Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Tips Mudah Meningkatkan FPS Apex Legends di PC

Indri Penulis

Apex Legends saat ini memang menjadi fenomena kedua setelah Fortnite berhasil menarik jutaan orang, agar memainkan game tersebut.

Apex Legends mempunyai konsep sangat unik, yang terdapat dapat elemen sci-fi ala Titanfall. Inilah yang membuat Apex Legends menjadi primadona bagi penikmat genre FPS serta pecinta Titanfall.

Namun ketika mencoba Apex Legends di PC, biasanya tidak semua pengaturan default dapat berjalan lancar. Khususnya untuk masalah frame per second atau yang sering disebut dengan FPS.

Walaupun Apex Legends dibuat menggunakan Source Engine yang sudah dimodifikasi, namun game ini justru terasa berat jika digunakan dalam PC modern.

Tentu hal ini akan membuat banyak pemain merasa tidak nyaman, terlebih jika player memainkan Apex Legends dengan framerate rendah.

Apabila ingin memainkan Apex Legend dengan nyaman di PC, maka player harus mempunyai PC dengan spesifikasi minimum yang memadahi.

Apex Legends membutuhkan PC yang minimal menggunakan sistem operasi Windows 7, 8.1, 10 64-bit. PC juga harus dibekali dengan CPU Intel i3-6300 3.8HGz atau AMD FX 4350 4.2 GHz.

Sedangkan untuk GPU adalah NVIDIA GeForce GT 640 atau Radeon HD 7700. PC minimum dibekali RAM 6GB serta HDD 30GB.

Untuk meningkatkan FPS Apex Legends di PC, maka kalian perlu melakukan beberapa pengaturan. Baik pengaturan yang ada dalam PC, maupun pengaturan yang ada dalam game.

Perlu diperhatikan, bahwa tutorial di bawah ini menggunakan pengaturan GPU NVIDIA, sebab kami akan menggunakan NVIDIA Contol Panel. Namun bagi pengguna AMD, kemungkinan tetap bisa mengikuti tips berikut di control panel AMD dengan pengaturan yang sama.

Berikut ini tips meningkatkan FPS Apex Legends di PC.

Baca Juga:  Apex Legends Mobile Soft Launching di Beberapa Negara, Indonesia Salah Satunya!

Laptop User

Bagi pengguna laptop, maka kami sarankan untuk mengatur baterai hingga high performance. Hal ini berguna agar performa laptop kalian lebih maksimal saat memainkan Apex Legends.

NVIDIA Control Panel

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tutorial ini akan menggunakan GPU NVIDIA. Oleh sebab itu, kami akan paparkan beberapa pengaturan yang wajib kalian ubah agar dapat menambah FPS. Perlu diingat jika tidak semua pengaturan ini ada dalam PC kalian.

Pertama, buka NVIDIA Control Panel. Kemudian klik kanan ikon NVIDIA yang ada di taskbar, lalu pilih ‘NVIDIA Control Panel’.

Selanjutnya pilih ‘3D Settings’ dan klik pada ‘Program Settings’. Kemudian cari Apex Legends. Jika sudah menemukan software Apex Legends, klik ‘Add’ dan cari file .exe game tersebut.

Selanjutnya, kalian dapat meniru pengaturan sesuai dengan gambar di bawah ini:

Sumber Gambar : Gamebrott
Sumber Gambar : Gamebrott

Yang perlu diperhatikan adalah pastikan Maximum pre-rendered frames = 1. Kemudian Power Management Mode adalah ‘Prefer Maximum Performance.’

Selain itu ubah Texture Filtering menjadi ‘Anisotropic On.’ Dan untuk Texture Filtering yang satunya menjadi ‘Trilinear Optimization On.’

Klik Threaded Optimization menjadi ‘On,’ kemudian pada Virtual Syinc juga harus dalam keadaan ‘On.’ Namun ini bersifat opsional tergantung monitor kalian, jika monitor gaming lebih dari 60Hz, maka kami sarankan menggunakan settingOff.’

Pengaturan di Dalam Game

Berikut ini pengaturan yang harus kalian gunakan saat in-game. Caranya yaitu klik ikon gear yang ada di sudut kanan bawah, kemudian klik pengaturan Video. Dan berikut ini beberapa pengaturan yang perlu diubah:

Display Mode: Full Screen

Baca Juga:  Apex Legends Mobile Rilis Tanggal 28 Februari 2022

Aspect Ration: 16:9 (native)

Resolution: 1980×1080 (native)

V-Sync: Triple Buffered (opsional tergantung monitor kalian. Jika monitor haming lebih dari 60Hz, maka kami sarankan menggunakan setting ‘Off’).

Adaptive Resolution FPS Target: 0 (Jika kalian ingin meningkatkan gambar menjadi blur, maka setting angka 0 adalah yang terbaik).

Anti-Aliasing: TSAA

Texture Streaming Budget: High (4GB VRAM) – (Ini bersifat opsional bagi kalian yang tidak mempunyai banyak VRAM di GPU).

Taxture Filtering: Anisotropic 4X

Ambient Occlusion Quality: Low

Sun Shadow Coverage: Low

Sun Shadow Detail: Low

Spot Shadow Detail: Low

Volumetric Lighting: Disabled

Dynamic Spot Shadows: Disabled

Model Detail: Medium

Effects Detail: Medium

Impact Marks: Low

Ragdolls: Medium

Mematikan Windows Update (Terutama Windows 10)

Update Windows tentu sangat mengganggu bagi pecinta game PC. Fitur ini dapat dinonaktifkan dengan cara mengakses ‘Start Menu’, kemudian carilah ‘Windows Update Settings’.

Pilih ‘Advanced Options’ dan ‘Delivery Optimization.’ Kemudian pada menu ‘Allow downloads from other PCs’ klik ‘Off,’ dan kemudian hapus Temporary File.

Hapus Temporary Files

File temporary biasanya nambahin berat kerja PC. Jadi sebaiknya file tersebut dihapus saja dari PC. Untuk menghapus file Temporary, ketik %localappdata di kolom Search. Setelah itu buka folderTemp’. Tekan ‘CTRL + S’ lalu tekan tombol ‘Delete’ pada keyboard.

Jika pengaturan di atas telah dilakukan, kini kalian hanya perlu restart PC. Setelah PC kembali aktif secara normal, coba lihat perbedaan yang terjadi pada Apex Legends.