5 Tips Mengatasi Laptop Overheat, Dijamin Tetap Dingin!

Pengguna laptop tentu kerap mengalami berbagai masalah. Salah satu hal yang sering dialami oleh pengguna laptop adalah, laptop tersebut sering overheat atau cepat panas.

Hal tersebut memang umum terjadi, dan tidak jarang dapat membuat pengguna laptop menjadi tidak nyaman, karena merasakan panas ketika ingin menggunakan laptop.

Sementara itu, hal yang menyebabkan laptop menjadi panas beragam. Salah satunya karena laptop tersebut jarang dibersihkan oleh pemiliknya.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan berbagai tips pada kalian. Yaitu mengenai cara mengatasi laptop yang kerap overheat. Namun perlu diingat, tips dari kami ini hanya sebatas untuk meminimalkan overheat saja.

Bukan berarti dengan menggunakan cara tersebut, overheat pada laptop 100% tiba-tiba bisa hilang. Berikut 5 tips mengatasi laptop overheat:

Menjaga Sirkulasi Udara pada Laptop

Ini adalah hal yang kerap disepelekan oleh pengguna laptop. Sering kali karena asyik atau ingin mencari tempat yang nyaman, pengguna justru melupakan sirkulasi laptop.

Mungkin beberapa dari kalian pernah menggunakan laptop di atas bantal atau kasur. Hal tersebut tidak dianjurkan untuk dilakukan. Karena terbukti dapat menghambat sirkulasi laptop.

Penggunaan laptop sangat disarankan pada permukaan yang padat, misal seperti meja atau lantai. Jangan pernah letakkan laptop pada permukaan yang lembut. Karena hal tersebut akan menghambat sirkulasi laptop, sehingga menjadi cepat panas.

Pastikan Kondisi Listrik Tetap Dalam Kondisi Baik

Seperti yang telah diketahui, kondisi listrik di Indonesia sampai saat ini masih kurang bagus bila digunakan untuk perangkat elektronik. Hal tersebut karena daya voltase yang tersedia, hanya sekitar 190 volt dan 200 volt.

Bahkan tidak jarang, ada pula voltase listrik yang hanya 170 volt. Kalian dapat membayangkan bila adapter laptop dihubungkan ke voltase rendah, hal tersebut lambat laun dapat merusak laptop.

Untuk tetap menjaga laptop, maka arus listrik yang masuk ke dalamnya juga harus optimal dan stabil. Bila tidak begitu, maka cepat atau lambat laptop akan cepat panas dan rusak.

Hal yang paling parah adalah, laptop nanti bisa mati total. Namun sebagai alternatif, kalian dapat menggunakan stabilizer. Stabilizer digunakan untuk mencukupi daya voltase yang dibutuhkan laptop agar tetap awet.

Selalu Menjaga Kebersihan Laptop

Sumber Gambar : Business Insider

Ini adalah hal penting yang perlu kalian lakukan untuk mengatasi laptop sering overheat. Yaitu dengan menjaga kebersihan laptop.

Tentunya cara tersebut paling mudah untuk dilakukan. Rajinlah membersihkan area luar laptop, serta jalur pembuangan laptop. Usahakan tidak ada lagi debu yang menempel dalam bagian tersebut.

Debu yang menyumbat saluran pembuangan laptop, akan menghambat sirkulasi laptop. Akibatnya laptop akan cepat panas.

Lakukanlah Backup Data Secara Rutin

Sumber Gambar : Blog Alfacart

Sebenarnya cara ini dapat kalian lakukan apabila panas laptop masih belum berkurang. Yaitu dengan melakukan backup data secara rutin.

Hal ini patut kalian lakukan karena, laptop yang terlalu panas dikhawatirkan dapat membuatnya mati total. Akibatnya data tidak dapat lagi diakses, atau kemungkinan terburuknya data akan hilang. Oleh karena itu, kalian dapat mengantisipasi itu semua dengan melakukan backup data secara rutin.

Jangan Lupa Melakukan Pemeriksaan Berkala pada Laptop

Laptop hampir sama dengan manusia. Dimana benda tersebut perlu perawatan secara berkala. Hal yang dapat kalian lakukan adalah membersihkan bagian dalam laptop.

Selain itu, hal lain yang dapat dilakukan adalah mengganti pasta thermal yang pada pada processor. Membersihkan data agar terbebas dari virus secara rutin, juga dapat membuat laptop bisa bekerja lebih optimal.

Itulah 5 tips mengatasi laptop yang overheat. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan selamat mencoba.

More Stories
Aplikasi Fotor Windows Phone