Tips Membagikan Album Foto iCloud di iOS 12

apple photos

iOS 12 pada iPhone memang tidak terlalu banyak mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan iOS 11 dalam hal berbagi foto. Dilihat dari menu tab yang ada dalam aplikasi Foto Apple untuk iOS 12 hanya mengalami perubahan dengan menyertakan “Memories” pada tabFor You”. Selain itu juga ada penambahan penyimpanan foto dengan saran efek tambahan. Disinilah tempat kalian nanti bisa melihat saran berbagi dan juga semua album yang sebelumnya telah dibagikan orang lain kepada kalian.

Selain itu, tab yang baru ini juga akan mengelompokkan berbagai foto berdasarkan lokasi foto tersebut diambil, tanggal atau bahkan berdasarkan peristiwa tertentu. Kemudian semua foto tersebut dalam suatu koleksi yang mana, nanti kalian bisa langsung membagikannya dengan mudah ke orang-orang yang ada di dalam foto tersebut.

Sementara itu, untuk foto dan juga video yang nantinya akan dibagikan melalui iCloud, maka kalian harus mengaktifkan iCloud Photos terlebih dahulu. Atau jika tidak begitu, maka saran tidak akan muncul saat pertama kalinya. Dan yang patut kalian ingat adalah, saat kalian menyimpan semua foto tersebut di iCloud, untuk bisa membagikan foto ke keluarga atau teman-teman. Maka Mereka juga harus sama mempunyai akun iCloud dan juga iCloud Photos yang telah diaktifkan. Baik itu dalam perangkat iOS itu sendiri atau dalam komputer Mac. Hal tersebut karena untuk web-only account tidak akan dibiarkan mengakses aplikasi foto yang ada.

Sumber : Apple Support

Selain itu untuk penerima album iCloud yang ada bersama kalian sebenarnya bisa membukanya lewat iOS 11 juga. Jadi itu tidak hanya diperuntukkan untuk iOS 12 saja, atau versi macOS terbaru. Lalu, untuk mereka yang menggunakan Mac bagaimana jadinya? Untuk kasus semacam ini, mereka memang perlu klik tautan “Subscribe” dari Mail app saja. Itu nanti yang akan membuka Photos desktop app. Sementara itu, untuk teman atau keluarga kalian, maka tidak perlu sampai menggunakan iOS 12 atau bahkan macOS 10.14 untuk bisa melihat foto. Mereka membutuhkan iOS 12 hanya pada saat berbagi album bersama kalian.

Dan untuk berbagi koleksi foto, maka kami berikan tips ini untuk kalian.

Melihat Koleksi Pengaturan Saran (Suggested Collection Settings)

Untuk bisa berbagi koleksi foto, hal yang pertama bisa kalian lakukan adalah membuka tabFor You” di Photos pada iPhone kalian. Kemudian selanjutnya tampilan “Sharing Suggestions” akan muncul. Kemudian saat kalian amati, tampilan foto yang akan tampil memang akan dipecah berdasarkan dengan lokasi, tanggal dan masih ada banyak lagi lainnya. Kemudian gesek layar secara horizontal untuk bisa melihat semua saran yang ada dalam foto kalian saat ini.

Kemudian setelah itu, ketuk saja koleksi foto mana yang ingin kalian bagikan. Setelah itu, jangan lupa untuk ketuk tombol ellipsis (•••) yang berada di pojok kanan atas untuk bisa melihat pengaturan yang lain. Nah, pada menu yang muncul, kalian akan diarahkan ke beberapa menu seperti “Add to Memories”, “Play Movie”, dan juga “Remove Sharing Suggestion”.

Membagikan Koleksi yang Disarankan ke Keluarga dan Teman

Sebenarnya untuk bisa benar-benar berbagi album dengan banyak pengguna iCloud yang lain, bisa kalian lakukan setelah mengetuk koleksi yang sebelumnya sudah disarankan oleh iCloud. Kemudian tinggal ketuk tombol “Select” di sisi kanan pada masing-masing foto atau video. Lalu, kalian tinggal pilih sesuka hati, mana foto atau video yang akan dibagikan.

Walaupun memang secara default, untuk item yang dipilih ini kalian bisa mengetuk masing-masing foto atau video secara individual apabila ingin membatalkan pilihan. Tapi jika kalian rasa lebih menyenangkan saat bisa mengirim beberapa gambar saja dan bukan semua gambar, maka kalian bisa ketuk “Delete All”. Setelah itu kalian bisa pilih gambar mana yang diinginkan. Gampang bukan?

Jadi, apa kalian sudah coba fitur baru iCloud pada iOS 12?

Ada komentar?