Agar Lebih Mudah Diakses, Rapikan Homescreen Smartphonemu dengan Tips Ini

Seorang pengguna smartphone tidak hanya dinilai dari tampilan luar perangkat smartphone nya, tetapi juga homescreen ketika layar smartphone diaktifkan.

Tentu saja, pengguna smartphone saat ini memiliki banyak aplikasi yang digunakan. Terkadang aplikasi tersebut dibiarkan menjejali layar smartphone.

Padahal jika seluruh aplikasi tersebut dirapikan susunannya, homescreen smartphone tidak hanya terlihat lebih bersih tetapi juga memudahkan kita untuk mengaksesnya.

Nah, berikut 8 tips yang bisa kamu lakukan agar tampilan layar utama smartphonemu terlihat lebih rapi serta lebih mudah untuk mengakses aplikasi yang menurutmu penting.

Taruh aplikasi yang sering digunakan ke bagian bawah layar utama

Sumber Gambar : Youtube.com/Nokia Power User

Aplikasi yang sering kamu gunakan seperti media sosial atau game sebaiknya kamu taruh di bagian paling bawah layar smartphone.

Jangan lupa juga untuk mengunci posisinya agar tidak berpindah jika tanpa sengaja tanganmu menyentuh dan memindahkannya dari tempat seharusnya.

Gabung aplikasi sesuai jenis ke dalam folder

Sumber Gambar : Pexels/Tracy Le Blanc

Tips yang tidak kalah penting selanjutnya, kelompokkan setiap aplikasi sesuai jenisnya ke dalam folder dan berikan nama sesuai jenis kelompok aplikasi tersebut.

Dengan demikian, proses pencarian aplikasi akan lebih cepat dan mudah apabila digunakan.

Gunakan app drawer

Sumber Gambar : Zinggadget.com/Alex Wee

Beberapa smartphone memang tidak dilengkapi app drawer. Terkadang, semua aplikasi diletakkan sebelum atau sesudah letak homescreen.

Interface seperti ini terkesan rumit jika akan mencari aplikasi yang diinginkan. Berbeda jika kamu memiliki app drawer, cukup sekali tekan maka semua aplikasi tampil tanpa harus menggeser layar ke samping.

Fitur gesture ke aplikasi penting

Sumber Gambar : Youtube.com/Android Explained

Jika di smartphonemu terdapat fitur gesture manfaatkanlah untuk membuka aplikasi penting dengan cepat.

Selain hemat waktu, tentunya kamu akan terlihat lebih keren di hadapan teman-temanmu yang belum tahu cara ini.

Kamu juga bisa mengatur gesture tangan dengan pola tertentu untuk membuka aplikasi kamera, media sosial, senter atau game.

Hapus bagian layar homescreen yang tidak digunakan

Sumber Gambar : Mobicarupdate.com/Sk Shaka

Apakah kamu seringkali melihat beberapa smartphone temanmu yang memiliki banyak sekali layar di bagian homescreen padahal memiliki app drawer?

Tentunya hal ini terksesan useless karena bagian layar tersebut jarang sekali digunakan kecuali jika pemiliknya sedang bosan.

sebaiknya gunakan maksimal 3 layar di homescreen dengan letak layar utama di tengah dan 2 layar di samping kiri dan kanan yang berisi widget atau aplikasi yang menurutmu penting dan sering digunakan.

Hindari menggunakan ikon aplikasi yang tidak relavan

Sumber Gambar : Pricebook.co.id/Muhammad Eros Julian

Sebaiknya jangan menggunakan ikon aplikasi yang sama sekali tidak memvisualisasikan aplikasi tersebut.

Tentunya, pihak pengembang juga sudah berusaha sekeras mungkin agar ikon aplikasi yang terpampang di smartphonemu dapat memudahkan pengguna untuk memahami dan mengetahui aplikasi yang digunakan.

Root dan modifikasi sendiri

Sumber Gambar : Dottech.org/Mathew Diekhake

Tips ini merupakan salah satu tips yang memerlukan keahlian tinggi, karena bisa saja membatalkan garansi smartphone yang kamu miliki.

Resiko bootloop atau hardbrick bisa saja terjadi jika kamu melakukan sesuatu yang tidak sesuai prosedur.

Namun resiko itu tidak akan terjadi jika kamu memahaminya. Dengan akses root ke sistem, selain dapat melakukan tweak memori internal, RAM dan mengatur kecepatan prosesor, kamu juga bisa mengubah tampilannnya sesuai dengan keinginanmu.

Gunakan aplikasi pihak ke 3

Sumber Gambar :Bleepingcomputer.com/Mayank Parmar

Tips yang terakhir ini merupakan cara yang paling instant, tidak ada resiko bootlop atau hardbrick dan tentunya menguras RAM dan baterai smartphonemu karena merupakan background apps.

Beberapa aplikasi launcher seperti Nova, Microsoft, Hola, Apus dan sejenisnya bisa kamu pertimbangkan untuk membuat tampilan smartphonemu lebih rapi dan mudah diakses.

More Stories
5 Game Gacha Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan di Ponsel Androidmu