Diskon VPN terbaik: Klik di sini

6 Tips Membersihkan Earphone Kotor Dengan Mudah

Earphone adalah sebuah alat elektronik yang tidak dapat bekerja sendiri. Alat ini bekerja dengan membutuhkan bantuan perangkat lain seperti smartphone, pemutar MP3, laptop, dll.

Earphone mempunyai bentuk yang kecil, sehingga praktis bila dibawa kemana saja. Inilah yang membuatnya behone begitu populer, apalagi earphone dengan bantalan yang nyaman di telinga.

Earphone juga menjadi pengganti speaker, baik untuk kebutuhan multimedia maupun bermain game. Benda tersebut juga menjadi lebih populer semenjak kehadiran smartphone.

Sebab dengan smartphone, pengguna bisa menonton video, mendengarkan lagu, telfon, bermain game, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bukan hal aneh jika kita akan melihat banyak orang asyik dengan earphone mereka.

Menggunakan earphone memang sangat menyenangkan. Namun penggunaan earphone yang terlalu lama juga menimbulkan dampak negatif bagi tubuh, khususnya dibagian telinga.

Bila selama ini kalian terbiasa menggunakan earphone berjam-jam lamanya, maka cobalah mengurangi intensitas penggunaan earphone, misal jangan mengguna earphone selama 4 jam berturut-turut.

Selain itu earphone juga rentan terkena kuman. Penggunaan earphone bisa menyebabkan banyak kotoran menempel di earphone, dan hal tersebut jarang disadari oleh pengguna.

Berikut saya berikan tips membersihkan earphone dengan benar dan mudah:

Membersihkan Dengan Cotton Buds

Sumber Gambar : Avoskin Beauty

Supaya earphone bersih maksimal, maka gunakan cotton buds untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Fokuskan cotton buds pada sela-sela lubang earphone.

Pembersihan ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan tusuk gigi. Hal ini dilakukan supaya lubang earphone bisa lebih bersih dan bebas kotoran.

Membersihkan Kabel Earphone dengan Minyak Kayu Putih

Sumber Gambar : Hello Sehat

Selain berguna untuk meredakan kembung dan masuk angin, minyak kayu putih juga bisa digunakan untuk membersihkan kabel earphone lho.

Kabel earphone berwarna putih memang paling rentan kotor dan menguning. Namun kalian bisa menghilangkan warna kuning para earphone dengan minyak kayu putih.

Walaupun ampuh mengangkat kotoran yang menempel pada kabel, namun minyak kayu putih tidak bisa mengembalikan warna putih kabel hingga 100%.

Gunakan kapas yang sebelumnya sudah diberi minyak kayu putih. Kemudian gosok kapas pada bagian kabel yang kotor. Kalian dapat melakukan hal tersebut sampai kabel tampak bersih kembali.

Membersihkan Earphone dengan Pembersih Tangan

Sumber Gambar : Amazon

Jika kebetulan di rumah kalian mempunyai hand sanitizer atau pembersih tangan, maka kalian dapat menggunakannya untuk membersihkan kabel earphone yang menguning.

Hand sanitizier memang lumayan ampuh membersihkan kotoran di kabel. Pembersih tangan tersebut juga bisa membuat kabel tampak lebih putih.

[irp posts=”59573″ name=”4 Rekomendasi Earphone Wireless Terbaik Untuk Smartphone”]

Bersihkan Earphone dengan Sikat Gigi

Sikat gigi menjadi alat ampuh untuk membersihkan earphone. Kalian cukup menggosok sikat gigi pada lubang-lubang di kepala earphone.

Namun untuk menyikat lubang pada earphone, posisikan sikat gigi agak kebawah. Ketika membersihkan bagian tersebut, sediakan pula selembar kertas sebagai alas penampung kotoran.

Membersihkan Bantalan Headset Earphone

Bantalan headset juga item penting yang harus dibersihkan. Sebab bantalan headset maupun earphone rentan terkena keringat dan debu.

Kalian dapat membersihkan bantalan ini menggunakan lap basah yang dicampur sedikit sabun. Selain itu, bantalan headset juga rentang bau.

Untuk kasus tersebut, gunakan leather lotion pada bantalan maupun pad berbahan kulit/sintetik. Atau kalian juga bisa menggunakan handbody.

Sementara khusus untuk bantalan berjenis kain, kalian bisa mencuci bantalan tersebut seperti pada kain biasa.

Bersihkan Earphone dengan Penghilang Cat Kuku

Sumber Gambar : Piggy Paint

Penghilang cat kuku rupanya efektif untuk membersihkan earphone. Penghilang cat kuku dapat membuat kabel earphone terlihat lebih bersih.

Kalian hanya perlu oleskan penghilang cat kuku menggunakan kapas. Gosok kabel dengan lembut, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Penghilang cat kuku tidak hanya bisa digunakan pada kabel earphone warna putih, namun bisa juga digunakan untuk kabel warna lain.

More Stories
Memunculkan scroll bar Mac
Bagaimana Menampilkan Scroll bar di Mac Secara Permanen