Tips Jitu untuk Merawat Kamera Bagi Kamu Fotografer Pemula

Foto merupakan suatu kebutuhan bagi masyarakat saat berpergian atau hanya sekedar melaksanakan hobi. Tak dipungkiri lagi semakin banyak orang yang menyukai foto semakin banyak pula seseorang yang mempunyai kamera.

Semakin hari memang semakin banyak yang memiliki hobi bermain kamera, hal ini ditunjukan oleh para milenials yang kemana-mana tak lupa membawa kamera.

Namun banyak orang yang mempunyai kamera tapi tak tahu cara merawatnya, jangan biarkan kameramu rusak begitu saja hanya karena kamu tak tau cara merawatnya.

Jika kamu menggunakan kamera hanya untuk memenuhi gengsi, sebaiknya fikir ulang lagi deh, itu sayang banget jika rusak begitu saja.

Kamu bukan hanya sekedar membuang-buang uang, membiarkan kameramu tak terawat juga membuktikan bahwa kamu tipe orang yang tidak peduli dengan barang yang kamu punya.

Namun tak selamanya membiarkan kamera membuktikan kamu tidak peduli, bisa saja kamu memang tak tau cara merawat kameramu dengan baik.

Bagi kalian yang baru terjun di dunia fotografi, sebaiknya perhatikan tips jitu dibawah ini agar kameramu tetap awet dan tidak rusak dengan sia-sia.

Menggunakan Tas Kamera

Sumber Gambar: JakartaNotebook.com

Mungkin untuk sebagaian orang ada yang berpendapat, bahwa memasukan kamera ke dalam tas justru akan merusak kamera itu sendiri. Jadi banyak orang yang lebih memilih untuk menentengnya ketimbang memasukannya ke dalam tas kamera.

Namun perlu kalian ketahui bahwa pendapat tersebut tidak salah jika memag tas yang kamu gunakan tidak memiliki kualitas baik. Agar kameramu tetap terjaga dengan baik, sebaiknya pilihlah tas kamera yang memiliki kualitas terjamin.

Dengan menggunakna tas kamera, kamu tak perlu membuat kameramu terlihat begitu mencolok, dan mengurangi dari resiko pencurian.

Menyentuh dengan lembut layar LCD dan lensa kamera

Sumber Gambar: komunitas.bukalapak.com

Ini adalah hal yang paling rawan dan memang membutuhkan ekstra hati-hati saat menyentuhnya, apalagi saat membersihkannya.

Jangan sembarang menyentuh bagian lensa kamera, apalagi jangan coba-coba menyentuh lensa dengan tanganmu sendiri. Karena hal ini membutuhkan peralatan khusus untuk membersihkannya.

Usahakan untuk membeli peralatan spesial untuk membersihkan lensa dan LCD yang telah di desain khusus. Hal ini akan membuat kameramu terjaga dengan baik.

Melepaskan baterai dari kamera

Sumber Gambar: bukalapak.com

Yang ketiga adalah, jangan biasakan untuk meninggalkan baterai di dalam kamera dalam jangka waktu yang cukup lama.

Baterai kamera mengandung asam yang dapat menimbulkan karat jika disimpan terlalu lama di dalam tempat lembab. Jika kamu sedang sibuk dan tidak ada rencana untuk menggunakan kamera selama berbulan-bulan, sebaiknya lepaskan saja baterai dari kameramu.

Selalu mematikan kamera ketika melepaskan bagian-bagiannya

Sumbet Gambar: Kompas Tekno

Jika kamu sudah selasai menggunakan kamera, dan berniat untuk mebersihkan beberapa bagian kameramu, jangan lupa untuk mematikan terlebih dahulu kameramu.

Mengambil beberarapa bagian kamera dalam keadaan menyala, akan lebih meningkatkan resiko data korup pada memory card-mu, sekaligus juga dapat menyebabkan debu masuk kedalam sensor kamera. Selain itu mematikan kamera saat sedang dibersihkan atau sedang diperbaiki juga akan menghemat baterai.

[irp posts=”43658″ name=”Hashtag Instagram Populer untuk Fotografer”]

Menggunakan garansi sebaik-baiknya.

Sumber Gambar: MLDSPOT

Jika kamu baru membeli kamera dan selang beberapa bulan kameramu mengalami masalah, sebaiknya jangan langsung membiarkannya, lebih baik bawa kembali kameramu ke dealer atau tempat servis resmi kameramu

Kebanyakan perusahan kamera yang menjamin kualitasnya seperti Nikon maupun Canon, sangat menjaga nama produknya.

Jadi mereka tak ragu untuk selalu memberikan garansi perbaikan tanpa harus membayar mahal-mahal maupun mengganti kamera barumu.

Manfaatkan saja waktu garansimu sebaik mungkin, jika memang masih mempunyai waktu garansi sebaiknya segera bawa ke tempat servis resmi dari produk kameramu tersebut.

Nah sekarang kalian tak lagi bingung kan bagaimana cara merawat kamera dengan baik? Jadi mulai sekarang rawat sebaik mungkin kameramu ya, jangan biarkan mereka rusak sia-sia.

More Stories
Ini Fakta Penyebab Facebook, Instagram dan WA Down
%d blogger menyukai ini: