Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Keamanan dan Privasi WhatsApp

cek keamanan whatsapp

Pengiriman pesan WhatsApp sekarang sudah melalui proses enkripsi. Hal ini tentu saja meningkatkan keamanan WhatsApp. Ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara cek keamanan dan privasi WhatsApp lebih jauh untuk memastikannya.

Keamanan WhatsApp melalui enkripsi end-to-end ini berjalan secara otomatis. Kamu tidak perlu mengatur setelan atau apa pun. Tiap percakapan dan panggilan memiliki kunci unik tersendiri. Tapi bukan berarti kamu hanya pasrah begitu saja. Cek keamanan WhatsApp tetap perlu kamu lakukan.

Lihat kunci enkripsi WhatsApp

cek enkripsi whatsapp

Seperti sudah disebut di atas, tiap percakapan punya enkripsi end-to-end sendiri. Kamu bisa cek hal ini dan mencocokkannya dengan teman WhatsApp-mu.

  1. Buka jendela percakapan WhatsApp personal,
  2. Tekan nama kontak,
  3. Tekan Enkripsi,
  4. Kamu akan melihat QR code dan 40-digit angka. Itulah kunci keamanan percakapan tersebut.

Kamu bisa saling mencocokkan QR code tersebut dengan teman yang bersangkutan. Gunakan tombol ‘SCAN CODE‘ untuk memindai kode yang ada di handphone temanmu. Untuk mencocokkan 40-digit angka, lebih baik gunakan aplikasi chatting lain atau telpon biasa (bukan WhatsApp call).

Aktifkan Notifikasi Keamanan WhatsApp

cek notifikasi keamanan WhatsApp

Dari tips di atas, kita tahu bahwa masing-masing orang memegang kunci keamanan percakapan. Namun, ada kemungkinan kode itu berubah. Entah kamu atau temanmu punya handphone baru atau install ulang aplikasi WhatsApp.

Secara bawaan, WhatsApp tidak memberitahu kalau ada perubahan kunci percakapan di ujung lain. Kalau kamu peduli dengan hal ini, kamu bisa mengaktifkan notifikasi keamanan WhatsApp. Jangan lupa minta temanmu melakukan hal yang sama.

  1. Masuk ke Setelan WhatsApp
  2. Pilih ‘Akun‘,
  3. Pilih ‘Keamanan‘,
  4. Aktifkan tombol ‘Tampilkan notifikasi keamanan‘.

[irp posts=”45733″ name=”Salah Tulis? Hapus Pesan WhatsApp Yang Sudah Terkirim”]

Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

aktifkan verifikasi dua langkah whatsapp

WhatsApp sekarang juga sudah mendukung verifikasi 2 langkah atau Two-Factor Authentication (2FA). Fitur ini akan meminta nomor PIN ketika nomor teleponmu didaftarkan lagi ke aplikasi WhatsApp.

  1. Masuk ke Setelan WhatsApp,
  2. Pilih ‘Akun‘,
  3. Pilih ‘Verifikasi dua langkah‘,
  4. Tekan ‘Aktifkan
  5. Masukkan 6 nomor PIN dan ketik ulang untuk konfirmasi,
  6. Masukkan alamat email dan ketik ulang untuk konfirmasi (untuk jaga-jaga kalau kamu lupa),
  7. Tekan ‘Selesai‘.

Matikan Backup WhatsApp

Sayangnya, walaupun WhatsApp sudah menggunakan enkripsi end-to-end, masih ada kelemahan di sana. Backup pesan dan media WhatsApp memanfaatkan layanan cloud (iCloud untuk iPhone dan Google Drive untuk Android). Tergantung bagaimana tingkat kepercayaanmu terhadap kedua layanan cloud tersebut. Kalau ragu-ragu, matikan backup WhatsApp.

  1. Masuk ke Setelan WhatsApp,
  2. Masuk ke ‘Chatting‘,
  3. Masuk ke ‘Cadangan Chat‘,
  4. Tekan ‘Cadangkan ke Google Drive‘ (atau iCloud),
  5. Pilih ‘Jangan Pernah‘.

[irp posts=”40313″ name=”Cara Mengganti Nomor Telpon di WhatsApp yang Benar”]

Atur Privasi WhatsApp

mengatur privasi whatsapp

Untuk meningkatkan keamanan, kamu juga bisa atur privasi WhatsApp. Hal ini meliputi kapan terakhir dilihat, foto profil, info, status, lokasi terkini, blokir kontak, dan laporan dibaca. Kamu bisa memilih bisa dilihat oleh semua orang, kontak, atau tidak ada.

  1. Masuk ke Setelan WhatsApp,
  2. Pilih ‘Akun‘,
  3. Pilih ‘Privasi‘,
  4. Atur tiap pilihan sesuai keinginanmu

Atur Notifikasi Handphone

Agar tingkat privasi lebih tinggi, aturlah bagaimana notifikasi muncul di lockscreen. Apabila memungkinkan, pilih ‘Sembunyikan konten notifikasi yang sensitif‘.

Jadi ketika ada notifikasi pesan WhatsApp, orang yang ada di sekitarmu tidak bisa mengintip isi notifikasi tersebut. Kelemahannya, kamu juga tidak bisa membaca pesan langsung di lockscreen.

More Stories
Xiaomi ponsel kamera 48 MP
6 Ponsel Android Dengan Kamera 48 MP Di Awal Tahun 2019