Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

6 Tips Mudah Menghabiskan Kuota yang Berlebihan

Woman using mobile phone at night street
Indri Penulis

Beberapa orang pernah mengalami kasus, di mana mereka mempunyai kelebihan kuota hingga bepuluh-puluh GB. Padahal masa aktif kartu tersebut sebentar lagi akan habis. Tentunya kuota yang tersisa akan mubadzir bila tidak dihabiskan.

Apabila kalian tengah mengalami hal tersebut, kami akan berbagi tips untuk menghabiskan kuota berlebih. Dengan begitu, kalian tidak perlu merasa rugi dengan kuota berlebih.

Inilah 6 tips menghabiskan kuota berlebih:

Download Video

Sumber Gambar : Kinibisa

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan kuota untuk mengunduh video. Kalian dapat mengunduh video dari YouTube, Dailymotion, atau situs lainnya.

Selain itu, apapun jenis video yang kalian download, kami sarankan untuk mengunduh video dengan resolusi paling besar.

Jika kalian mengunduh video melalui YouTube, pastikan kalian memilih resolusi video paling besar. Untuk video YouTube, biasanya 4K adalah resolusi yang paling besar. Namun tidak semua video dalam YouTube mempunyai resolusi semacam itu.

Sementara itu, kini telah banyak metode untuk mengunduh video dari YouTube. Kalian dapat memanfaatkan software, atau situs tertentu dalam mengunduh video YouTube.

Download Lagu

Sumber Gambar : XDA Developers

Selain mengunduh video, kalian juga bisa memanfaatkan kuota berlebih untuk mengunduh lagu. Memang benar, lagu tidak akan memakan banyak kuota. Namun kuota akan berkurang banyak, apabila kalian mengunduh lagu dengan kapasitas besar.

Lagu yang mempunyai kapasitas besar, tentunya mempunyai kualitas suara yang sangat jernih. Pastikan kalian mengunduh lagu berkualitas tinggi. Dengan begitu, kuota akan terkuras banyak secara cepat.

Download Film

Sumber Gambar : Variety

Mengunduh film juga menjadi metode efektif untuk menghabiskan kuota berlebih. Tidak ada salahnya mengunduh film dengan resolusi besar.

Jangan ragu untuk mengunduh film dengan resolusi 360p atau 480p. Atau kalian juga bisa mengunduh film dengan resolusi 720p.

Mengunduh film beresolusi besar akan menghabiskan kuota dengan cepat. Jangan takut memori smartphone akan penuh. Kalian dapat memindahkan film-film tersebut ke dalam laptop, atau ke Google Drive.

Dengan begitu, memori smartphone tidak akan penuh. Kalian juga bisa mengunduh film lainnya lagi.

Baca Juga:  Panduan Menghemat Kuota Internet yang Perlu Dilakukan

Download Game

Sumber Gambar : YouTube

Mengunduh game menjadi salah satu metode jitu dalam menghabiskan kuota. Kalian dapat memilih game apapun yang mempunyai kapasitas besar, dan grafis yang bagus.

Mengunduh game berkapasitas besar memang dapat menghabiskan kuota dengan cepat. Namun perlu diperhatikan, jangan lupa untuk menyesuaikan game dengan smartphone.

Pastikan smartphone kalian kuat untuk menjalankan game berkapasitas besar. Selain itu, pastikan pula memori tidak penuh dengan aplikasi lain.

Namun bila kalian mempunyai game online seperti MOBA, bisa dimanfaatkan juga untuk menghabiskan kuota berlebih. Sebab game online tersebut banyak menguras kuota internet.

Streaming Video

Sumber Gambar : Go Brolly

Cara ini juga tidak kalah efektif dalam menghabiskan kuota. Kalian dapat menggunakan kuota berlebih untuk streaming video.

Agar kuota cepat habis, kalian bisa streaming video dengan resolusi paling besar. Seperti halnya mengunduh video, kalian bisa memilih resolusi video seperti 4K jika ada, atau 720p.

Dengan begitu, kuota kalian akan tersedot dengan sangat cepat. Lebih bagus lagi bisa kegiatan streaming disertai download video. Hal tersebut akan dua kali lebih cepat membuat kuota habis.

Update Semua Aplikasi

Sumber Gambar : Smart Things

Metode ini dapat kalian lakukan dengan mengunjungi Play Store maupun My Apps. Selanjutnya periksa aplikasi yang membutuhkan pembaharuan.

Namun agar lebih praktis, kalian bisa klik ‘Update All’ untuk memperbaharui seluruh aplikasi. Dengan begitu, kalian akan dapat menghabiskan kuota dengan cepat.

Selain itu, kalian tidak perlu memperbaharui aplikasi untuk beberapa waktu kedepan. Kalian juga bisa sekalian memperbaharui sistem Android.