Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner
Zenbook 14 M3400 banner

6 Tips Agar Rekomendasi Musik Spotify Lebih Pas Selera

Indri Penulis

Mau bikin musik Spotify pas sama selera kamu? Cobain tips agar rekomendasi musik Spotify lebih pas selera berikut ini yuk!

Spotify memang punya algoritma khusus yang bisa merekomendasikan lagu ke penggunanya. Tapi sayangnya, nggak sedikit pengguna yang masih kurang puas sama cara kerja algoritma Spotify. Mayoritas pengguna Spotify ingin mendapatkan rekomendasi lagu yang benar-benar ‘pas’ sama selera mereka.

popculture.id

Kalau kamu salah satunya, pas banget nih. Kali ini saya akan kasih beberapa tips agar rekomendasi musik Spotify kamu lebih pas selera. Cobain langkah-langkahnya ya!

Simpan Track dari Discover Weekly

Saat kamu menyimpan lagu di Discover Weekly, Spotify otomatis akan lebih memprioritaskan genre lagu tersebut saat mereka memberikan rekomendasi lagu buatmu.

Tapi kalau cuma nambahin lagu ke daftar Discovery Weekly tanpa menyimpannya ya sama aja bohong. Pastikan kamu menyimpan lagu-lagu tersebut supaya rekomendasi Spotify bisa lebih ‘kamu banget’ nantinya.

Tambahkan Lagu ke Playlist / Release Radar

Selain Discover Weekly, Spotify juga akan memprioritaskan lagu yang kamu simpan ke dalam daftar putar / playlist. Contoh nih, kamu menyimpan banyak lagu Rolling Stones ke playlist Musik.

Tapi di sisi lain kamu juga punya playlist “Rockerrr” yang isinya khusus lagu-lagu nge-rock. Nah nanti Spotify bakal kasih rekomendasi lagu-lagu Rolling Stone dan lagu bergenre rock buat kamu.

Tapi perlu kamu tahu, Spotify sepertinya nggak menggunakan lagu-lagu yang kamu simpan secara manual. Kalau misalnya kamu mau mendapatkan rekomendasi lagu dengan genre tertentu, coba sekali-kali dengarkan juga lagu yang ada di playlist asli Spotify. Soalnya efeknya dijamin bakal lebih nampol.

Follow Artis atau Band Favoritmu

Mengikuti artis atau band favoritmu akan sangat mempengaruhi daftar rekomendasi lagu yang diberikan Spotify nantinya. Kalau selama ini kamu cuma asal ngikutin artis / band yang bahkan mungkin kamu nggak kenal, mending mulai sekarang hapus saja mereka.

Kemudian ganti dengan artis / band yang benar-benar kamu suka. Dengan begitu rekomendasi lagu yang muncul nanti bakal lebih ‘kamu banget.’

Follow Playlist Khusus Genre / Daily Mix

Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti playlist khusus genre. Ada banyak sekali genre musik yang tersedia di Spotify. Dengan mengikuti playlist genre tertentu, hal tersebut akan membantu Spotify lebih mengenal dekat seleramu.

Selain itu di dalam playlist tersebut, pastikan kamu juga menyukai lagu yang ada di dalamnya (like lagu yang benar-benar sesuai seleramu). Dengan begitu lagu-lagu seperti itu akan lebih sering muncul dalam rekomendasi Spotify.

Sebaliknya, kalau kamu dislike lagu tersebut, maka lagu-lagu lain sejenisnya tidak akan muncul di rekomendasi.

Dengarkan Daftar Putar Radio Spotify

Fitur Radio di Spotify kedengarannya mungkin kurang berbobot ya, apalagi kalau dibandingkan saat kamu nge-follow artis / band tertentu. Tapi jangan salah, diam-diam aktivitas ini juga sangat mempengaruhi rekomendasi lagu yang bakal diberikan Spotify nantinya lho.

Kalau kamu nggak tahu, stasiun Radio Spotify pada dasarnya adalah daftar putar yang dihasilkan Spotify tanpa henti. Saat kamu mengaktifkan daftar putar Radio untuk artis favoritmu, hal tersebut akan membuat Spotify memutar banyak konten yang mungkin kamu nikmati.

Selain itu, data tersebut juga bakal menjadi data yang digunakan dalam penghitungan Discover Weekly nantinya.

Pakai Fitur Enhance

Terakhir, kamu juga bisa pakai fitur Enhance. Fitur ini bakal memberimu rekomendasi lagu sesuai daftar putar milikmu dengan mudah. Kamu cukup mengaktifkan fitur ini lewat satu tombol aja.

Nanti setelah fitur ini aktif, rekomendasi yang dirangkai dalam playlist bakal muncul. Kamu akan mendapatkan satu rekomendasi setelah mendengarkan 2 lagu, untuk maksimal 30 rekomendasi.

Kalau kamu suka dengan lagu yang disarankan, kamu bisa klik tombol “+” di samping lagu tersebut untuk menjadikannya permanen. Tapi perlu kamu ingat, fitur ini cuma bisa dinikmati oleh pelanggan Spotify Premium.

Baiklah, itu tadi beberapa tips agar rekomendasi musik Spotify lebih pas dengan selera. Gimana, gampang banget kan caranya?

    %d blogger menyukai ini: