Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

7 Tips dan Cara Jitu Dalam Memilih Webcam yang Bagus

Indri Penulis

Bingung caranya milih webcam yang bagus? Simak tips dan cara memilih webcam yang bagus berikut ini biar nggak menyesal nantinya.

Banyak orang yang sering bertanya, “Buat apa sih beli webcam? Kan laptop udah ada kameranya? Pakai kamera di laptop aja enak, gratis pula.

Hm.. buat yang punya laptop, coba tanya sama mereka, kira-kira gimana tampilan yang dihasilkan dari kamera bawaan laptop. Pasti mayoritas bakal bilang ‘burik’ deh, kecuali laptop sultan yang dibekali kamera bawaan berkualitas sih.

Makanya sekarang nggak sedikit orang memutuskan untuk membeli webcam buat laptop/komputer mereka. Banyak kok manfaat yang bisa didapatkan dari pakai webcam. Contohnya bisa tampil cantik/ganteng paripurna pas lagi meeting online, cocok buat live streaming pas lagi main game, dll.

Lagipula sekarang sudah ada banyak pilihan webcam yang bisa dibeli. Mulai dari webcam yang paling murah sampai mahal, sampai webcam untuk kebutuhan khusus (contoh webcam yang cocok buat gamer), semua ada.

Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membeli webcam, mending kamu baca beberapa tips berikut. Di bawah ini ada beberapa cara jitu dalam memilih webcam yang bagus. Ya, supaya kamu nanti nggak menyesal memilih sih.

cara memilih webcam bagus

Pixel

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih sebuah webcam adalah jumlah pixel mereka. Pasalnya webcam erat kaitannya dengan lensa yang mereka pakai buat mengambil gambar.

Biasanya webcam memiliki jumlah pixel yang lebih kecil ketimbang jenis kamera lainnya. Mungkin kamu nggak akan mendapatkan resolusi bagus dalam sebuah webcam. Pasalnya mayoritas webcam cuma menyajikan kamera 2MP. Tapi untuk ukuran webcam, itu sudah menghasilkan gambar yang cukup bagus.

Resolusi

Mayoritas webcam menawarkan resolusi yang berkisar pada 320 x 240 pixel. Tampilan video yang disuguhkan webcam agar cocok di notebook atau PC dengan layar tinggi adalah 640 x 480 pixel.

Tapi itu dulu, sekarang sudah berbeda. Kini sudah banyak produsen yang membuat webcam dengan dukungan resolusi HD, FHD bahkan 4K. Kalau mau cari aman, kamu bisa pilih webcam yang mendukung resolusi FHD (1080p).

Kecepatan Frame

Perlu kamu tahu, semakin cepat pengambilan frame dalam sebuah webcam, maka semakin bagus pula hasil rekaman yang bisa mereka berikan.

Kamu bisa membeli webkam yang memiliki kecepatan pengambilan frame di antara angka 10fps sampai 30fps. Jadi nanti saat kamu melakukan gerakan tiba-tiba, video mungkin terlihat sedikit blur tapi hasilnya tak akan mengecewakan.

Lensa

Saat kamu membeli webcam berharga terjangkau, biasanya yang kamu dapatkan adalah fixed-lens alias lensa yang fokusnya tidak bisa diubah. Nggak cuma itu, biasanya bahan lensa yang kamu beli juga akan terbuat dari plastik.

Perlu kamu tahu, webcam yang bagus punya lensa yang terbuat dari kaca. Selain itu, pengguna juga dibekali kemampuan untuk mengubah fokus lensa sesuai selera.

Sensor

Poin kelima ini juga nggak kalah penting. Pasalnya sensor memegang peranan penting dalam perekaman gambar. Biasanya beberapa webcam bakal mengandalkan sensor CMOS dan CCD, yang berguna untuk mengubah cahaya menjadi sebuah gambar digital.

Bisa Diputar

Sebenarnya poin kedua ini tergantung selera dan kebutuhan masing-masing. Tapi boleh juga jadi patokan. Pasalnya webcam yang bisa diputar sangat fleksibel, sehingga bisa kamu arahkan ke mana saja angle-nya.

Fitur Lainnya

Setiap merk webcam pasti dibekali berbagai fitur unggulan. Contohnya lensa wide agar bidang kiri dan kanan lebih luas, microphone supaya kamu nggak perlu pakai headset buat ngomong, noice canceling untuk meredam bising di sekitar, flash biar gambar terlihat lebih terang, dll. Intinya setiap fitur webcam bisa kamu sesuaikan dengan selera dan kebutuhan.