Diskon VPN terbaik: Klik di sini

5 Tips Memotret Ala Fotografer Profesional Menggunakan Kamera Smartphone

Hobi fotografer bisa dibilang hobi yang cukup mahal, mengapa demikian? karena seorang fotografer harus mempunyai kamera yang harganya tidak murah untuk mendapatkan foto yang berkualitas baik.

Bagi kalian yang mempunyai hobi memotret namun terhalang oleh biaya yang minim, mulai sekarang tak perlu khawatir lagi.

Maraknya smartphone dengan spesifikasi kamera yang keren sudah banyak beredar dipasaran, hal itu adalah solusi yang sangat tepat bagi kalian yang mempunyai hobi memotret.

Fitur-fitur yang diterapkan pada kamera smartphone kini semakin canggih dan berkualitas, jadi tak heran jika banyak foto keren hanya dengan jebretan dari smartphone.

Namun jangan salah, meskipun banyak kamera smartphone yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, kalian juga harus mempunyai keterampilan agar gambar yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik layaknya foto dari kamera DSLR.

Agar hasil fotomu tetap keren meskipun menggunakan kamera smartphone, maka dibawah ini adalah tip-tips untuk menghasilkan foto berkualitas ala fotografer profesional.

Mengetahui Mode Otomatis pada Smartphone

Sumber Gambar: Okezone Techno

Hal pertama sebelum memutuskan untuk mengambil gambar yang berkualitas dari smartphone adalah mengetahui posisi mode otomatis yang ada pada smartphonemu.

Selain itu kamu juga harus pintar untuk mengatur ISO dengan tepat, agar hasil gambar yang diperoleh sesuai dengan ekspetasimu.

Jika kamu pintar untuk menggatur fitur yang ada pada kameramu, bisa jadi pengaturan default awal tidak kamu butuhkan lagi.

Atur saja fitur yang ada pada smartphone-mu sesuai seleramu sendiri,karena hasil foto yang baik tergantung dari seleramu sendiri.

Menggunakan kedua tangan saat memotret

Sumber Gambar: techno.okezone.com

Mungkin sering kali tips yang kedua ini dianggap kurang begitu penting, karena biasanya orang dengan santainya memotret objek dengan satu tanngan tanpa memperdulikan kualitas gambarnya.

Memotret objek menggunakan kedua tangan akan membuat gambarmu tetap stabil, jadi kemungkinan blur pada gambar sangatlah sedikit.

Jika kamu ingin menciptakan gambar yang lebih sempurna, kamu bisa memasang smartphone-mu pada tripod, cara ini sangatlah efektif untuk membuat gambar layaknya fotografer pemula.

Hindari untuk Zoom Digital

Sumber Gambar: Phinemo

Tips yang ketiga ini tidak perlu kamu terapkan jika smartphone yang kamu gunakan adalah iPhone X dan Samsung Galaxy Note 9.

Karena kedua smartphone canggih tersebut memiliki kamera dengan zoom optik 2x. Jadi tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk tidak menggunakan fitur ini.

Zoom optik yang dimiliki kedua smartphone tersebut tidak akan mengurangi kualitas gambar yang dihasilkan, jadi sah-sah saja jika ingin menggunakan fitur ini.

Namun jika kamu mengambil gambar dengan smartphone yang masih menggunakan zoom digital pada kamera, sebaiknya kamu terapkan tips ini ya.

Karena jika kamu menggunakan zoom digital kualitas gambarmu akan menurun, sehingga hasil gambar yang dihasilkan akan terlihat pecah.

Mengambil Beberapa Foto

Sumber Gambar: Bagaimana | Cara Artikomp

Jika kamu kurang puas dengan hasil jepretanmu, alangkah baiknya kamu menerapkan tips ini , yaitu dengan mengambil  beberapa gambar dalam sekali waktu.

Cara ini sangat pas, jika objek yang kamu bidik bergerak cepat. Dengan mengambil foto berulang kali kamu jadi bisa memilah milah gambar yang menurutmu terbaik.

Mengedit gambar

Sumber Gambar: techno.okezone.com

Tips terakhir yang harus kamu lakukan setelah mendapat gambar yang berkualitas adalah mengedit gambar tersebut.

Karena proses pengeditan ini dapat mencerahkan hasil gambarmu dan meningkatkan estetika dari foto tersebut.

Jika kamu kurang puas dengan fitur editan dari kameramu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit lain yang lebih keren.

Dengan menerapkan 5 tips mudah seperti di atas, dijamin kamu akan mendapatkan gambar layaknya fotografer profesional hanya dengan kamera smartphone. Dan selamat mencoba.

More Stories
Cara Mematikan Tombol Vibrate Windows Phone