Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bukan Sekedar Gaya, Ini Tips Memilih Headphone yang Cocok Untukmu

Perkembangan desain yang sangat stylish bukan hanya terjadi pada smartphone maupun laptop dijaman sekarang.

Namun salah satu gadget yang sering digunakan masayrakat ini juga semakin mengalami perkembangan model yang stylish dan kekinian.

Headphone adalah sebuah perangkat teknologi dan sekaligus teman setia pagi pendengar musik sejati.

Namun bagi seorang pendengar musik sejati, memilih sebuah headphone tidak boleh sembarangan.

Berbagai hal penting juga harus diperhatikan, agar kamu memperoleh sebuah headphone yang stylish dan berkualitas.

Nah, di bawah ini ada beberapa tips khusus untuk mendapatkan headphone yang sesuai dengan seleramu dan tentu bukan hanya sekedar untuk gaya-gayaan.

Sesuaikan dengan anggaran

Sumber Gambar : instagram.com/house_of_adrianna

Hal utama dan yang paling penting adalah cari headphone yang sesuai dengan anggaranmu. jika membahas soal kualitas memang nomer satu, namun jika anggaranmu pas-pasan lebih baik jangan terlalu memaksakan.

Sekarang ada juga headphone yang range low-medium price dengan kualitas yang masih terbilang cukup bagus, jadi kamu ga usah khawatir.

Jika kamu ingin mempunyai headphone dengan kualitas tinggi hanya untuk terlihat keren, sebaiknya urungkan saja niatmu itu, karena tidak terlalu penting.

Sesuaikan dengan kepribadian dan gaya

Sumber Gambar : Dokter Sehat

Dipasaran ada tiga jenis headphone yang perlu kamu tau, yaitu In Ear ( headphone yang masuk kedalam telinga ), Earbuds ( headphone yang menempel di telinga ), dan Over Ear ( headphone yang menutupi seluruh telinga ).

Dari ketiga headphone tersebut, pilih yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan tentunya yang paling nyaman dipakai.

Fungsi headphone-nya untuk apa?

Sumber Gambar : popbela.com

Yang ketiga kamu harus pintar menyesuaikan antara selera musikmu dan fungsi dari headphone tersebut.

Jika kamu lebih menyukai musik dengan genre hip-hop atau mental, maka sebaiknya pilih headphone dengan tipe warm, karena suara yang dihasilkan lebih nge-bass.

Namun jika kamu lebih menyukai musik dengan genre classic atau rock, headphone yang paling cocok kamu pilih adalah tipe bright, hedphone jenis ini mampu menghasilkan suara yang treble-nya cenderung kerasa.

Dan kamu juga bisa memilih headphone jenis natutal yang bass dan treble-nya seimbang, untuk headphone ini mungkin sangat cocok bagi kamu yang ingin mendengarkan musik dengan semua genre tanpa dominan dalam segi apapunnya.

Cari tahu spesifikasi dari headphone yang hendak dibeli

Sumber Gambar : Brbagi

Tips yang keempat ini adalah tips yang tidak bisa kamu abaikan begitu saja, mencari spesifikasi dari headphone yang kamu beli adalah hal yang sangat penting.

Jika kamu tidak memperhatikan atau tidak mengecek terlebih dahulu spesifikasi dari headphone yang kamu pilih, bisa saja suara yang dihasilkan justru tidak sesuai dengan harapanmu.

Setidaknya kamu harus memperhatikan dari segi frekuensi, impedance dan tingkat sensitvitas dari sebuah headphone.

Frekuensi headphone bisa dikatakan baik jika frekuensinya berada diantara 6000 Hz hingga 28000 Hz.

Semakin besar rentang frekuensi, maka akan semakin baik pula suara yang dihasilkannya. Untuk Impedance biasanya disesuaikan dengan selera masing-masing, namun rata-rata headphone biasanya memiliki impedance >32 Ohm.

Dan untuk tingkat sensitivitas yang baik adalah < 85 dB ( desiBel), namun sayangnya dipasaran banyak yang menjual headphone dengan sensitivitas >100 dB.

Beli di toko resmi

Sumber Gambar : bhinneka.com

Yang terakhir adalah belilah headphone di toko resmi, agar kualitasnya terjamin dan tingkat penipuannya sangat sedikit.

Meskipun biasanya membeli di toko resmi sedikit lebih mahal, namun kamu justru akan mendapatkan keuntungan lebih yaitu garansi yang terjamin.

Meskipun ditoko tidak resmi terlihat lebih murah dan ada juga yang bergaransi, namun kualitas dari garansinya belum tentu terjamin.