara melihatnya mudah.

  1. Buka aplikasi Play Store,
  2. Tekan ikon Menu di kotak pencari (atau gulir dari pinggir kiri),
  3. Masuk ke Setting,
  4. Geser ke paling bawah, cari Play Store version,
  5. Tekan beberapa kali.
    —akan muncul pemberitahuan up to date kalau sudah yang paling baru.

Hanya lihat review aplikasi yang sesuai

tips play store untuk sortir review

Review di Play Store berguna untuk melihat apakah aplikasi tersebut layak dipasang atau tidak. Tapi review aplikasi bisa sangat banyak. Tidak semua berdasar versi terbaru atau perangkat yang sama dengan yang kita pakai.

Nah, kamu bisa menyortir dan menyaring review yang ada. Di halaman aplikasi yang bersangkutan, geser layar ke bawah. Tekan pilihan ‘Read All Reviews‘. Lalu di bawah statistik rating, kamu bisa memilih di tombol kiri untuk melihat review dengan rating tertinggi, review terbaru, atau review paling membantu. Sementara di tombol kanan untuk pilihan review untuk versi aplikasi terbaru dan dari model perangkat yang kamu pakai.

Tandai aplikasi untuk dipasang nanti

membuat wishlist di play store

Ada kalanya kamu menemukan aplikasi atau game menarik. Tapi ukurannya cukup besar dan membutuhkan Wi-Fi. Nah, sebelum menemukan koneksi Wi-Fi yang memadai, masukkan dulu aplikasi atau game itu ke dalam wishlist. Ketika kamu sudah menemukan Wi-Fi yang oke, tinggal buka wishlist dan unduh aplikasi yang bersangkutan.

Caranya sangat mudah. Tekan ikon bookmark  yang ada di sebelah nama aplikasi. Untuk melihatnya, tekan tombol Menu  dan pilih wishlist.

Tidak menambah ikon aplikasi baru di home screen

tidak menambah ikon aplikasi di home screen

Kalau kamu termasuk orang yang tidak suka ikon aplikasi baru muncul di Home Screen dan tidak mau repot menghapusnya, tenang saja. Ada caranya (yah, kalau kamu tidak memakai launcher tertentu).

Buka halaman Setting di Play Store. Geser ke bawah sampai kamu menemukan pilihan ‘Add icon to Home Screen‘. Matikan (un-centang) kotak pilihan.

[irp posts=”44464″ name=”Mengubah Nama Ponsel Android (Hotspot, Bluetooth, dan Play Store)”]

Mematikan auto update aplikasi tertentu

matikan auto update aplikasi tertentu

Sebenarnya kami sudah pernah membahas cara mematikan auto update untuk aplikasi Android. Tapi waktu itu yang kami bahas adalah untuk semua aplikasi dan game. Tapi mungkin kamu hanya ingin mematikan auto update untuk beberapa aplikasi tertentu.

Silakan buka halaman aplikasi yang bersangkutan di Play Store. Kalau itu aplikasi lama (yang ada di handphone-mu), lihat di Menu > My Apps & Game > Installed. Kalah kamu baru memasangnya, ya lihat saja di halaman aplikasi itu. Tekan tombol elipsis  di pojok kanan atas. Lalu matikan pilihan auto update (bahasa kerennya: un-centang ???? ).

Cegah orang lain install aplikasi

setel verifikasi install aplikasi

Memang kecil kemungkinan orang lain akan memasang aplikasi di handphone-mu. Tapi bukan tidak mungkin ada yang iseng. Hal ini tentu saja berbahaya kalau aplikasi tersebut komersial. Untuk mencegahnya, kamu bisa memasang otentikasi atau verifikasi.

Masuk ke Setting di Play Store. Geser ke bawah dan pilih ‘Require authentication for purchase‘. Lalu pilih ‘For all purchase through Google Play on this device‘. Kalau handphone milikmu mendukung, kamu juga bisa menggunakan otentikasi sidik jari. Pilihannya ada tepat di atas setelan tadi.

Lihat aplikasi yang pernah kamu install

lihat aplikasi yang pernah kamu pasang

Sepanjang sejarah kamu menggunakan handphone Android, kamu pasti pernah mencoba banyak aplikasi. Ada juga kemungkinan kamu menggunakan handphone lain. Nah, kamu mungkin ingin memasang aplikasi yang dulu pernah kamu install.

Untuk melihat daftar aplikasi yang pernah kamu pakai tapi belum ada di handphone ini, lihat di My Apps & Games, lalu lihat tab Library. Voila!

Menemukan Aplikasi Google Play Service

menemukan aplikasi google play service

Tidak semua aplikasi muncul di Play Store. Beberapa aplikasi sistem Google tidak muncul di sana. Salah satunya adalah Google Play Services. Tapi jangan kuatir. Ada cara untuk menemukannya.

Cari saja Google Play Service di Google (ya iyalah…). Nanti akan muncul saran dari Play Store. Pilih aplikasi yang benar (dari Google LLC), dan kamu sudah menemukannya.