Diskon VPN terbaik: Klik di sini

5 Tips Mudah Membersihkan Flashdisk dari Virus

Flashdisk merupakan sebuah media penyimpanan yang paling praktis. Flashdisk sangat praktis sebab mudah dibawa kemana saja. Hal ini dikarenakan ukuran flashdisk sangat kecil.

Memindahkan data ke dalam flashdisk juga tergolong mudah. Oleh sebab itu, walaupun saat ini telah banyak hardisk eksternal, flashdisk masih tetap populer.

Karena flashdisk begitu populer, tidak aneh jika banyak pembuat virus yang menargetkan flashdisk, untuk menyebarkan virus, trojan atau worm.

Selain itu, flashdisk kerap dipindah dari satu komputer ke komputer lain. Inilah yang memudahkan virus dalam flashdisk mudah menyebar dalam komputer.

Mayoritas virus dalam flashdisk menargetkan file yang tidak akan dibuka atau dibaca. Ada pula virus yang berbentuk shortcut, yang entah dari mana tiba-tiba muncul dalam flashdisk.

Namun jangan khawatir, karena kami akan berbagi tips untuk membersihkan flashdisk dari virus. Beberapa tips tersebut antara lain:

Sumber Gambar : Daily Social

Lakukan Pembersihan Menggunakan Antivirus

Sebenarnya virus yang beredar dapat diatasi menggunakan antivirus. Apalagi jika antivirus telah diperbaharui.

Namun sebelum membuka file dalam flashdisk, supaya lebih mudah kalian bisa scanning flashdisk yang telah terbaca dalam sistem operasi PC.

Apabila setelah proses scanning flashdisk tidak ditemukan virus, berarti flashdisk kalian dalam keadaan baik-baik saja.

Namun bila terdapat virus dalam flashdisk, pilih menu โ€˜Deleteโ€™ untuk menghapus virus secara permanen.

Kini ada banyak antivirus yang dapat kalian gunakan seperti Avast, Windows Defender, BitDefender, dll. Program antivirus tersebut cukup bagus untuk menghapus virus di flashdisk maupun PC.

Hapus Virus Menggunakan Removal Tool

Apabila kalian belum puas menghapus virus menggunakan antivirus, maka tidak ada salahnya untuk mencoba โ€˜Removal Tool.โ€™

Kalian cukup mencari program tersebut di Google. Namun sebelum itu, kalian perlu mengetahui jenis virus yang menyerang flashdisk.

Apabila nama virus sudah diketahui, kalian dapat menghapusnya menggunakan Removal Tool. Cara ini lebih ampuh dibanding penggunaan antivirus.

[irp posts=”58063″ name=”Berbagai Tips untuk Mengatasi Flashdisk Write Protected”]

Menghapus Virus Secara Manual

Selain menggunakan antivirus maupun tool, kalian dapat menghapus virus secara manual. Namun untuk melakukan hal ini, kalian perlu menghapus virus menggunakan sistem operasi lain.

Namun yang paling mudah untuk mengerjakan metode ini adalah Linux. Kini telah banyak distributor Linux berukuran kecil. Dengan begitu, akan mudah dipasang dalam flashdisk.

Lalu mengapa menghapus virus harus menggunakan sistem operasi lain? Sebab virus pada umumnya menyerang sistem operasi Windows. Itu artinya virus dalam flashdisk hanya bisa aktif, apabila flashdisk dipasang pada sistem operasi Windows.

Sedangkan dengan Linux, kalian bisa lebih mudah menghapus virus dalam flashdisk. Metode ini akan mengurasi resiko sistem operasi Windows yang digunakan terinfeksi.

Gunakan Antivirus Portabel

Kalian juga bisa menghapus virus dalam flashdisk menggunakan antivirus portabel. Antivirus tersebut akan bermanfaat, apabila kalian menggunakan komputer lain.

Salah satunya adalah komputer milik teman kalian. Dengan begitu, kalian tidak perlu repot memasang antivirus. Unduh antivirus portabel, jalankan antivirus, dan lakukan pembersihan pada flashdisk.

Format Flashdisk

Memformat flashdisk sama saja mengembalikannya seperti semula. Hal ini akan membuat semua data dalam flashdisk menjadi hilang.

Namun cara ini termasuk ampuh dalam membersihkan virus dalam flashdisk. Oleh sebab itu, sebelum kalian memformat flashdisk, usahakan untuk mengamankan data-data penting di dalamnya.

Baru setelah itu kalian bisa memformat flashdisk. Setelah flashdisk selesai diformat, maka keadaan flashdisk akan kembali layaknya saat masih baru.

More Stories
Hunger Games – Panem Run hadir di Windows Phone