Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

5 Tips Promosi Channel YouTube Biar Nggak Sepi Pengunjung

Indri Penulis

Bagaimana tips dan cara promosi channel YouTube biar nggak sepi pengunjung? Kamu mungkin bisa coba beberapa trik jitu berikut ini.

Punya channel YouTube bakal bikin kamu super sibuk. Gimana tidak, mau nggak mau kamu pasti bakal berkutat di depan layar untuk mengedit video. Belum lagi kamu juga wajib konsisten mengunggah video berkualitas agar audiens nggak kabur dan betah berlama-lama di channel-mu.

popculture.id

Oya, kamu juga perlu fokus pada target pemasaran supaya channel-mu berkembang. Jadi kalau kamu ingin mengembangkan channel YouTube, pastikan kamu mempromosikannya dengan benar ya.

Tapi gimana caranya? Oke, kali ini saya akan share beberapa tips promosi channel YouTube biar punyamu nggak sepi pengunjung. Boleh langsung praktik kok. Hehehe.

Pakai Fitur Komunitas YouTube

Mungkin banyak yang belum tahu kalau YouTube punya satu fitur bernama ‘Komunitas YouTube.’ Padahal kalau bisa dioptimalkan secara maksimal, fitur ini akan bisa membantumu nantinya.

Komunitas adalah salah satu alat YouTube yang selama ini ‘dipandang sebelah mata’ banyak orang. Padahal di balik itu semua fitur ini menawarkan banyak fitur menarik. Contohnya kamu bisa manfaatkan fitur Komunitas untuk membuat beberapa jenis postingan, termasuk status yang mirip seperti Facebook dan LinkedIn. Kamu juga bisa menambahkan GIF dan gambar diam, bikin polling, dll.

Tapi buat bisa gabung ke komunitas ini, nggak bisa asal sembarangan. Minimal kamu harus punya 500 subscriber supaya bisa memanfaatkan fitur tab Komunitas YouTube.

Posting Cuplikan Video-mu di Media Sosial

Punya banyak media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter? Yaudah manfaatin aja mereka semua. Caranya simpel sih. Kamu bisa bikin cuplikan dari video YouTube-mu (sebaiknya ambil cuplikan yang paling seru, sehingga bisa menarik minat audiens), kemudian unggah cuplikan tersebut ke akun media sosialmu yang lain.

Komentari Video YouTuber Lain

Kerja apapun, relasi adalah salah satu hal penting yang perlu kamu pelajari. Mungkin kebanyakan YouTuber nggak sadar dengan ini, padahal membangun relasi dengan YouTuber lain bisa bikin insight channel-mu ikutan naik lho.

Kalau kamu baru bikin channel YouTube, logikanya identitas channel-mu belum dikenal orang-orang di komunitas YouTube. Tapi kalau kamu bisa menampilkan nama channel-mu di depan konten kreator dengan niche yang sama, otomatis mereka yang awalnya nggak kenal kamu bisa jadi bakal ‘kepo’ dengan channel-mu. Nah, hal ini juga berlaku buat audiens lho. Seiring berjalannya waktu, orang yang nonton video milik konten kreator utama mungkin akan mengklik channel-mu.

Pakai Google Ads

Yah walaupun pertumbuhan organik sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang bagi konten kreator, tapi kamu juga nggak boleh 100% mengabaikan iklan berbayar seperti Google Ads.

Google Ads punya banyak pilihan alat periklanan, dan kamu bisa menggunakan fitur tersebut untuk mempromosikan video-mu. Pilih video yang ingin kamu promosikan, dan sesuaikan target audiens-mu.

Kembangkan Jangkauan Situsmu

Kalau kamu serius ingin membangun bisnis online lewat YouTube, mungkin bisa bikin situs web khusus untuk channel YouTube-mu. Dengan melakukannya, kamu bisa mengunggah berbagai jenis media seperti postingan blog dan infografis. Selain itu, kamu juga akan memberikan orang cara mudah untuk menghubungmu.

Dengan menumbuhkan jangkauan situs web, hal tersebut akan bisa memberikan efek positif pada channel YouTube-mu. Selain itu, mendapatkan eksposur di mesin pencari pasti juga bisa membawa lebih banyak perhatian ke situs web­-mu (hasil akhirnya, kamu dapat menghasilkan jumlah klik-tayang yang lebih tinggi ke channel-mu).

Oke, itu tadi beberapa tips dan cara promosikan channel YouTube biar nggak sepi pengunjung. Selamat mencoba dan jangan takut gagal ya!

    %d blogger menyukai ini: