Tips Membedakan Smartphone Vivo Asli Dengan yang Palsu

Vivo menjadi salah satu brand smartphone yang populer di Indonesia. Dan dengan beragam keunggulan serta harga kompetitif, smartphone satu ini banyak diminati konsumen.

Selama ini Vivo sudah meluncurkan berbagai model smartphone, dimulai dari entry-level sampai high-level.

Menjadi salah satu brand terkenal dan laris, tentunya membuat produk smartphone Vivo tidak dapat terbebas dari sasaran empuk pemalsuan.

Pemalsuan ini dilakukan oleh beberapa pihak tidak bertanggung jawab. Biasanya, produk Vivo palsu dibuat semirip mungkin dengan versi orginal. Maka tidak heran jika banyak konsumen tertipu.

Agar menghindari kejadian yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips membedakan smartphone Vivo asli dengan yang palsu:

Sumber Gambar : Daily Social

Cek Nomor IMEI

Layaknya yang sudah terlampir dalam halaman bantuan Vivo, nomor IMEI pada perangkat yang kalian miliki digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat valid.

Dan nomor tersebut berisi berbagai informasi penting seperti merek, model, produsen perangkat sampai spesifikasi smartphone.

Untuk memeriksa bahwa smartphone Vivo tersebut asli atau palsu, kalian bisa memeriksa menggunakan nomor IMEI.

Untuk mengetahui nomor IMEI, maka cukup menekan *#06#, melalui Pengaturan > Pengaturan Lain > Tentang Ponsel, atau melihatnya di dalam kotak kemasan ponsel Vivo.

Dan setelah nomor IMEI sudah berhasil didapatkan, silakan cek situs resmi Vivo disini. Kemudian masukkan nomor IMEI smartphone Vivo, pada kotak yang tersedia dan tekan tombol kirim.

Apabila smartphone Vivo itu asli, maka disana akan muncul semua informasi detail yang relevan mengenai model smartphone Vivo.

Periksa Bagian Fisik

Beberapa smartphone mahal termasuk Vivo, selama ini dibuat menggunakan material yang berkualitas bagus.

Bahkan situs resmi perusahaan biasanya akan menampilkan spesifikasi lengkap, mengenai perangkat yang kalian punya termasuk material yang digunakan.

Selanjutnya, coba lakukan perbandingan dengan smartphone Vivo yang sedang kalian pegang saat ini. Sebagai contoh, dalam situs tersebut disebutkan bahwa body belakang smartphone terbuat dari material kaca.

Apabila di smartphone kalian justru body belakang terbuat dari plastik, maka kemungkinan perangkat tersebut palsu.

Selain itu kalian juga bisa melihat apakah warna smartphone kusam atau tidak. Berat smartphone sama atau tidak dengan informasi resmi dari perusahaan.

Periksa Kelengkapan Paket Penjualan

Sebenarnya apa yang ada dalam paket penjualan, biasanya akan disebutkan secara detail dalam situs resmi perusahaan.

Dengan begitu, kalian bisa melakukan perbandingan kelengkapan paket penjualan smartphone Vivo. Jika kalian menemukan ada yang kurang dalam paket penjualan, maka kalian patut waspada.

Sebab mungkin barang yang kalian dapatkan tidak orginal. Supaya terhindari dari hal tersebut, pastikan kalian membeli smartphone Vivo di toko resmi mereka.

[irp posts=”64353″ name=”Bocoran Handphone Vivo APEX 2019: Tanpa Tombol Fisik!”]

Periksa Harga

Harga juga bisa menjadi patokan untuk memeriksa keaslian smartphone Vivo. Smartphone palsu biasanya akan dijual lebih murah dibanding versi asli.

Oleh sebab itu, kalian patut waspada jika membeli smartphone Vivo dengan harga tidak wajar, atau jauh dari harga resmi perusahaan.

Agar menghindari hal ini, belilah smartphone Vivo dari toko offline maupun online yang sudah terpercaya. Atau supaya lebih aman, beli saja smartphone di toko resmi Vivo.

Periksa Garansi

Satu tahun merupakan masa garansi yang diberikan oleh setiap pabrikan smartphone untuk setiap produk. Selain iu, produsen juga tidak pernah melakukan perjanjian lisan dengan para penjual produk.

Apabila smartphone Vivo palsu, maka mereka akan dijual dengan garansi lebih pendek. Sebab produsen palsu itu tidak bisa menjamin smartphone bisa tahan lama.

Jika kalian membeli smartphone Vivo, dan pejual menawarkan masa garansi lebih pendek dan harga jual lebih murah, maka patut dicurigai jika produk tersebut palsu.