Panduan Cerdas: Tips Memilih Smartphone

tips memilih smartphone

Bingung memilih smartphone? tentu hal wajar saat ini. Banyaknya merek dan tipe yang tersedia di pasar smartphone tanah air tentu membuat kita bingung memilih. Mulai dari spesifikasi yang serupa, desain yang tidak jauh berbeda, hingga kisaran harga yang bervariasi makin menambah kebingungan dalam memilih ponsel.

Petuah bijak dari para financial planner adalah, belilah sesuatu karena kebutuhan, bukan keinginan. Begitu pula ketika kita hendak memilih smartphone. Cari tahu dulu apa kebutuhan kalian dari sebuah smartphone, baru kemudian kalian bisa menentukan tipe dan jenis smartphone yang akan dibeli.

Sebagai contoh, jika kalian hanya membutuhkan fungsi WhatsApp dan berkirim email saja, kalian tak perlu untuk membeli sebuah iPhone 7 misalnya. Berbeda jika kalian hobi memainkan game di ponsel.

Biar ga semakin bingung, kami akan memberikan panduan cerdas, tips memilih smartphone. 

Operator Seluler

Saat ini ponsel 4G sudah banyak beredar di tanah air, namun hal tersebut tidak diimbangi dengan coverage area yang cepat. Di pulau Jawa sekalipun, belum semua daerah sudah bisa menikmati jaringan 4G-LTE.

Jadi jika daerah tempat tinggal kalian belum mendapatkan sinyal 4G, tentu fitur 4G dari sebuah smartphone bisa kalian abaikan.

Sistem Operasi

Tidak semua orang suka iOS, pun begitu juga dengan Android. Ada orang yang menginginkan kenyamanan dalam menggunakan smartphone, tapi ada juga yang menginginkan kebebasan. Saat ini ada 3 sistem operasi mobile populer di dunia, Adroid, iOS dan Windows 10 mobile. 

Ketiga sistem operasi tersebut memiliki karakter masing-masing, iOS dengan ekosistem yang baik, Android dengan kebebasan kustomisasinya, dan Windows mobile yang saat ini sedang berada dalam tidur panjangnya.

Semua sistem operasi di atas memiliki jadwal update. Saat ini iOS sudah sampai versi 10, Android sudah sampai versi 7, dan Windows mobile juga berada di versi 10. Saran saya, jangan beli smartphone yang masih menggunakan sistem operasi lama dan tidak bisa di update ke versi terbaru.

Rekomendasi
  iPhone 7

  • iOS 10
Rp 9.017.000

LIHAT DI SINI

memilih smartphone Samsung Galaxy S7

  • Android 6, bisa update ke 7.
Rp 7.999.000

LIHAT DI SINI

Lumia 950

  • Windows 10¬†mobile
Rp 8.598.000

LIHAT DI SINI

Desain dan Fungsi

Ini adalah hal subyektif saat memilih sebuah smartphone, sekaligus hal krusial. Ada orang yang suka desain kotak, ada yang suka melengkung. Ada yang suka smartphone berbahan alumunium, ada yang lebih suka dengan yang berbahan polycarbonate. Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pastikan apakah kalian butuh fitur seperti dual-SIM, slot micro-SD, NFC atau fitur-fitur lainnya. Contohnya, jika kalian membutuhkan dual-SIM dan micro-SD sekaligus, maka jangan membeli smartphone yang hanya memberikan slot hybrid, cari yang memang memberikan slot keduanya.

Rekomendasi

  iPhone 7 Rp 9.017.000

LIHAT DI SINI

Samsung Galaxy S7 Edge Rp 10.500.000

LIHAT DI SINI

ASUS ZenFone 3 ZE520KL Rp 4.099.000

LIHAT DI SINI


Baca juga: Review ASUS ZenFone 3 ZE520KL: Desain Menawan


Layar

Memilih besarnya ukuran layar saat ini menjadi perbincangan tersendiri di dunia smartphone. Ukuran layar yang begitu beragam, mulai dari 4 inchi sampai ke 5.7 inchi bisa kita temukan.

Bagi kalian yang menyukai smartphone dengan layar besar, tentu pilihan layar adalah 5.5 inchi ke atas. Sebaliknya, buat yang ingin bisa mengoperasikan smartphone hanya dengan satu tangan, maka layar 4.7 inchi ke bawah adalah ukuran yang ideal. Bagi saya pribadi, ukuran layar ponsel yang nyaman adalah 5 Р5.2 inchi.

Selain ukuran layar, jenis-jenis layar dan resolusinya juga sangat berpengaruh. Jika kalian hobi melihat video dengan resolusi tinggi, tentu mencari layar dengan kerapatan pixel tinggi adalah langkah bijak.

Rekomendasi

iPhone SE

  • 4.5 inchi
Rp 7.845.000

LIHAT DI SINI

Huawei 9 Mate

  • 5.9 inchi
Rp 9.143.000

LIHAT DI SINI

ZenFone 3 ZE520KL

  • 5.2 inchi
Rp 4.099.000

LIHAT DI SINI

Prosesor

Jika kita ingat dengan perseteruan Intel vs AMD di dunia PC, maka di dunia smartphone kita akan menemukan Snapdragon vs MediaTek. Banyak orang berbicara secara teknis mengenai kehebatan keduanya, namun bagi saya, hal ini lebih kepada kecocokan pengguna dengan merek tersebut.

