Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

5 Tips Kesehatan Dengan Tetap Mengandalkan Kemajuan Teknologi

Indri Penulis

Kesehatan memang tidak dapat diukur dengan apapun. Banyak orang menganggap jika sehat itu mahal harganya. Namun ungkapan tersebut tidak selamanya benar.

Sebab kini kesehatan dapat diperoleh dengan murah bahkan gratis. Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini.

popculture.id

Karena kemajuan teknologi, ada berbagai informasi kesehatan yang mudah diakses melalui internet. Bahkan tidak sedikit informasi lengkap, yang bisa langsung dipraktikkan pembaca atau penonton.

Secara umum dalam era digital, kesehatan dapat diperoleh secara murah. Walaupun begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin sehat melalui internet.

Berikut tips memilah informasi kesehatan dari internet dengan benar:

Sumber Gambar : TLNT

Jangan Langsung ‘Telan’, Namun Baca dengan Teliti

Kini ada berbagai informasi kesehatan yang bisa diperoleh dari internet. Mayoritas adalah artikel yang mengupas mengenai kesehatan.

Namun setelah kalian memperoleh informasi dari internet, akan lebih baik jika pahami terlebih dahulu isi informasi tersebut baik-baik.

Lihat terlebih dahulu artikel tersebut, siapa penulisnya, lalu apakah penulis berasal dari bidang kesehatan atau tidak?

Setelah itu, lihatlah sumber artikel tersebut. Apakah artikel tersebut sudah mengacu kepada sumber terpercaya? Misalkan seperti penelitian-penelitian terbaru.

Kini banyak kasus pembaca kurang kritis dalam menyerap informasi. Banyak informasi yang langsung ‘ditelan’ mentah-mentah oleh masyarakat, tanpa mereka memperhatikan keakuratan informasi tersebut.

Oleh sebab itu, jangan mudah tergoda untuk membagikan langsung informasi kesehatan kepada teman maupun keluarga. Jika informasi kesehatan tersebut memang masuk akal, maka tidak masalah untuk dibagikan.

Namun bila isi informasi hanya berujung jualan produk kesehatan, maka sebaiknya informasi tersebut tidak perlu dibagikan.

Tetap Utamakan Konsultasi ke Ahlinya

Sebelum kalian mencari berbagai informasi kesehatan di internet, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu fakta-fakta dasar dari ahlinya.

Hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan. Kalian dapat konsultasi dengan dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, perawat, bidan, maupun tenaga medis lain.

Carilah informasi tersebut dengan mendatangi puskesmas terdekat, maupun pusat pelayanan kesehatan yang lain.

Tanyakan pada tenaga medis, seperti apa kriteria situs kesehatan yang resmi dan dapat dipercaya. Dari sana, kalian baru bisa mencari informasi dari internet, serta mengunjungi situs sesuai dengan kriteria yang telah disampaikan.

Waspada Dengan Informasi yang Disediakan

Walaupun tengah mengakses situs berisi informasi kesehatan, namun sebagai orang tua, perlu mendampingi anak-anak ketika sedang mengakses situs tertentu.

Sebab ada beberapa artikel kesehatan yang berisi konten pornografi. Misal artikel kesehatan yang membahas tentang alat reproduksi, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pastikan pula informasi yang kalian peroleh benar, bukan hoax atau berita bohong. Terkadang kalian perlu memeriksa ulang, apakah informasi yang didapatkan dari situs itu benar.

Carilah Informasi dari Sumber yang Berpengalaman

Informasi terkadang dapat berasal dari pengalaman orang lain. Selain itu pengalaman juga bisa menjadi pelajaran yang baik.

Oleh sebab itu, kalian bisa memperoleh informasi dengan memperluas kenalan, atau bergabung ke dalam kelompok kesehatan di media sosial.

Ada banyak kelompok kesehatan di Facebook, WhatsApp, LINE, dll. Ketika baru bergabung dalam group, perkenalkan terlebih dahulu diri kalian. Kemudian sampaikan pula maksud bergabung dengan jelas.

[irp posts=”53847″ name=”5 Aplikasi Kesehatan Android Pilihan”]

Jangan Hanya Terpaku pada Satu Sumber

Biasakan untuk mencari informasi kesehatan dari berbagai sumber. Selain bisa memperkaya informasi, hal tersebut patut dilakukan agar kalian tahu fakta dan mana yang kurang tepat.

Tidak ada salahnya untuk membaca minimal 3-5 informasi dari sumber berbeda. Misal kalian ingin tahu informasi mengenai tanaman obat penangkal diabetes.

Maka coba cari 3-5 artikel dari beberapa sumber terpercaya. Jangan hanya menjadikan satu artikel kesehatan di internet, sebagai acuan maupun referensi.

Melalui internet sehat, kita akan bisa sehat. Diri sendiri bisa sehat, keluarga sehat, serta masyarakat pun ikut sehat.

    %d blogger menyukai ini: