Tips Mudah Mengirim Aplikasi Melalui Bluetooth

Di Play Store maupun App Store, pengguna smartphone bisa menemukan beragam aplikasi menarik. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang memang dibutuhkan smartphone, namun ada pula yang sebatas untuk memenuhi keinginan.

Untuk dapat memasang aplikasi, maka pengguna smartphone harus mengunduh terlebih dahulu. Mengunduh aplikasi bisa dilakukan menggunakan paket data atau WiFi.

Namun bagaimana jika kalian tidak berada dalam jaringan WiFi, paket data sedang habis? Jangan khawatir, sebab masih ada cara alternatif untuk tetap mendapatkan aplikasi.

Salah satu cara mendapatkan sebuah aplikasi adalah dengan meminta teman. Kemudian kirim aplikasi tersebut melalui Bluetooth. Dengan begini, kalian tidak perlu menggunakan paket data atau WiFi.

Berikut ini tips mudah mengirim aplikasi menggunakan jaringan Bluetooth:

Sumber Gambar : Fabrik Brands

Menggunakan Aplikasi ES File Explorer File Manager

Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager. Sebenarnya aplikasi ini berfungsi untuk mengelola isi memori internet smartphone, atau seperti File Explorer di desktop.

ES File Explorer File Manager mempunyai banyak kegunaan seperti transfer aplikasi, gambar, film, musik, dokumen tanpa menggunakan data seluler dan kabel.

Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk mengelola file smartphone. Dimana kalian dapat melakukan copy, cut, paste hingga mengganti nama file tersebut.

Aplikasi ini juga memungkinkan kalian untuk mengkompresi dan mendekompresi file ZIP. Kalian juga bisa membuka file dengan format RAR. Hal ini karea ES File Explorer File Manager mendukung pengoperasian kedua jenis file itu.

Pertama unduh aplikasi ES File Explorer File Manager. Kemudian aktifkan Bluetooth di smartphone, dan Bluetooth yang ada di ponsel teman. Kemudian jalankan aplikasi ini.

Selanjutnya, masuklah ke menu utama aplikasi dan pilih bagian β€˜APP.’ Disana kalian bisa menemukan beragam aplikasi yang terpasang dalam smartphone.

Pilih salah satu aplikasi yang ingin dibagikan, yaitu dengan tap dan tahan sampai muncul menu lain di bawah permukaan layar.

Jika sudah memilih aplikasi, klik ikon tiga titik vertikal pada menu di bawah layar, kemudian klik β€˜Bagikan.’ Pilih opsi Bluetooth untuk mengirim aplikasi, dan tunggu sampai proses pengiriman selesai.

Download

[irp posts=”6702″ name=”Transfer Banyak Foto Dengan Bluetooth”]

Menggunakan Aplikasi App Backup & Restore – Easiest Backup Tool

Seperti namanya, aplikasi mempunyai fungsi utama untuk backup dan restore semua aplikasi yang ada dalam smartphone. Walau begitu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengirim aplikasi melalui jaringan Bluetooth.

Cara penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Pertama unduh terlebih dahulu aplikasi, dan aktifkan Bluetooth di kedua smartphone (milik kalian dan teman).

Setelah itu buka aplikasi App Backup & Restore – Easiest Backup Tool. Dalam menu utama, kalian akan menemukan semua aplikasi yang ada dalam smartphone.

Pilih aplikasi yang ingin dibagikan dengan orang lain. Yaitu dengan check list kotak kecil yang terletak di sebelah kanan nama aplikasi.

Selanjutnya klik β€˜SEND’ yang ada di bagian atas kanan menu aplikasi. Kemudian akan muncul menu pengiriman, dan pilih pada bagian β€˜Send by other apps.’

Pilih Bluetooth untuk mengirim aplikasi tersebut. Lakukan proses pengiriman aplikasi melalui Bluetooth seperti biasa. Kemudian tunggu proses pengiriman sampai selesai.

Download

Menggunakan Aplikasi ShareCloud

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan pengiriman aplikasi via Bluetooth, namun juga bisa melalui jaringan HotSpot, Email, WhatsApp, Dropbox, Google Drive, Facebook, dll.

Layaknya kedua aplikasi sebelumnya, kalian perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu dan jangan lupa aktifkan Bluetooth.

Buka aplikasi ShareCloud dan pada tampilan menu awal, klik bagian β€˜Select File.’ Kemudian pilih menu β€˜App’ untuk mengirim aplikasi kepada teman.

Pilih aplikasi yang ingin dikirim. Kemudian klik menu β€˜More’ yang ada di bagian bawah. Setelah itu akan muncul pilihan cara untuk mengirim aplikasi, dan pilih menu β€˜Bluetooth.’

Download