Bahkan saat ini, Huawei sudah menggunakan prosesornya sendiri bernama Kirin yang juga memiliki performa yang baik. Sebentar lagi, Xiaomi juga akan merilis prosesornya sendiri.

Rekomendasi

iPhone 7

  • Apple A10
Rp 9.017.000

LIHAT DI SINI

Huawei P9

  • Kirin 955
Rp 6.989.000

LIHAT DI SINI

Meizu M3 Note

  • Mediatek MT6755 Helio p10
Rp 2.499.000

LIHAT DI SINI


Baca juga: Hands On dan Review iPhone 7 Black Matte


Media Penyimpanan

Saat ini, kita bisa menemukan smartphone dengan berbagai kapasitas penyimpanan internal, mulai dari 8 GB hingga 256 GB! tentu saja, semakin besar media penyimpanan internal, maka harga akan semakin mahal.

Bagi pengguna yang hobi bikin foto dan video, mungkin media penyimpanan internal sebesar 16 GB sudah cukup. Kalian bisa menyimpan koleksi foto dan video di kartu memori eksternal.

Tapi bagi yang suka bermain game, media memori internal yang disarankan adalah 32 GB ke atas. Meski Android dan Windows 10 mobile bisa install game di kartu memori, tapi performa game akan lebih nyaman ketika terpasang di memori internal.

Rekomendasi

iPhone 7 Plus

  • 32/128/256 GB
Rp 9.017.000

LIHAT DI SINI

ZenFone 3 Deluxe

  • 64/128/256 GB
Rp 9.099.000

LIHAT DI SINI

Xiaomi Mi Mix

  • 128/256 GB
Rp 10.999.000

LIHAT DI SINI

Baterai

Tak bisa dipungkiri, semua orang menginginkan baterai yang berkapasitas besar. Tapi, apakah memang benar kita membutuhkannya? Daya tahan baterai besar jelas dibutuhkan untuk pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, sering berada di tempat yang jauh dari colokan. Buat kalian yang memiliki aktivitas seperti ini, tentu baterai dengan kekuatan 3000 mAh keatas adalah pilihannya.

Buat pengguna yang tidak terlalu banyak keluar ruangan, tentu tak perlu daya tahan baterai besar. Toh jika sesekali harus berada di luar ruangan, masih ada powerbank yang harganya lebih murah.

Rekomendasi

ZenFone 3 Max

  • 4100 mAh
Rp 2.299.000

LIHAT DI SINI

Moto E3 Power

  • 3500 mAh
Rp 1.799.000

LIHAT DI SINI

Lenovo Vibe P1 Turbo

  • 4900 mAh
Rp 2.962.000

LIHAT DI SINI


Baca juga: Review Moto E3 Power: Desain Bagus, Harga Terjangkau


Kamera

Saat ini, namyak bermunculan smartphone dengan fitur kamera yang makin canggih. Mulai dari kekuatan megapixel yang bertambah besar, hingga adanya lensa ganda. Jika kalian menginginkan kemampuan kamera maksimal, tentu kalian harus menebusnya dengan harga mahal.

Jangan lupakan juga kebutuhan selfie! jika kalian memang tidak bisa hidup tanpa melakukan selfie setiap hari, tentu memilih kamera selfie dengan kemampuan mumpuni adalah sebuah keharusan.

Tapi apakah kamera bagus di smartphone benar-benar kalian butuhkan? jika hanya untuk keperluan sosial media, tentu smartphone dengan kualitas kamera menengah sudah sangat mencukupi.

Rekomendasi

iPhone 7 Plus

  • Dual 12 MP, (28mm, f/1.8, OIS & 56mm, f/2.8), phase detection autofocus, 2x optical zoom, quad-LED (dual tone) flash
Rp 9.017.000

LIHAT DI SINI

Samsung Galaxy S7

  • 12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash
Rp 7.999.000

LIHAT DI SINI

Huawei P9

  • Dual 12 MP, f/2.2, 27 mm, Leica optics, phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Rp 6.989.000

LIHAT DI SINI

Harga

Last but not least, pilihlah sebuah smartphone sesuai anggaran yang kalian miliki. Meski kalian memiliki uang yang cukup, saat ini ada beberapa manufaktur yang menjual produk mereka dengan harga yang lebih mahal dibandingkan fitur dan material yang digunakan.

Rekomendasi

Moto E3 Power Rp 1.799.000

LIHAT DI SINI

Xiaomi Mi5 Rp 4.4999.000

LIHAT DI SINI

iPhone SE Rp 7.845.000

LIHAT DI SINI

Pada akhirnya, membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan adalah hal bijak, termasuk untuk memutuskan membeli sebuah smartphone. Jadi, bijaklah dalam memilih smartphone.

%d blogger menyukai ini: