Tips Sebelum Bermain Game Pokemon Go

Game Pokemon Go

Game Pokemon Go cukup menyenangkan untuk dimainkan (baca juga: Review Pokemon Go Indonesia), dan saat ini, makin banyak pengguna yang tersebar di seluruh dunia, meskipun untuk pengguna di Indonesia harus menggunakan cara khusus agar bisa memainkannya (baca juga: Cara Download Pokemon Go Android).

Jika kalian baru saja akan mulai bermain game Pokemon Go, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

Perhatikan letak PokeStop

Setelah berhasil membuat profil Pokemon trainer, kita akan disajikan hamparan peta lokasi dimana kalian berada saat itu. Perhatikan, dimana saja letak PokeStop yang terdekat dari tempat kalian berada. PokeStop merupakan tempat dimana kita bisa mendapatkan Pokeball ataupun Pokemon Egg secara gratis.

Pokestop
Pokestop

Jika kalian tinggal di tempat terpencil seperti teman saya yang bernama Khusnun, tentu tidak banyak PokeStop yang akan diumpai. Nah carilah PokeStop saat kalian pergi ke kantor, sekolah atau ketika jalan-jalan. PokeStop biasanya adalah are publik dan tempat-tempat populer.

Jika salah satu PokeStop yang kalian lihat ada di tempat-tempat tertentu, seperti halaman rumah orang, kantor polisi, kantor PLN, atau bangunan yang diperlukan izin khusus untuk bisa masuk, sebaikny aminta izin terlebih dahulu sebelum berburu. Karena sudah ada beberapa kejadian yang tidak mengenakkan karena bermain game Pokemon Go di daerah ‘terlarang’.

Siapkan Powerbank

Dengan kebutuhan data yang tinggi, jelas game Pokemon Go akan menguras baterai ponsel. Jadi pastikan sebelum berburu Pokemon, kalian siapkan powerbank atau baterai cadangan. Jangan sampai ketika kalian sedang berada di PokeStop atau bertemu Pokemon, ponsel kalian tidak bisa digunakan.

Jika ponsel kalian kebetulan sudah mendukung fitur quick charging, bawalah powerbank dengan kemampuan tersebut (baca juga: Review ASUS ZenPower Pro).

Beri nama Pokemon

Beri nama satu Pokemon andalan kalian. Selain untuk personalisasi, dengan diberi nama yang mudah diingat, kalian bisa menghindar dari resko salah barter atau transfer Pokemon ke orang lain.

Kenali Poke-Shapes

Jika kalian melihat peta, perhatikan di sebelah kanan bawah. Jika ada Pokemon di dekat kalian, maka akan ada gambar kecil berbentuk Pokemon. Nah jika jenis Pokemon yang ada di dekat kalian tersebut belum pernah dimiliki, maka hanya akan terlihat bayangan berwarna-abu-abu saja.

poke-shapes

Dengan mengenali bayangan-bayangan tersebut, kita akan tahu bahwa Pokemon di sekitar kita tersebut adalah Pokemon yang berharga atau tidak. Jadi jika kita melihat di pojok kanan bawah ada bayangan Pokemon yang berharga, kita bisa mencarinya atau memancingnya dengan Incense.

Transfer

Seringkali kita menangkap Pokemon dengan jenis yang sama. Jangan khawatir, Pokemon-Pokemon tersebut tetap berguna. Kalian bisa transfer Pokemon ganda yang kalian miliki tersebut ke Professor Willow, dan nanti kalian akan mendapatkan imbalan berupa permen yang bisa digunakan untuk membantu Pokemon berevolusi.

Tapi, sebelum kalian melakukan transfer, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu Pokemn yang sejenis tersebut. Lihat CP, serangan yang dimliki dll.

Nah itulah hal-hal yang perlu kalian ketahui sebelum bermain game Pokemon Go. Apakah ada diantara kalian yang ingin berbagi tips?