6 Tips Merawat Hardisk Laptop Supaya Tahan Lama

Hardisk merupakan sebuah komponen penting dalam laptop. Komponen ini bisa dikatakan sangat sensitif, apalagi jika pengguna banyak menyimpan data di dalamnya.

Oleh sebab itu, perlu perawatan khusus untuk menjaga hardisk agar awet. Lalu mengapa perawatan hardisk begitu penting?

Yang menjadi alasan utama adalah harga hardisk. Harga sebuah hardisk bisa dibilang mahal. Mungkin bila laptop kalian masih dalam waktu garansi, hardisk dapat diganti oleh produsen laptop. Namun bila masa garansi telah habis, kalian harus membelinya.

Oleh sebab itu, daripada kalian membeli hardisk yang mahal, lebih baik merawat hardisk dengan baik bukan?

Pada kesempatan ini, kami akan berbagi 6 tips merawat hardisk laptop agar tahan lama. Beberapa tips tersebut antara lain:

Sumber Gambar : Microsoft

Defrag Hardisk

Cara pertama untuk merawat hardisk, yaitu dengan melakukan fragmentasi hardisk. Mengapa pengguna harus melakukan fragmentasi?

Karena pada umumnya data yang terlalu banyak di hardisk, akan membuat kinerja hardisk menjadi menurun.

Namun sebelum melakukan defrag, sebaiknya periksa terlebih dahulu fragmentasi. Apabila fragmentasi telah diatas 10, baru kalian dapat melakukan defrag. Proses ini biasanya agak lama, terutama bila kapasitas hardisk besar.

Lalu apa pengaruh defrag? Tentunya dapat membuat hardisk tidak cepat rusak. Defrag akan meningkatkan proses read and write hardisk.

Hindarkan Laptop dari Guncangan

Usahakan untuk menjaga laptop dengan baik. Kalian dapat menyimpan laptop di tempat yang aman. Hindarkan laptop dari guncangan.

Guncangan pada laptop akan mengakibatkan kerusakan hardisk. Apalagi bila laptop masih dalam keadaan menyala, dan kalian membawanya dalam keadaan masih menyala.

Tidak akan ada yang pernah tahu, kondisi laptop saat dibawa seperti apa. Berjalan sambil membawa laptop akan membuat guncangan pada hardisk. Hal tersebut berpotensi membuat hardisk rusak bahkan mati total.

Hindari Menggunakan Laptop di Atas Tempat Tidur

Banyak pengguna yang kerap menggunakan laptop di atas tempat tidur. Sebaiknya mulai saat ini, hindari kebiasaan tersebut.

Walaupun menggunakan laptop di atas tempat tidur sangat nyaman, namun hal tersebut akan membuat sirkulasi panas laptop tidak keluar dengan sempurna.

Apabila sirkulasi panas laptop tidak keluar dengan optimal, hal tersebut dapat mempengaruhi hardisk laptop.

Jangan Terlalu Banyak Menyimpan Data

Mungkin bila kalian mempunyai laptop dengan hardisk yang tidak sesuai kebutuhan, maka kami sarankan untuk tidak memaksakan menyimpan semua data dalam hardisk laptop.

Jangan biarkan bar penyimpanan hardisk sampai berwarna merah. Sebab data yang terlalu banyak dalam hardisk, akan membuatnya bekerja secara ekstra.

Sebagai solusi alternatif, kalian dapat membeli hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai data. Hal ini akan mengurangi kinerja hardisk internal laptop.

[irp posts=”41586″ name=”Review Hardisk Seagate 2TB FireCuda: Buat Gamers dan YouTubers”]

Hapus Data Tidak Penting

Banyak pengguna yang telah mengetahui hardisk penuh, dan hanya tinggal menghapus beberapa data tidak penting. Namun terkadang, pengguna hanya menghapus data dengan menekan tombol ‘Del.’

Padahal tombol ‘Del’ tidak akan menghapus data laptop secara permanen. Data hanya akan dipindahkan ke ‘Recycle Bin.’

Data yang dihapus akan menumpuk dalam ‘Recycle Bin.’ Apabila tidak dihapus permanen, data akan menumpuk dan membebani hardisk.

Oleh sebab itu, untuk menghapus data tidak penting secara permanen, kalian dapat menekan tombol ‘Shift + Del’ pada keyboard. Dengan begitu, data akan terhapus permanen dan tidak menumpuk di ‘Recycle Bin.’

Perhatikan Suhu Hardisk

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan suhu hardisk. Jagalah suhu hardisk agar tetap stabil, dan tidak mengalami panas berlebih.

Untuk memantau suhu hardisk, kalian dapat menggunakan beberapa program pemantau hardisk. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam laptop secara berkala.

Bisa saja ada banyak debu yang menempel dalam laptop. Hal tersebut akan membuat laptop cepat rusak. Apabila kesulitan membersihkan laptop sendiri, tidak ada salahnya menggunakan jasa orang lain.

%d blogger menyukai ini: