Tips Mengembalikan Menu Penggunaan Baterai pada Android P

a1-41f3e26a633f08438347307ffadc9aa7_600x400------IDN-Times

Ada satu perubahan aneh yang banyak ditemukan dalam Pratinjau Pengembang dari Android P. Salah satunya adalah dimana menu “Battery” tidak lagi bisa memungkinkan kamu untuk bisa melihat daftar berbagai aplikasi yang menyedot habis baterai, atau untuk memberikan akses secara detail dalam masalah penggunaan baterai.

Tapi, dengan langkah yang simpel ini, kamu bisa mengembalikan lagi menu Battery kembali sama layaknya yang ada dalam Android Oreo sebelumnya. Kamu hanya tinggal mengutak-atik pengaturan tersembunyi yang ada di dalam Android P.

Sumber : Elandroideribe

Pada berbagai ponsel yang sudah menjalankan versi terbaru dari Android Oreo, kamu hanya tinggal membuka menu “Battery”, dan kemudian kamu bisa langsung mengetahui apa saja aplikasi yang menguras baterai di bawah penggunaan aplikasi sejak bagian tersebut terisi penuh. Lalu, saat kamu mengetuk ikon baterai (“Usage Details”) di bagian atas untuk bisa melihat berbagai detail penggunaan lanjutan yang ada.

Hal ini memang salah satu metode yang paling populer dilakukan oleh banyak pengguna ponsel Android. Karena bagaimanapun juga, memeriksa berbagai aplikasi yang menyedot banyak daya baterai memang sangat penting. Hal tersebut supaya pengguna bisa mengira-ngira sendiri dalam menjalankan aplikasi yang berpotensi menyedot daya baterai cukup besar.

Selain itu, saat kamu mengetahui apa saja aplikasi yang ternyata menyedot banyak daya baterai mereka, hal tersebut akan lebih efisien. Sebab kamu bisa saja membatasi atau mengakhiri penggunaan aplikasi boros baterai.

Sayangnya tidak satu pun dari opsi yang sudah kami jelaskan di atas hadir dalam Android P. Mungkin jadi hal yang cukup sederhana jika memang kalian ingin mengembalikannya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa mengembalikan pengaturan “Battery” pada Android P untuk bisa mirip yang ada di Android Oreo. Tapi, kami akan berikan satu tips yang kami rasa juga paling sederhana dan bisa langsung kamu praktikkan pada ponsel Android P.

Sumber : Android Police

Sebagai berita pembaharuan. Versi berikutnya dari Android P Beta memang sudah mengubah beberapa hal yang ada dalam menu “Battery”. Oleh sebab itu, ada beberapa trik di bawah ini yang tidak akan bisa berfungsi dengan baik untuk membuat pengaturan baterai kembali layaknya yang ada pada Android Oreo. Tapi, tidak ada salahnya juga jika kamu ingin mencobanya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambahkan menu “Battery” untu kedua kalinya.

Jika kamu belum yakin apakah kamu akan menyukai versi dari Android P dari segi pengaturan “Battery” dibandingkan dengan versi Android Orea yang lama, maka kami sarankan untuk tidak perlu tergesa-gesa dalam memutuskan upgrade ke Android P.

Sebenarnya kamu bisa saja mempunyai keduanya. Cukup lakukan langkah yang sudah kami berikan di atas. Kemudian kamu pilih menu “Developer Options”. Ketuk, “See Android 8.0 battery settings”. Nah, setelah itu kamu sudah bisa melihat kembali pengaturan baterai dengan gaya versi Oreo dalam Android P. Tapi jangan lupa untuk menyimpan versi Android P yang ada dalam menu “Battery”, dan jadikan sebagai pengaturan default.

Mungkin hal ini memang akan terlihat sangat membingungkan terlebih untuk orang awam yang tidak terlalu paham mengenai pengaturan Android. Semoga kedepannya untuk Android generasi selanjutnya bisa lebih baik lagi dan bisa memberikan versi yang benar-benar user friendly. Sehingga orang yang menggunakannya juga tidak kebingungan dan semakin nyaman saja menggunakannya.

Ada komentar?