PENTING! Begini Tips Mengatur Mouse Agar Nyaman Dipakai Berjam-jam

Terbiasa pakai mouse berjam-jam? Kalau iya, kalian harus baca tips mengatur mouse supaya nyaman dipakai berjam-jam di artikel ini.

Mouse adalah aksesoris utama untuk menggunakan PC. Sayangnya, kebanyakan orang tidak cukup memperhatikan cara penggunaan mouse yang benar.

Hasilnya, pengguna mouse tidak jarang mengalami sakit pada pergelangan tangan. Kalau tangan kalian sakit setelah seharian bekerja atau bermain menggunakan mouse, simaklah tips mengatur mouse agar nyaman berikut ini.

Tips Agar Mouse Nyaman Dipakai

Sumber Gambar : Logo X Blog

Pilih Mouse yang Sesuai dengan Tangan

Kalau kalian membeli mouse secara online, mungkin sulit untuk menilai ukuran mouse yang sebenarnya. Inilah yang membuat mouse yang datang kadang tidak sesuai dengan tangan. Contohnya mouse terlebih besar atau kecil di tangan.

Jika kalian merasa mouse yang dipakai saat ini membuat tangan sakit, coba tingkatkan ke model yang lebih besar atau kecil.

Atau jika tidak, kalian bisa memilih mouse yang didesain secara ergonomis. Mouse ergonomis dibuat agar sesuai dengan semua ukuran tangan pengguna.

Ubah Cara Memegang Mouse

Cara Pegang Mouse yang Benar
Sumber Gambar : Make Use Of

Anggap saja sekarang kalian sudah punya mouse dengan ukuran yang pas di tangan. Nah selanjutnya, kalian harus memegang mouse dengan benar.

Pertama, pastikan pergelangan tangan tidak menyentuh meja saat kalian menggerakkan mouse. Kalau pergelangan tangan di atas meja, jari tangan terpaksa melengkung untuk mengklik tombol. Rasanya tentu tidak akan nyaman.

Selain itu perhatikan pula cara memegang mouse. Untuk menemukan titik ternyaman, kalian bisa memegang mouse dengan santai. Alias tidak terlalu kencang atau kendur.

Sesuaikan Tingkat DPI pada Mouse

Beberapa mouse canggih telah dibekali pengaturan β€˜dot per inch’ atau DPI yang bisa diubah. DPI akan memberi tahu mouse tentang seberapa sensitif gerakan kursor.

Misal jika kalian menyetel mouse ke 800 DPI, kalian perlu menggerakkan mouse satu inci untuk memindahkan kursor 800 piksel di layar. Jika kalian mengatur mouse ke 1600 DPI, gerakan satu inci itu bisa membawa kursor berpindah dua kali jarak di layar daripada 800 DPI.

Atur Kecepatan Gerak Mouse Scroll

Mouse scroll (roda gulir) biasanya banyak dipakai untuk membaca artikel panjang. Kalau kalian sering memakai mouse scroll, maka pastikan untuk meningkatkan sensitivitas roda gulir. Dengan begitu, kalian bisa scroll halaman lebih jauh dari pergerakan jari.

Gunakan Mouse dengan Tangan Hangat

Baru mendengarnya ya? Jadi ini adalah metode agar tangan kalian tidak kram saat memakai mouse. Sesekali cobalah memakai mouse saat tangan kalian hangat.

Ketika tangan dalam keadaan dingin, otot-otot cenderung lebih tegang. Hasilnya, telapak tangan kalian akan sakit saat dipakai memegang mouse.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: