Tips Memakai Google Maps Untuk Memantau Rekan Kerja Yang WFH

berbagi lokasi di google maps

Apakah rekan atau karyawan yang kerja di rumah — istilah kerennya WFH — benar-benar bekerja dan tidak jalan-jalan? Salah satu cara jitu untuk memantau rekan kerja yang WFH adalah dengan Google Maps. Di sini kami berbagi tips melakukannya.

WFH memang tidak seindah yang dibayangkan. Banyak godaan atau gangguan yang bisa terjadi. Ya karena rumah tidak memiliki suasana kerja seperti di kantor.

Selain dari sisi pekerjaan, perusahaan juga punya kepentingan atas keamanan karyawannya. Misalnya karyawan di suruh kerja di rumah supaya meminimalisir wabah corona, tapi malah jalan-jalan ke mal dan beresiko tertular. Ini tentu jadi masalah tersendiri.

Untuk itu, ada fitur Google Maps yang bisa dipakai untuk memantau rekan kerja atau karyawan. Fitur itu adalah berbagi lokasi.

Pertimbangan dan Persiapan

Salah satu hal penting yang menjadi pertimbangan dalam memakai fitur berbagi lokasi adalah privasi. Ingat, penggunaan ini bukanlah untuk memata-matai atau stalking. Tapi lebih untuk produktivitas dan keamanan.

Hal ini juga merupakan sesuatu yang bersifat suka rela. Jadi harus ada kesepakatan di antara pengguna. Seperti menentukan berapa lama waktu untuk berbagi lokasi dan siapa saja yang terlibat di dalamnya. Dengan begitu semua tetap merasa nyaman.

Pimpinan atau orang yang bertanggung jawab bisa meminta rekan kerja atau karyawan untuk berbagi lokasi dengannya. Yah, kalau mau saling mengontrol, bisa juga saling berbagi lokasi satu dengan lainnya.

Cara Berbagi Lokasi di Google Maps

  1. Buka aplikasi Google Maps — Bisa di smartphone atau di komputer.
  2. Tekan tombol 3 garis di bilah pencari untuk membuka Menu
  3. Masuk ke fitur Berbagi Lokasi.
  4. Tentukan lama waktu berbagi lokasi, misal 8 jam (sesuai jam kerja).
  5. Kirim ke rekan kerja atau atasan yang bertanggung jawab memantau.
  6. Kamu bisa menambah kiriman berbagi lokasi dengan tekan ikon Tambah Pengguna .
berbagi lokasi di google maps
Berbagi lokasi di Google Maps

Memantau WFH di Google Maps

Kalau rekan kerja atau karyawan sudah membagi lokasinya, orang yang bertanggung jawab tinggal tekan/klik link yang tersedia. Link itu akan membuka halaman Berbagi Lokasi di Google Maps.

Yang menarik, kamu bisa melihat semua rekan kerja yang berbagi lokasi tersebut dalam satu jendela aplikasi. Kalau mau, kamu juga bisa cek satu per satu. Baik di aplikasi Google Maps untuk smartphone, tiap pengguna yang berbagi lokasi bisa di lihat di bagian atas layar. Di desktop letaknya juga ada di bagian atas, tepatnya di bawah bilah pencari (ada bagian yang bisa dibuka).

memantau wfh di google maps
Tampilan di desktop

Dengan begitu, pemantauan bisa berjalan sekaligus, tidak perlu bolak balik bertanya (atau cek share loc di WA). Tinggal buka dan cek aplikasi atau jendela di browser selama jam kerja yang ditetapkan.

Jadi cara ini memang cukup efisien untuk memantau rekan kerja atau karyawan. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan privasi masing-masing. Setelah waktu yang ditetapkan lewat, posisi di peta secara otomatis akan terhapus.

Nah, semoga tips bekerja di rumah ini bisa membantu pekerjaan berjalan dengan lancar dan menghindari mereka yang mangkir. Tetap sehat dan tetap semangat!

%d blogger menyukai ini: