5 Tips Mudah Perkuat Sinyal Smartphone Selama Mudik Lebaran 2018

Sinyal Saat Mudik

Hay guys, tidak terasa lebaran tinggal menghitung hari aja ya. Buat kalian, mungkin ada beberapa yang mudik beberapa hari lalu. Tapi ada juga yang baru akan mudik hari ini. Mudik, perjalanan yang ditempuh sangat panjang dan lama.

Kalian sendiri selama mudik tidak akan bisa lepas dari smartphone. Apalagi untuk mengusir rasa bosan misalnya saat macet panjang di jalan. Saking panjangnya perjalanan mudik, tentu tidak setiap waktu kalian bisa mendapatkan sinyal full saat mudik. Apalagi saat melewati beberapa wilayah yang minim sinyal misalnya saja di jalan tol.

MATI GAYA. Itulah gambaran yang akan terjadi jika kalian kehilangan sinyal di smartphone. Apalagi saat mudik lebaran. Kalian pasti paham kan kalau smartphone itu penting banget buat penghilang rasa suntuk.

Apalagi selama mudik, keberadaan smartphone juga mempunyai peranan penting selain jadi penghilang rasa suntuk. Misalnya saja seperti digunakan untuk membuka aplikasi navigasi, penunjuk arah, bermain game, media sosial, atau sekedar mendengarkan musik favorit.

Oke, biar kalian nanti selama mudik tidak mengalami kejadian semacam ini, berikut kami akan berikan tips memperkuat sinyal smartphone selama mudik lebaran. Simak caranya ya guys.

Nonaktifkan Airplane Mode

Langkah pertama yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat sinyal smartphone adalah dengan memperbaharui jaringan serta koneksi internet. Caranya dengan menghidupkan dan kemudian matikan “Airplane Mode”. Metode ini jelas akan langsung memutus sementara, kemudian mengatur ulang jaringan internet kembali.

Tapi jika metode ini kalian rasa masih kurang efektif, kalian bisa matikan total sementara semua fungsi yang ada di smartphone dengan melakukan restart, hingga smartphone menyala lagi. Simpel kan?

Mengunci Jaringan Internet yang Ada

Untuk tempat yang tergolong ramai misalnya saja seperti jalur mudik lebaran, tentunya kalian akan kesulitan untuk mencari jaringan yang ada. Pastikan juga ya, apakah jaringan yang kalian lewati ketika mudik itu mendukung koneksi internet stabil atau tidak. Paling tidak harus 3G atau lebih baik lagi 4G LTE.

Setelah kalian pilih jaringan yang cocok untuk dapat internet yang lebih stabil, kalian kunci jaringan tersebut dengan pilih opsi “LTE Only” atau “WCDMA Only”. Cara tersebut bisa kalian temukan di pengaturan jaringan smartphone.

Lepaskan Casing Smartphone

Sumber gambar: Lelong

Smartphone kini pada umumnya memang banyak yang menganut sistem unibodi. Dengan sistem yang semacam itu, mambuat area antena smartphone berasa di bagian luar. Kalian bisa coba melepas casing tambahan smartphone. Hal tersebut terbilang sepele. Tapi kenyataanya bisa membantu untuk memperkuat penerimaan sinyal smartphone.

Dalam beberapa kasus ada smartphone yang justru kesulitan menangkap sinyal disebabkan karena area sekitar antena ada penghalangnya. Apalagi kalau kalian menggunakan casing tambahan yang terbuat dari bahan metal.

Buka Sementara Jendela Kendaraan

Sumber : Ohayo

Mudik memang tidak akan bisa lepas dengan yang namanya kendaraan bukan? Nah, kalau dalam perjalanan nanti kalian kehilangan sinyal secara tiba-tiba, bisa coba buka jendela kendaraan sedikit. Ini bisa kalian lakukan sampai smartphone menerima kembali sinyal dengan stabil.

Tapi jika memang kondisinya terlalu mendesak dan tidak memungkinkan, maka kalian bisa berhenti sejenak untuk bisa mendapatkan sinyal dengan stabil. Karena kenyataannya pada saat kendaraan berjalanan, smartphone akan lebih sulit mendapatkan sinyal.

Ganti Provider Sementara

Dari keempat tips yang sudah kami berikan, tapi masih belum ada yang ampuh untuk memperkuat sinyal di smartphone kalian selama mudik lebaran? Mungkin tips pamungkas ini bisa membuat kalian berhasil. Sebaiknya kalian coba untuk ganti provider sementara. Daripada nanti kalian kesulitan mendapat sinyal.

Tentunya selain bisa digunakan untuk memastikan provider yang bisa memberikan layanan terbaik pas mudik lebaran, kalian nanti juga bisa berpeluang mendapat berbagai penawaran menarik.

Oke itu tadi beberapa tips jitu yang bisa kalian lakukan untuk memperkuat sinyal smartphone selama musim mudik lebaran. Tapi, selain fokus memperkuat sinyal smartphone jangan lupa untuk selalu berhati-hati yang guys. Supaya nanti bisa selamat sampai tujuan dan berkumpul bersama keluarga.

Selamat mencoba dan selamat mudik, hati-hati di jalan.

Ada komentar?