Tips Jitu Supaya Video Tampil di Halaman Pertama Youtube

maxresdefault

Persaingan di dunia maya tentu saja mempunyai keunikan tersendiri. Berbeda dengan di dunia nyata, dimana kalian akan tahu seperti apa lawan yang ada.

Sedangkan persaingan di dunia maya, kalian belum tentu bisa mengetahui seperti apa pesaing yang ada. Dunia maya dapat menjadi tempat untuk melakukan banyak hal, salah satunya untuk berkarya.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkarya di dunia maya. Namun dalam dunia maya, ada banyak hal yang tidak bisa ditebak.

Yang harus diingat dalam melakukan sesuatu adalah lakukan dengan benar dan ikhlas. Dengan begitu, karya yang dihasilkan akan berkualitas.

Hal ini berbeda dengan mereka yang menggunakan cara cepat agar karyanya menjadi sukses. Walaupun hasil cepat diperoleh, namun biasanya karya tersebut tidak akan tahan lama.

Prinsip semacam itu dapat digunakan ketika kalian akan membuat video di Youtube. Youtube adalah tempat seseorang mengunggah video. Baik sekedar sharing video, maupun mengunggah video untuk tujuan mendapat penghasilan.

Kepopuleran Youtube saat ini tidak perlu diragukan lagi. Hal ini ditandai dengan semakin bertambahnya penyedia video atau youtuber.

Ada berbagai jenis video yang diunggah ke Youtube. Dan banyaknya jumlah video tersebut, membuat persaingan antara youtuber semakin ketat.

Saat ini, tidak sedikit youtuber yang melakukan berbagai cara, supaya video mereka bisa masuk ke halaman pertama Youtube.

Layaknya halaman pertama di Google, video yang berhasil masuk di halaman pertama Youtube, mempunyai peluang viewers yang banyak.

Dengan banyaknya jumlah viewers, maka video tersebut akan menghasilkan banyak uang. Tidak hanya itu, channel youtuber tersebut akan semakin terkenal kedepannya.

Lalu Bagaimana Cara Agar Video Tampil di Halaman Pertama?

Tampil di halaman pertama adalah keinginan semua youtuber. Namun karena banyaknya video yang ada di Youtube, maka tidak semua video dapat masuk ke halaman pertama.

Apabila video ingin masuk ke halaman pertama, maka buatlah video yang menarik dan unik. Usahakan video tersebut dapat mencuri perhatian banyak orang.

Sebut saja video ‘OM TELOLET OM’ yang viral beberapa waktu yang lalu. Video tersebut berhasil masuk di halaman pertama untuk beberapa negara. Karena populer, banyak orang yang penasaran dan mulai mencari pembuat video tersebut di Youtube.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, agar video bisa masuk ke halaman pertama dan bertahan lama. Berikut beberapa tips membuat video masuk halaman pertama Youtube:

Sumber Gambar : Sekedar Sharing

Buatlah Video Berkualitas

Video yang dibuat dengan materi bagus dan berkualitas, dapat membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya. Dengan begitu, peluang video masuk ke halaman pertama akan semakin besar.

Jangan sampai mengunggah video secara asal apalagi milik orang lain. Agar bisa masuk halaman pertama dan bertahan lama, maka sebaiknya kalian unggah video original dan berkualitas. Video yang berkualitas akan mencerminkan diri si pembuat.

Buatlah Judul yang Menarik

Selain kualitas video yang bagus, pemilihan judul juga perlu diperhatikan. Jangan sampai isi video dan judul tidak berkesinambungan. Apabila isi video dan judul tidak sesuai, maka Youtube akan menandai video tersebut sebagai spam atau penipuan.

Selain itu, video semacam itu akan mendapat banyak unlike dari penonton. Video dengan unlike yang banyak, semakin rentan untuk dihapus Youtube.

Memaksimalkan Thumbnail

Selain memperhatikan judul dan kualitas video, jangan lupa untuk memperhatikan thumbnail. Sebab semakin menarik gambar thumbnail yang digunakan, maka semakin banyak orang yang ingin melihat video tersebut.

Untuk membuat thumbnail juga sangat mudah. Kalian dapat menggunakan bantuan Adobe Photoshop atau aplikasi edit foto lain. Tentunya, sesuaikan ukuran thumbnail dengan ketentuan Youtube, yaitu ‘1080 x 720.’

SEO Youtube

Untuk mendongkrak SEO Youtube, maka cari terlebih dahulu materi yang kini sedang tren. Atau kalian dapat membuat video, yang kemungkinan akan disukai banyak orang.

BACA JUGA
Sembunyikan Video Berbahaya Dengan Mode Incognito YouTube

Deskripsi Youtube

Buatlah deskripsi dengan jelas dan maksimal. Hal ini dimaksudkan agar orang-orang tidak lagi bertanya. Jangan sampai penonton bingung dengan bagian video yang kalian buat.

Isi deskripsi bisa berisi cerita lengkap isi video, atau garis besar video tersebut. Jangan lupa sertakan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung video tersebut.

Promosikan Video

Setelah video jadi, jangan lupa untuk mempromosikan video tersebut di sosial media kalian. Seperti Facebook, Twitter, atau Instagram. Ini akan memperbesar peluang video untuk masuk halaman pertama di Youtube.

Selain beberapa tips yang telah kami sebutkan, konsistensi dalam mengunggah video sangat penting dilakukan. Dengan begitu, orang akan percaya bahwa channel kalian memang kredibel dan berkualitas.

Sedangkan untuk membuat video berada di halaman pertama Youtube, maka hal tersebut berhubungan dengan SEO Youtube.

Ada komentar?