Tips Membeli Laptop Bekas Supaya Tidak Salah Pilih

maxresdefault

Membeli laptop bekas merupakan solusi alternatif, terlebih bagi beberapa orang yang ingin punya laptop namun low-budget.

Selama ini tidak ada yang melarang membeli laptop bekas. Sebab walaupun bekas, beberapa laptop tersebut masih bisa digunakan dengan baik.

Namun ada pula beberapa laptop bekas yang justru merugikan pengguna. Ada banyak kasus dimana seseorang bisa mendapatkan laptop bekas dengan harga murah.

Tapi setelah digunakan beberapa hari, laptop bekas tersebut justru rusak. Yang lebih parah, beberapa komponen laptop harus diganti.

Bukannya untung karena mendapat laptop murah, justru orang tersebut akan rugi. Sebab biaya mengganti komponen laptop sangat mahal.

Mungkin ada pula beberapa dari kalian yang berencana membeli laptop bekas, untuk digunakan kebutuhan sehari-hari nantinya.

Agar tidak salah dalam memilih laptop bekas, berikut ini beberapa tips memilih laptop bekas yang harus kalian perhatikan:

Sumber Gambar : Jual Beli Laptop Bekas Surabaya

Periksa Fisik Laptop

Tampilan fisik adalah salah satu poin penting yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop bekas. Sebab hal yang paling jelas terlihat saat membeli laptop bekas adalah tampilan fisik.

Kondisi fisik laptop yang masih bagus, menandakan bahwa pemilik sebelumnya selalu merawat laptop dengan baik.

Namun tampilan luar yang bagus, belum tentu menandakan bagian dalam laptop masih bagus. Tapi setidaknya kalian sudah mendapat kesan baik dari laptop tersebut.

Periksa Garansi

Laptop bekas yang masih mempunyai masa garansi baik dari toko maupun dari distributor resmi, adalah poin yang patut diapresiasi. Berarti laptop bekas terlebih layak kalian beli.

Sebab garansi yang masih berlaku akan mempermudah, dan pasti menguntungkan kalian. Mungkin suatu saat ada kerusakan pada laptop, maka kalian bisa tukar dengan yang lain.

Pastikan Baterai dan Charger Dalam Kondisi Bagus

Salah satu keluhan yang sering dialami pembeli laptop bekas adalah kinerja baterai. Hal ini lantaran penggunaan laptop yang tidak benar.

Hal tersebut bisa menimbulkan efek samping pada baterai, yaitu menurunnya kemampuan menyimpan daya baterai itu sendiri.

Memang memastikan apakah baterai laptop masih bagus atau tidak adalah hal yang susah. Tapi salah satu cara yang dapat dilakukan adalah, melihat terlebih dahulu indikator baterai ada di level berapa.

Selanjutnya, gunakan laptop untuk membuka berbagai aplikasi yang cukup berat sekitar 5-10 menit. Lihat apa baterai mengalami penurunan normal atau ekstrem.

Jika baterai mengalami penurunan ekstrem, maka perhitungkan lagi untuk membeli laptop bekas tersebut. Selain baterai, charger juga sebaiknya dalam kondisi bagus. Pastikan tidak akan kabel yang mengelupas atau charger sering mati hidup saat digunakan.

Periksa Layar LCD

Ini adalah hal yang tidak boleh dilupakan. LCD adalah salah satu bagian laptop yang cukup mahal. Lebih baik, kalian pastikan kondisi LCD terlebih dahulu sebelum membeli laptop bekas.

Pastikan tidak ada dot pixel pada layar LCD laptop. Cara yang paling mudah adalah dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos.

Selanjutnya, perhatikan apakah ada selain warna hitam disana. Kemudian ganti wallpaper menjadi putih polos. Pastikan kondisi LCD laptop masih tetap bagus.

Periksa Harga Pasar

Jadilah pembeli yang bijak. Sebelum membeli laptop bekas, periksa terlebih dahulu harga pasaran jenis laptop tersebut.

Hal tersebut patut dilakukan supaya kalian bisa mendapat harga yang sesuai. Harga laptop bekas biasanya turun sekitar 20% – 40%.

Penurunan harga tergantung dengan kondisi barang serta lamanya pemakaian. Jika menemukan harga terlalu tinggi dari seharusnya, maka lebih baik pertimbangkan lagi untuk membeli laptop bekas tersebut.

Jangan Mudah Termakan Janji

Penjual sering kali pandai memberi janji-janji palsu. Maksudnya, mereka sering berkata kondisi laptop masih bagus. Namun  belum tentu kondisi sebenarnya  seperti itu.

Dan tidak jarang penjual akan menutupi kecacatan laptop bekas. Oleh sebab itu, sebagai calon pembeli hendaknya kalian lebih waspada.

Ada komentar?