5 Tips Menggunakan Twitter Ketika Dalam Keadaan Darurat

twitter verified accounts

Di era digital seperti sekarang ini, siapa sih yang tak mengenal media sosial? Pastinya hampir semua orang mengenal media sosial dan menggunakannya secara aktif setiap harinya.

Berbagai jejaring sosial semakin banyak bermunculan di era digital sekarang, namun setiap media sosial memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Bahkan setiap media sosial mempunyai pecintanya sendiri-sendiri. Contohnya media sosial Twitter ini.

Twitter menjadi salah satu platform media sosial yang cukup akurat untuk dipercaya saat adanya musibah yang sedang terjadi.

Seperti bencana yang baru-baru ini terjadi di Indonesia.

Pasalnya Twitter terus meyajikan sarana untuk mengatasi berbagai macam solusi yang dialami secara real time.

Media sosial Twitter ini juga selalu memberikan informasi kepada petugas, terkait area mana yang lebih layak mendapatkan bantuan terlebih dahulu.

Selain itu, banyak negara di Asia yang menilai Twitter ini sebagai platform yang sangat pas digunakan untuk berkomunikasi, mengakses beberapa informasi penting, dan tentunnya untuk upaya bantuan darurat.

Twitter memang menjadi platform yang paling cocok ketika digunakan dalam keadaan darurat. Nah kali ini ada beberapa tips untuk memanfaatkan Twitter saat keadaan darurat berlangsung.

Mencari Sumber Terercaya Secara Real Time

Sumber Gambar: Scroll

Jika kalian ingin memastikan adanya bencana secara jelas, sebaiknya cari sumber terrcaya secara real time.

Cari sumber yang menyajkan seputar berita bencana melalui media yang sudah diverifikasi dengan jelas, jadi kebenarannya tidak akan meragukan lagi.

Kalian juga harus mencari sumber yang slalu up-to-date agar tidak ketinggalan berita.

Menggunakan Hastag yang Sesuai

Sumber Gambar: Libertine

Salah satu cara mudah namun penting adalah dengan menggunakan hastag atau tanda pagar disetiap pencarian.

Hal ini terbukti dengan adanya beberapa media, lembaga pemerintah, bahkan beberapa organisasi relawan yang telah memanfaatkan hastag di Twitter.

Satu hal yang perlu kalian ingat adalah, jangan sampai mencari atau menggunakan hastag atau tagar untuk topik yang tidak ada hubungannya dengan situasi bencana.

Menggunakan Twitter Lite

Sumber Gambar: Droid Life

Kalian juga bisa menggunakan Twitter Lite saat keadaan darurat atau terjadinya musibah, cara ini sangat membantu dalam pencarian.

Twitter Lite ini dapat kalian akses secara offline, sehingga dapat menghemat penggunaan data. Jadi jika sewaktu-waktu smartphone kalian tidak ada sinyal, maka Twitter Lite ini masih dapat digunakan.

Kalian dapat mengunduh platform Twitter Lite ini melalui Google Play Store yang ada di smartphone kalian masing-masing.

Menandai Media yang Bersangkutan

Sumber Gambar: TeleTrader.com

Untuk mempercepat mendapatkan informasi karena keadaan sedang darurat, kalian juga bisa menandai beberapa media atau lembaga pemerintah yang bersangkutan agar mendapat respon yang lebih cepat.

Jadi dalam keadaan darurat, kalian membutuhkan proses yang cepat agar informasi yang kalian perlukan cepat ditemukan atau cepat tersalurkan.

Selalu Update Isu di Twitter Moments

Sumber Gambar: TeleTrader.com

Yang terakhir kalian bisa menggunakan Twitter Moments untuk terus mengetahui isu terbaru, Twitter Moments ini dapat kalian gunakan untuk mengetahui perkembangan isu tertentu yang populer dan terbaru.

Di dalam Twitter Moments ini setiap tweet yang terkumpul sudah terakurasi kebenarannya. Sehinga memperbarui Twitter Moments ini sangat diperlukan untuk megetahui informasi penting tentang bencana alam atau keadaaan darurat yang tengah terjadi.

Itu dia 5 tips memanfaatkan Twitter dalam keadaan darurat, dengan adanya Twitter ini kalian jadi bisa terus memantau keadaan darurat yang sedang terjadi.