Diskon VPN terbaik: Klik di sini

3 Tips Jitu untuk Menyiasati Memori Ponsel yang Penuh

Jika kamu sering menggunakan ponsel untuk install aplikasi, game atau foto, pasti kapasitas penyimpanan atau storage-mu akan cepat penuh bukan?

Jika hal tersebut terjadi, tentunya kamu akan kesusahan saat harus menginstal aplikasi baru atau menambah data.

Bahkan jangankan untuk instal aplikasi baru, untuk update aplikasi saja sudah pasti gak bakal cukup. Lantas, jika hal itu terjadi apa yang harus kamu lakukan?

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah beberapa tips jitu untuk membuat ruang penyimpanan pada ponsel Androidmu lebih lega meskipun kapasitasnya minimalis.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja simak tips-tips dibawah ini!

Cara paling simpel, backup file pentingmu ke kartu memori!

Sumber Gambar : IDN Times

Cara paling mudah yang dapat kamu lakukan untuk melegakan ruang penyimpananmu adalah dengan mem-backup data-datamu kedalam kartu memori eksternal.

Pindahkan file-file yang berukuran besar dan penting ke dalam memori ekternal, agar ruang penyimpanan pada ponselmu bisa difokuskan untuk menyimpan update aplikasi saja.

Dan lebih menariknya lagi, sekarang sudah ada beberapa smartphone yang telah mendukung pemindahan aplikasi ke dalam kartu memori ekternal secara otomatis.

Jadi secara langsung, aplikasi-aplikasi yang telah kamu instal tidak akan tersimpan di storage internal, melainkan akan tersimpan pada storage eksternal.

Sehingga ponselmu akan bisa lebih lancar saat digunakan, hal tersebut karena tak ada lagi aplikasi maupun file-file lain yang tersimpan didalam ponselmu.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu tinggal buka menu Apps atau App Manager, lalu pilih aplikasi mana yang ingin kamu pindahkan ke memori eksternal.

Kemudian pilih tombol Move to SD Card, dan secara otomatis aplikasi yang kamu inginkan akan pindah lokasinya ke dalam memori eksternal.

Setelah itu hapus semua file di folder .thumbnails

Sumber Gambar : Markaz Bisnis

Cara selanjutnya setelah kamu selesai mem-backup file kedalam memori eksternal, maka langsung saja hapus semua file di folder .thumbnails yang berisi backup atau chace dari foto yang kamu ambil dengan kamera.

Caranya adalah, pilih internal storage di menu File Manager, kemudian masuk ke dalam folder DCIM atau Picture.

Kemudian selanjutnya masuk ke folder .thumbnails dan hapus semua file yang ada di dalamnya. Dengan melakukan cara ini, dijamin smartphone-mu akan lebih lancar lagi.

Jika cara di atas gak berhasil, bisa hapus file cache dari semua aplikasi

Sumber Gambar : tekhnologi news

Jika kedua cara diatas kurang berhasil, berikutnya kamu bisa melakukan cara yang satu ini. kamu bisa melegakan ruang penyimpanan ponselmu dengan cara megahapus fle cache atau file yang sifatnya sementara.

Meskipun bersifat kecil dan sementara, cache tersebut justru bisa memakan banyak kapasitas memori internal di ponselmu.

Kamu pun bisa menghapus satu per satu cache dari aplikasi yang ada di ponselmu, agar kapasitas storage menjadi lebih lega.

Jika kamu lelah menghapus cache satu per satu, kamu bisa juga menghapusnya sekaligus dengan menggunakan aplikasi khusus untuk membersihkan cache.

Kamu bisa menginstal aplikasi pembersih cache seperti, App Cache Cleaner atau CC Cleanser dan aplikasi pembersih cache lainnya.

Nah, itu dia beberapa cara jitu yang bisa kamu lakukan dan ikuti untuk melegakan ruang penyimpanan atau storage pada ponselmu.

Segera praktikan tips-tips jitu ini agar ponselmu dapat berjalan dengan lancar saat digunakan.

Selain itu, ponselmu juga tak akan kepenuhan lagi, ketika ingin meng-update aplikasi ataupun meng-install aplikasi baru.

More Stories
handphone nokia buatan HMD Global
HMD Global Berhasil Membuat Nokia Kembali Bangkit