3 Tips Menghubungkan Layar Smartphone Android ke PC Tanpa Root

cara-menampilkan-layar-android-ke-pc

Hingga saat ini, belum banyak pengguna smartphone yang mengetahui, bahwa tampilan smartphone bisa ditampilkan ke layar yang lebih besar seperti TV LED.

Cara tersebut biasanya digunakan sebagai Mirroring. Sementara itu, fitur yang mendukung hal tersebut dinamakan Miracast.

Miracast hanya bisa bekerja dengan perangkat display. Fitur tersebut tidak akan dapat bekerja dengan PC maupun laptop.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami akan berbagai tips untuk menghubungkan layar smartphone Android kePC. Namun untuk menghubungkan layar smartphone ke PC, umumnya membutuhkan aplikasi tambahan.

Berikut 3 tips menghubungkan layar smartphone Android ke PC tanpa root:

Menggunakan Vysor

Sumber Gambar : YouTube

Vysor menjadi aplikasi pertama yang kami rekomendasikan kepada kalian. Aplikasi ini sangat bagus untuk menghubungkan layar smartphone ke PC. Selain itu aplikasi ini juga mudah digunakan.

Untuk menggunakan Vysor, pertama kalian harus melakukan USB Debuging pada smartphone. Untuk mengaktifkan USB Debuging, masuklah ke developer mode.

Dalam setiap tipe smartphone, mempunyai beragam cara dalam mengaktifkan mode tersebut. Namun pada umumnya, mode ini dapat diaktifkan pada bagian ‘Setting > Build Number.’

Setelah itu kalian akan menerima pemberitahuan smartphone telah masuk mode developer. Kini saatnya mengaktifkan USB Debuging.

Unduh aplikasi Vysor dalam smartphone kalian. Kemudian buka browser Chrome pada PC. Pasang extention Vysor di Chrome. Kemudian jalankan aplikasi tersebut.

Buka aplikasi Vysor pada Android dan PC. Setelah itu kalian akan diminta menghubungkan smartphone dengan PC menggunakan kabel USB.

Setelah kalian hubungkan, Vysor dalam PC akan mendeteksi tampilan layar Android. Bila sudah terhubung, kini kalian dapat melakukan navigasi Android melalui PC.

Download

Menggunakan BBQScreen

Sumber Gambar : YouTube

Selain menggunakan Vysor, kalian bisa juga menampilkan tampilan layar smartphone ke PC menggunakan BBQScreen.

Ada dua aplikasi yang bisa kalian pasang. Aplikasi pertama dipasang dalam PC, dan yang kedua adalah aplikasi yang dipasang dalam smartphone.

Khusus aplikasi yang dipasang dalam smartphone, kalian diharuskan membayar terlebih dahulu. Yup, ini bukan sebuah aplikasi gratis, melainkan aplikasi premium. Karena itulah, ketika menggunakan aplikasi ini kalian akan terbebas dari iklan.

Terlebih dahulu install aplikasi BBQScreen dalam smartphone. Setelah itu, kunjungi situs BBQScreen melalui browser PC.

BACA JUGA
Kesalahan yang Dilakukan Saat Menghilangkan Goresan di Layar HP

Download aplikasi sesuai dengan sistem operasi PC. Apabila PC menggunakan tipe 32 bit, maka pilihlah aplikasi dengan tipe serupa.

Bila sudah, pasang aplikasi pada PC dan masukkkan IP Config. Untuk mengetahui IP Config, bukalah ‘Command Prompt,’ kemudian ketik ‘IP Config –a’ (tanpa tanda petik).

Selanjutnya buka aplikasi BBQScreen di smartphone, dan klik tombol ‘On.’ Lihat IP Address yang ada dalam aplikasi.

Apabila IP Address belum muncul, periksa koneksi internet kalian. Lihatlah IP Address yang muncul dalam aplikasi BBQScreen di smartphone.

Setelah itu, tulis IP Address tersebut ke dalam BBQScreen dalam PC. Proses sudah selesai, dan kini tampilan smartphone kalian sudah muncul dalam PC.

Download

Menggunakan DroidScreen

Cara ketiga untuk menampilkan tampilan smartphone ke PC adalah menggunakan DroidScreen. Namun aplikasi ini mungkin kurang cocok bagi kalian, yang tidak suka hal merepotkan.

Mengapa begitu? Sebab  untuk menggunakan DroidScreen, kalian diharuskan memasang banyak aplikasi dan melakukan USB Debuging.

Salah satu kegiatan paling merepotkan adalah mengunduh Android SDK. Tentunya tidak semua pemilik smartphone Android familiar dengan hal tersebut.

Namun jika kalian tidak merasa itu sebagai masalah berarti, maka kalian dapat mencoba layanan ini. Ikuti semua petunjuk yang ada dalam situsnya.

Download

Ada komentar?