Diskon VPN terbaik: Klik di sini

3 Tips Mudah Atasi Headset Tidak Terdeteksi Komputer

Bagi beberapa orang, mendengarkan musik menjadi salah satu kegiatan wajib untuk dilakukan. Kegiatan tersebut memang sangat menyenangkan. Orang dapat mendengarkan musik dimana dan kapan saja.

Mendengarkan musik dapat membuat suasana hati menjadi tenang. Itu yang dialami oleh beberapa orang. Sementara itu, sebagian lainnya ada yang menganggap jika musik dapat membawa semangat.

Untuk mendengarkan musik dengan nyaman, tidak jarang seseorang membutuhkan headset. Pemakaian headset biasa dilakukan, agar mereka dapat mendengar musik tanap mengganggu orang di sekitar.

Selain itu, mendengarkan musik dengan headset tidak hanya melalui smartphone saja. Namun kalian juga bisa mendengarkan lagu dari komputer menggunakan headset.

Namun sayang, terkadang muncul beberapa masalah yang menghambat kegiatan mendengarkan musik. Salah satunya adalah headset tidak terdeteksi oleh komputer.

Oleh sebab itu, bila kalian pernah atau bahkan kini tengah mengalami masalah semacam itu, jangan khawatir. Karena pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips untuk menangani hal tersebut.

Berikut 3 tips mengatasi headset yang tidak terdeteksi pada komputer:

Sumber Gambar : Bukalapak

Menggunakan Driver Booster

Apabila kalian sudah melakukan pembaharuan melalui driver, namun headset masih belum terdeteksi, maka tidak ada salahnya menggunakan aplikasi dari pihak ketiga.

Aplikasi tersebut akan membantu kalian dalam mengatasi masalah ini. Kami merekomendasikan aplikasi Driver Booster.

Pertama, download aplikasi tersebut. Setelah itu, buka dan jalankan aplikasi tersebut. Driver Booster akan melakukan scanning, pada setiap hardware yang harus di-update. Tunggulah sampai proses tersebut selesai.

Setelah itu, Driver Booster akan menampilkan berbagai hardware yang harus diperbaharui. Carilah hardware β€˜Sound, video and game controllers.’ Klik tombol β€˜Update’ pada bagian kanan.

Selanjutnya klik tombol β€˜OK’ pada bagian peringatan. Kini kalian hanya perlu menunggu proses download dan pemasangan hardware β€˜Sound, video and game controllers.’

Bila sudah, restart komputer kalian. Setelah itu headset sudah bisa terdeteksi oleh komputer kembali. Pastikan kalian melakukan cara di atas, ketika komputer terhubung dengan internet.

Scan for Hardware Changes

Sebaiknya bila kalian menemukan kasus headset tidak terdeteksi oleh komputer, maka jangan terburu-buru menarik kesimpulan benda tersebut rusak.

Hal ini rupanya bisa diatasi menggunakan scan for hardware changes. Dengan menggunakan cara tersebut, laptop akan memindai hardware apapun yang mengalami perubahan.

Mungkin selama ini soundcard dalam komputer mengalami perubahan. Hal tersebut menjadikan komputer tidak bisa mendeteksi headset.

Untuk melakukan cara tersebut cukup mudah. Kalian dapat melakukan sendiri, tanpa bantuan orang profesional.

Pertama, buka menu β€˜Device Manager,’ yaitu dengan klik β€˜Windows + X’ pada keyboard laptop. Setelah itu, klik pada β€˜Device Manager.’

Setelah ituΒ  klik β€˜Sound, video and game controllers.’ Apabila headset masih tidak terdeteksi oleh komputer, klik β€˜Scan for hardware changes.’

Selanjutnya, tutup jendela β€˜Device Manager’ dan refresh komputer kalian. Atau kalian juga bisa restart komputer.

[irp posts=”53279″ name=”Cara Merawat Headset Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak”]

Update Driver Software

Apabila cara kedua tidak membantu, maka kalian dapat menggunakan cara lain. Yaitu dengan melakukan pembaharuan pada driver software.

Mungkin selama ini, headset tidak terdeteksi oleh komputer karena belum diperbaharui. Oleh sebab itu, cobalah untuk melakukan update driver software.

Pertama, buka menu β€˜Device Manager.’ Kemudian pilih menu β€˜Sound, video and game controllers.’ Selanjutnya klik pilihan β€˜Update driver software.’

Ketika kalian menggunakan cara ini, pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu, komputer dapat melakukan pencarian otomatis untuk update software sound.

Apabila proses update sudah selesai, jangan lupa untuk restart komputer kalian. Setelah itu headset sudah bisa terdeteksi oleh komputer.

More Stories
Gmail dan Google Drive Tumbang Hampir Di Seluruh Penjuru Dunia