Tips Menonton Youtube di Desktop Dengan Cerdas

tips menonton youtube

Menonton video Youtube sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Entah kamu mencari info terbaru, tips dan trik, review, atau bahkan hanya sekedar hiburan. Kali ini kami mau berbagi tips menonton Youtube di desktop agar kita bisa menggunakannya lebih maksimal.

Perlu disebut bahwa tips yang kami ulas kali ini merupakan tips menonton Youtube melalui browser PC. Semua tips yang ada juga cukup umum dan mendasar. Dalam arti, semua bisa ditemui di website Youtube. Walau begitu, mungkin ada beberapa hal yang terlewat oleh kalian, atau mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.


Baca juga: Cara Upload Video 360 di YouTube


Mengatur kualitas video Youtube

Untuk apa mengatur kualitas video di Youtube? Ada beberapa alasan. Pertama, untuk menghemat kuota internet. Kedua, memperingan proses transfer data video.

Dengan kualitas yang lebih rendah, ukuran file video yang ditransfer juga akan lebih kecil. Dengan demikian, kuota internet yang kita gunakan juga jadi lebih kecil, dan proses loading video lebih cepat. Kita bisa lebih menikmati tayangan Youtube di desktop tanpa halangan buffering.

Namun bisa juga yang sebaliknya, kalau kalian ingin memaksimalkan kenikmatan menonton dengan kualitas HD atau lebih (tergantung kesediaan kualitas video)

Caranya:

  • Klik ikon gerigi (  ) atau ‘Setelan’ di kontrol player Youtube.
  • Pilih ‘Kualitas’. Pilih yang sesuai keinginan kalian.
    • Berdasar pengalaman saya, untuk tampilan layar biasa, kualitas 360p dan 480p sudah memadai.

mengatur kualitas video youtube


Mengatur mode tampilan video Youtube

Secara standar, tampilan layar Youtube tampil tidak terlalu besar. Tapi kalau kamu ingin mendapatkan kenyamanan menonton Youtube, kamu bisa mengatur mode tampilannya, baik dengan mode bioskop (theater mode) atau layar penuh (full screen).

Caranya: Klik ikon kotak di sebelah kanan ikon gerigi untuk mode bioskop, dan ikon kotak dengan garis terputus (menunjukkan empat sudut) untuk mode layar penuh.

Tips menonton Youtube yang ini mungkin memang paling umum diketahui. Tapi yah… siapa tahu, masih ada yang belum paham dengan dua ikon kotak di sebelah kanan ikon gerigi (setting/setelan).

pilihan tampilan mode teater dan full screen youtube


Mengaktifkan Mode Gelap YouTube Desktop

Sekarang kamu juga sudah bisa mengganti mode tampilan, baik mode terang atau gelap. Yah, mode gelap lebih banyak disuka karena enak dilihat.

Caranya:

  • Klik ikon Setelan ,
  • Tekan pilihan ‘Tema Gelap
  • Tekan ikon Tuas untuk mengaktifkan.

mode gelap youtube desktop


Mengatur bahasa dan lokasi konten Youtube

Kita bisa mengatur tampilan bahasa, konten video, dan batasan keamanan konten di Youtube. Tentunya agar apa yang kita tonton sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya tidak terbiasa dengan istilah teknis dalam bahasa Indonesia (setelan vs setting), ketersediaan video, atau tidak ingin menampilkan video yang vulgar (karena mungkin ditonton bersama keluarga).

Caranya:

  • Klik ikon Setelan ,
  • Tekan pilihan ‘Bahasa‘ dan pilih bahasa yang kamu inginkan. Bahasa Indonesia misalnya.
  • Tekan pilihan ‘Lokasi‘ untuk mengubah muatan video dan channel (tidak mengganti bahasa).
  • Di bagian paling bawah, terdapat pilihan ‘Mode Terbatas‘ untuk menyembunyikan konten dewasa.

Memunculkan teks terjemahan (subtitle)

Ya, kita bisa memunculkan teks terjemahan video Youtube. Namun, fitur ini tidak tersedia untuk semua video, dan terjemahan juga dilakukan secara otomatis. Jadi ada kemungkinan kamu tidak menemukan pilihan pengaturan ini, dan kalau tersedia, bisa jadi terjemahan bahasa Indonesia terlihat tidak sesuai konteks.

Caranya:

  • Kalau tersedia, klik tombol subtitle atau closed caption atau terjemahan ( atau ikon seperti keyboard) di sebelah kiri ikon gerigi (setelan/setting).
  • Untuk mengganti bahasa:
    • Klik tombol Setelan ( ),
    • Pilih subtitle/CC,
    • Pilih bahasa yang tersedia atau pilih terjemahkan otomatis (auto-translate) dan tentukan bahasa.

menampilkan subtitle youtube


Baca juga: 4 Tips Jitu Menjadi Video Creator dalam Satu Hari


Mengatur kecepatan video Youtube

Tips menonton Youtube yang ini cocok kalau kamu sedang menyaksikan video tips & trik atau tutorial. Terutama kalau sang kreator konten tidak menggunakan efek slow motion. Dengan cara ini, video diputar lebih lambat, sehingga kamu bisa melihat detil kronologi lebih baik.

Caranya:

  • Klik ikon Setelan ( ),
  • Pilih ‘Kecepatan Pemutaran‘ (speed).
    • Di sana akan ada pilihan 0,25, 0,5, normal, 1,25, dan 2. Pilihan 0,25 dan 0,5 adalah memperlambat video, dan pilihan 1,25 dan 2 adalah mempercepat video.

mengatur kecepatan video youtube


Menggeser video per frame

Masih berhubungan dengan kecepatan video, tips yang ini akan berguna kalau kamu ingin melihat lebih detil lagi urutan kejadian di dalam video. Juga berguna kalau kamu ingin membuat screen capture video bersangkutan (mencari adegan yang pas).

Caranya: Pause video. Lalu gunakan tombol keyboard koma ( , ) untuk memundurkan satu frame, dan tombol titik ( . ) untuk memajukan satu frame. Tekan tombol yang bersangkutan berulang kali untuk memundurkan/memajukan terus menerus (tetap frame demi frame).

melihat video per frame


Simpan di Playlist

Menggunakan shortcut keyboard Youtube

Ya, kita bisa menggunakan tombol keyboard untuk mengontrol player video Youtube, atau istilahnya shortcut. Harap diperhatikan bahwa shortcut hanya bisa digunakan kalau player video sedang menjadi fokus atau sedang aktif. Untuk mengetahuinya, coba tekan tombol spasi (spacebar) untuk pause video yang sedang diputar.

Daftar shortcut keyboard Youtube:

Play / Pause K atau Spacebar
Mundur 5 detik Panah kiri ( ← )
Mundur 10 detik j
Maju 5 detik Panah kanan ( → )
Maju 10 detik l
Menuju bagian tertentu video (10%-90%) Nomer 1-9 (tombol angka di atas huruf)
Restart video 0 (tombol angka di atas huruf)
Full screen  f
Keluar dari full screen  Escape
Ke awal video Home
Ke akhir video End
Meningkatkan volume Panah atas ( ↑ )
Mengurangi volume Panah bawah ( ↓ )
Mute / Unmute m
Mengaktifkan Caption c
Mengganti warna background Caption b

Baca juga: 8 Ekstensi Chrome untuk YouTube yang Keren


Pencarian sesuai kata kunci

Mencari sebuah video di Youtube bisa jadi gampang-gampang susah. Seringkali, banyak hasil pencarian yang terasa kurang tepat. Terutama kalau kamu mencari video dengan judul tertentu. Untuk bisa mencari sesuai kata kunci yang kamu inginkan, kamu harus menggunakan perintah tertentu di bilah pencarian Youtube.

Caranya: Tambahkan tulisan allintitle: sebelum kata kunci pencarian. Dengan demikian, Youtube hanya akan menampilkan hasil pencarian yang mengikutsertakan kata kunci yang kamu ketik.

Contoh pencarian biasa:

contoh pencarian biasa

Contoh pencarian dengan ‘allintitle:

contoh pencarian dengan allintitle

Jumlah hasil pencarian akan jauh berbeda. Ini akan memudahkan kita menemukan video yang kita cari.


Itulah beberapa cara menonton video Youtube di desktop yang bisa kami bagikan. Semoga bisa membantu dan menambah wawasan.

%d blogger menyukai ini: