Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Tips Jitu Optimalkan Instagram Live untuk Konten Kreator Ala Meta

Indri Penulis

Meta baru-baru ini bagi-bagi tips untuk optimalkan Instagram Live khusus buat konten kreator. Tips ini dijamin bakal buat Instagram Live lebih ramai.

Instagram Live adalah salah satu fitur terlaris yang dimiliki Instagram saat ini. Dari dulu fitur tersebut telah dipakai orang-orang untuk berinteraksi langsung dengan orang lain. Apalagi buat para konten kreator, fitur ini sering dipakai untuk acara jumpa fans online.

popculture.id

Nah buatmu para konten kreator yang sering menggunakan fitur Instagram Live, ada kabar bagus nih. Baru-baru ini, Meta telah membagikan beberapa tips terbaru untuk optimalkan Instagram Live. Tips-tips ini ditujukan khusus buat para konten kreator. Tujuannya supaya Instagram Live mereka jadi lebih ramai, seru, dan menarik lebih banyak minat penonton.

Sebenarnya tips yang dibagikan Meta kali ini dikasih oleh 3 beauty influencer terkenal Lupita Cardoza, Maggie Magaa dan Priscila Arias. Mereka bertiga adalah orang yang telah sukses mengoptimalkan fitur Instagram Live, hingga akhirnya pundi-pundi uang yang mereka dapatkan bisa bertambah banyak.

Setidaknya ada 5 tips utama untuk mengoptimalkan fitur Instagram Live yakni:

Q&A

Tips yang pertama ini saya rasa paling gampang. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan Instagram Live, kemudian jawablah setiap pertanyaan yang diberikan oleh penggemarmu. Nggak harus semua pertanyaan sih, paling nggak jawablah pertanyaan yang terlihat penting atau seru buat dijawab.

Berikan Tutorial

Kalau kamu bingung mau ngapain pas siaran langsung, coba bikin tutorial deh. Nggak perlu ribet-ribet, bikin saja tutorial yang paling kamu bisa. Contohnya kamu bisa melakukan Instagram Live sambil mempertontonkan skill memasakmu (paling jitu sih tutorial masakan khas daerah tertentu).

Kolaborasi Bareng Kreator Lain

Kolaborasi bareng kreator lain, hm.. Pernah kepikiran buat melakukan itu nggak? Selain Instagram Live jadi lebih seru, kamu juga bisa menarik lebih banyak penonton. Penonton bisa berasal dari penggemarmu, dan juga penggemar konten kreator yang kamu ajak kolaborasi.

Jadi orang yang mungkin belum mengenalmu, setelah mereka menonton siaran langsung bersama kreator idola mereka, mereka akan bisa mengenalmu dan mungkin bakal follow akunmu (atau syukur-syukur jadi fans-mu juga).

Bikin Pengumuman

Sesekali, lakukanlah siaran langsung untuk mengumumkan ‘sesuatu yang penting.’ Kalau perlu, diawal siaran langsung kamu bisa mendramatisir keadaan supaya atmosfernya terasa serius. Hal ini otomatis bakal menarik atensi penonton, dan secara nggak langsung mereka akan tertarik untuk menonton kelanjutan siaran langsungmu.

Baru setelah itu, kamu bisa bicarakan hal yang mau kamu umumkan. Contohnya apa nih? Cukup banyak kok. Contohnya pengumuman kalau kamu meluncurkan produk baru, atau kamu baru saja bikin bisnis baru (seperti cafe, butik, arisan online, dll).

Get Personal!

Tahu nggak, kamu juga bisa bikin konten siaran langsung yang sifatnya personable lho. Contohnya kamu bisa membagikan daily life activity. Mungkin terlihat sepele sih, tapi buat penggemar sejati, mereka pasti kepo banget sama kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan. Selain karena alasan ‘kepo,’ nggak jarang penggemar juga bakal mencoba meniru kegiatan yang kamu lakukan.

Nah itu tadi beberapa tips mengoptimalkan Instagram Live ala 3 konten kreator populer yang dibocorkan oleh Meta. Selain ke-5 tips jitu di atas, Meta juga bagi-bagi tips mengoptimalkan Instagram Live versi mereka sendiri. Ini dia beberapa tipsnya:

  • Jadwalkan siaran langsung sebelumnya untuk membantu memaksimalkan jangkauan penonton.
  • Angkat topik yang benar-benar relevan dengan audiens, dan pastikan durasi streaming-mu minimal 20 menit.
  • Siapkan skrip atau apapun yang kamu butuhkan untuk siaran langsung (biar pas siaran langsung nggak keteteran).
  • Promosikan video siaran langsungmu di postingan atau Instagram Stories.
  • Bikin sesi tanya jawab untuk menjawab beberapa pertanyaan penggemar.
  • Siapkan transmisi langsung menggunakan tools Live Producer dan Live Broadcast.
  • Selama siaran langsung, sebut nama dan coba kenali penggemar yang selalu mendukungmu.
  • Terakhir, pamerkan ruang tempatmu biasa membuat konten.

Gimana menurutmu tips-tips di atas, cukup mudah untuk dipraktikkan bukan? Semoga tips di atas bisa bikin Instagram Live-mu lebih ramai dan seru ya!

    %d blogger menyukai ini: