Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Tips Mudah Menyimpan Hasil Download ke Kartu Memori Smartphone

Sudah lama mengunduh sesuatu, namun hasil unduhan tidak otomatis tersimpan ke dalam kartu memori eksternal. Apakah kalian pernah mengalami hal tersebut?

Memang tidak bisa dipungkiri, ada saja beragam kendala ketika menggunakan smartphone. Namun jangan khawatir karena setiap masalah pasti ada solusinya, seperti masalah download file.

Sebenarnya ada berbagai cara menyimpan hasil unduhan ke kartu memori smartphone. Dan berikut ini beberapa cara menyimpan hasil download ke dalam kartu memori smartphone:

Pindahkan Secara Manual

Apakah smartphone kalian tidak mempunyai fitur menyimpan hasil download otomatis ke kartu memori? Jika iya maka kalian bisa memindahkan unduhan secara manual.

Walaupun terkesan merepotkan, namun cara ini terbilang efektif dan mudah dilakukan lho. Kalian hanya perlu membuka managing file (dalam setiap smartphone mempunyai nama berbeda-beda).

Kemudian masuklah ke dalam internal storage > download. Kemudian kalian bisa pilih setiap file hasil download yang ingin disimpan ke kartu memori eksternal.

Jika sudah selesai memilih file, pindahkan hasil download ke kartu memori eksternal. Dan hasil unduhan sebelumnya sudah dipindahkan ke dalam kartu memori.

Menggunakan Aplikasi Advanced Download Manager

Khusus pengguna smartphone Android, maka bisa coba aplikasi Advanced Download Manager. Aplikasi yang bisa didapatkan di Play Store ini bisa membantu masalah tersebut.

Sebab Advanced Download Manager mempunyai fitur pengaturan, dimana pengguna tidak perlu repot menggunakan PC atau memindahkan unduhan secara manual.

Biarkan Advanced Download Manager yang melakukan tugas tersebut. Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. Pertama tentu kalian harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu.

Selanjutnya buka aplikasi, dan pilih menu β€˜Pengaturan/Setting.’ Setelah itu klik pada menu β€˜Unduhan/Download.’ Masuk pada menu β€˜Folder File Unduhan’ dan klik ikon folder.

Kemudian pilih folder mana yang ingin dijadikan tempat menyimpan hasil download. Pilih tempat penyimpanan yaitu kartu memori/SD Card. Selanjutnya klik menu β€˜OK.’

Kini hasil download sudah berhasil dipindahkan ke dalam kartu memori. Tidak hanya itu, kedepan saat kalian mengunduh file, maka otomatis akan langsung masuk ke kartu memori.

Download

Menggunakan PC/Laptop

Berbeda dengan kedua cara di atas, cara ketiga ini sebenarnya cukup merepotkan. Karena kalian harus melalui beberapa tahapan yang rumit.

Pertama, sambungkan kabel USB smartphone ke Port USB atau laptop. Kemudian periksa PC/laptop kalian, dan buka semua file di smartphone melalui PC.

Setelah itu, pilih internal storage. Selanjutnya kalian dapat langsung memindahkan berbagai file di internal storage, yaitu dengan cara tekan β€˜CTRL + V’ di dalam external storage.

[irp posts=”55505″ name=”Inilah Kartu MicroSD Anti Air, Sahabat Instagrammer”]

Atur Penyimpanan di Pengaturan

Sebenarnya cara keempat ini tidak terlalu efektif. Sebab cara ini jarang ada di smartphone versi terbaru. Tapi masih ada beberapa smartphone yang menyediakan fitur setting untuk menyimpan hasil unduhan ke kartu memori.

Kalian hanya perlu masuk ke dalam menu pengaturan. Setelah itu pilih menu β€˜Penyimpanan/Storage.’ Jika sudah ketemu, langsung pilih pengaturan β€˜Kartu SD.’ Dan selesai, kini hasil unduhan sudah disimpan secara otomatis ke kartu memori.

Memindahkan File Download Khusus untuk Smartphone Xiaomi

Xiaomi mempunyai fitur khusus untuk mengubah lokasi penyimpanan hasil download. Jadi, semua file yang telah diunduh akan langsung disimpan ke dalam kartu memori.

Pertama kalian dapat mengubah pengaturan terlebih dahulu. Cari aplikasi Unduhan/Downloads (biasanya ada di folder Alat/Tools).

Kemudian klik simbol titik tiga yang ada di sudut kanan atas, lalu pilih β€˜Setting.’ Selanjutnya kalian bisa pilih β€˜Save to a custom location.’ Dan terakhir, pilih lokasi penyimpanan hasil download ke kartu memori.

More Stories
5 Turnamen Game Dengan Hadiah Besar
5 Turnamen Game Dengan Hadiah Super Besar