Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Mudah dalam Memilih Proyektor Sesuai Kebutuhan

Proyektor merupakan perangkat yang bisa menampilkan gambar maupun video, dari komputer maupun kaptop ke layar atau tembok. Proyektor bisa menghasilkan gambar yang lebih besar.

Karena bisa menampilkan gambar lebih besar, maka tidak heran jika proyektor sering digunakan dalam proses pembelajaran siswa, maupun presentasi di tempat kerja.

Alat ini mengintegrasikan cahaya maupun sistem optik supaya bisa menampilkan gambar. Proyektor bisa membuat gambar dapat dilihat secara jelas oleh semua orang.

Tapi perlu kalian ketahui, bahwa saat ini proyektor tidak hanya digunakan untuk melakukan presentasi saja. Namun bisa digunakan juga untuk kebutuhan hiburan.

Dan saat ini, proyektor sudah dibuat semakin canggih dengan penambahan beragam fitur. Dan berikut ini tips mudah dalam memilih proyektor sesuai kebutuhan:

Sumber Gambar : Harga Komputer

Ketahui Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk membeli proyektor, tentu kalian sudah seharusnya menyesuaikan proyektor dengan kebutuhan.

Apakah proyektor akan digunakan untuk kebutuhan kantor, kelas, atau mungkin untuk ruangan besar. Luasnya ruangan memang harus kalian perhatikan. Hal ini dilakukan supaya kalian membeli proyektor yang mumpuni.

Kenali Tipe Proyektor

Proyektor tidak dibuat dalam satu jenis, melainkan ada beragam jenis proyektor. Masing-masing jenis proyektor ada yang menggunakan teknologi LCD, DLP dan LCOS.

Jenis pertama adalah Proyektor LCD. Proyektor jenis ini bisa menghasilkan kualitas bagus dibanding DLP. Tapi jika digunakan dalam resolusi besar, akan muncul screen door effect yang bisa membuat piksel terlihat.

Jenis yang kedua adalah proyektor DLP. Proyektor ini tidak sebagus LCD dalam menampilkan gambar. Walaupun menampilkan gambar cerah dengan akurasi warna yang bagus, namun DLP justru memberikan rainbow effect yang mengganggu.

Yang ketiga adalah proyektor LCOS. Proyektor ini merupakan gabungan dari LCD dan DLP. Jadi kalian tidak perlu ragu akan kualitasnya.

Tempat Penggunaan Proyektor

Untuk kebutuhan presentasi di kantor maupun sekolah, gunakan proyektor dengan lumens lebih dari 2000. Dan untuk digunakan sebagai home theater, maka kalian dapat menggunakan proyektor dengan 800 – 1000 lumens.

Merek Proyektor

Sebaiknya kalian beli proyektor dari merek terpercaya. Selain untuk ketahanan, masalah service serta garansi juga bisa kalian dapatkan.

Membeli barang teknologi pasti suatu saat akan mengalami kendala. Jika suatu saat proyektor rusak, maka kalian tidak perlu repot memperbaikinya.

Periksa Usia Lampu

Usia lampu pada proyektor merupakan hal yang penting. Usahakan membeli proyektor dengan usia lampu yang sudah mencapai 2000 jam.

Selain itu, brightness bisa mempengaruhi usia dari sebuah lampu proyektor. Semakin kecil cahaya, maka semakin sedikit pula daya lampu kalian butuhkan.

[irp posts=”67948″ name=”Cara Melihat RAM Laptop Windows dan Penggunaannya”]

Berat Proyektor

Berat proyektor tentu tidak boleh dianggap remeh. Sebab berat proyektor bisa mempengaruhi penempatan mereka di ruang kelas, kantor, meja atau lainnya.

Kami sarankan kalian untuk memilih proyektor yang ringan. Sebab jika kalian ingin menggantung proyektor, maka hal tersebut dapat dengan mudah dilakukan.

Perhatikan Ukuran dan Resolusi

Semakin besar resolusi gambar, maka semakin besar pula gambar yang akan ditampilkan. β€˜800×600’ atau β€˜480.000’ piksel merupakan resolusi standar yang digunakan untuk presentasi.

Namun jika digunakan untuk menonton film, proyektor harus memiliki resolusi SVGA 800×600, XGA 1024×768, serta SXGA 1080x1024x768. Resolusi tersebut dibutuhkan agar proyektor bisa menampilkan gambar yang jernih dan tajam.

Sesuaikan dengan Budget

Selain beberapa tips di atas, sebelum membeli sebuah proyektor, maka pastikan kalian sudah menyiapkan uang agar bisa membelinya.

Ada berbagai jenis dan merek proyektor. Masing-masing dari mereka tentu mempunyai rentang harga berbeda, dimulai dari yang murah sampai paling mahal.

More Stories
adobe nvidia 3d painting
Adobe dan NVIDIA Mengembangkan 3D Painting Simulator