Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Tips Menghilangkan Embun Kamera Smartphone

Indri Penulis

Untuk menghasilkan hasil foto yang jernih, kebersihan kamera tentunya harus diperhatikan. Namun bila ada embun di kamera smartphone, tentunya dapat membuat hasil foto menjadi tidak maksimal.

Tidak jarang, hasil foto menjadi kusam karena kamera berembun. Biasanya kamera berembun disebabkan oleh smartphone yang terkena air. Mungkin kehujanan, atau diletakkan dalam saku ketika hujan mengguyur.

Banyak pengguna smartphone mengeluhkan, embun yang sulit hilang dalam kamera. Apabila kalian mempunyai masalah semacam itu, maka jangan khawatir. Kami akan berbagi tips menghilangkan embun pada kamera smartphone.

Berikut 5 tips menghilangkan embun dalam kamera smartphone:

Beras

Sumber Gambar : Kata Sulsel

Beras selama ini dikenal mempunyai hawa panas. Oleh sebab itu, beras dapat digunakan untuk menghilangkan embun dalam kamera smartphone. Beras akan menyerap embun dalam kamera.

Pertama, masukkan smartphone dan beras dalam tempat yang sama. Setelah itu, tutup rapat wadah yang berisi smartphone dan beras.

Biarkan smartphone bersama beras selama seharian, atau beberapa jam. Walaupun mudah dan membantu, namun cara ini akan membuat smartphone menjadi kotor.

Sinar Matahari

Sumber Gambar : Libero

Cara kedua ini sangat mudah dilakukan. Namun rupanya cara tersebut cukup beresiko. Sebab bila kalian tidak melakukan dengan benar, maka smartphone dapat bertambah buram.

Lebih buruk dari hal tersebut, smartphone akan rusak. Namun jangan khawatir, kami mempunyai tips supaya smartphone tidak rusak saat menggunakan cara ini.

Pertama, tempatkan smartphone pada wadah yang dapat menahan panas matahari. Hal tersebut karena jika smartphone terkena panas matahari langsung, akan menyebabkan kerusakan.

Jemur smartphone di dalam wadah, atau kantung sampai embun dalam kamera menguap. Cara ini sangat efektif untuk kamera yang mempunyai sedikit embun.

Namun bila terlalu banyak embun yang mengendap di dalam kamera, maka akan sulit menghilangkannya dengan cara tersebut.

Selain itu, kalian tidak boleh terlalu lama menjemur smartphone. Walaupun sudah dimasukkan ke dalam wadah, namun bila terlalu lama akan menyebabkan smartphone kotor karena debu.

Silica Gel

Sumber Gambar : Merca Dolibre

Cara ketiga untuk menghilangkan embun pada kamera adalah menggunakan Silica Gel. Silica Gel dapat kalian temukan pada saat membeli sepatu baru.

Benda tersebut memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk menjaga sepatu agar tidak lembab. Dengan fungsi semacam itu, kalian dapat memanfaatkan Silica Gel untuk menghilangkan embun dalam kamera smartphone.

Pertama, lepas baterai smartphone (berlaku bila smartphone kalian battery removable). Atau kalian bisa meletakkan smartphone dalam sebuah wadah. Kemudian taburkan Silica Gel di sekitar smartphone, terutama di dekat kamera.

Terakhir, tutup rapat wadah tersebut. Biarkan smartphone bersama Silica Gel selama satu malam, atau sampai embun dapat kamera smartphone hilang. Cara ini relatif mudah dan tidak menimbulkan resiko apapun.

Lampu

Sumber Gambar : Hello Sehat

Mungkin bila kebetulan cuaca di luar sedang mendung, maka kalian dapat memanfaatkan panas lampu, untuk menguapkan embun dalam kamera.

Kalian hanya perlu mematikan smartphone. Kemudian letakkan smartphone pada alas yang datar. Arahkan lensa kamera smartphone ke atas, atau atur posisi smartphone agar tengkurap.

Kemudian sorot lampu ke arah kamera smartphone. Tunggulah sampai embun dalam kamera smartphone hilang seutuhnya.

Kipas Laptop

Cara terakhir ini sangat mudah dilakukan. Sebab kalian hanya perlu menggunakan laptop yang tengah menyala. Lebih tepatnya, kalian manfaatkan kipas dalam laptop.

Pertama, letakkan smartphone di samping laptop yang tengah menyala. Pastikan smartphone berada di dekat kipas laptop. Kemudian diamkan beberapa saat, sampai embun benar-benar hilang.

Namun cara ini tidak begitu efektif. Sebab kipas laptop berpotensi menghembuskan banyak debu atau kotoran dari mesin. Apabila terlalu lama menaruh smartphone di samping kipas laptop, akan menyebabkan smartphone menjadi kotor.