Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

7 Tips Sederhana Membali Smartphone Bekas yang Bagus

Indri Penulis

Smartphone memang menjadi benda paling penting dalam kehidupan manusia. Sebab dengan benda tersebut, manusia bisa melakukan hal apapun dengan mudah dan cepat.

Segala sesuatu yang masih baru memang terlihat menarik, termasuk smartphone. Namun selama ini tidak sedikit orang yang justru lebih suka smartphone bekas.

popculture.id

Alasan utama orang lebih menyukai smartphone bekas adalah karena harga lebih murah, jika dibanding dengan smartphone baru.

Namun saat membeli smartphone bekas, hal ini sama saja dengan kalian membeli kucing dalam karung. Dalam arti lain, kalian tidak tahu pasti kondisi smartphone tersebut.

Supaya tidak menyesal karena salah membeli, berikut ini tips membeli smartphone bekas yang masih baik:

Sumber Gambar : Prelo

Carilah Barang yang Masih Bergaransi

Tips pertama dalam membeli smartphone bekas adalah dengan mencari barang yang masih bergaransi. Utamakan barang dengan garansi yang masih lama atau baru digunakan beberapa bulan.

Namun jika smartphone incaran kalian sulit ditemukan dalam kondisi masih bergaransi, maka kalian bisa mencari smartphone dengan masa garansi baru habis.

Harga Wajar

Mayoritas orang tentu menyukai smartphone berharga murah. Dan untuk smartphone bekas, tentu akan ada harga yang menjadi tolak ukur.

Namun jika harga tersebut jauh dari harga patokan, maka kalian patut waspada. Bisa saja smartphone tersebut palsu atau sudah rusak parah.

Periksa Kondisi Fisik

Tampilan ada hal pertama yang harus diperiksa dari smartphone bekas. Walaupun smartphone terlihat mulus dan sesuai deskripsi, namun belum tentu bagian dalam smartphone masih bagus.

Periksa Kelengkapan dan Semua Fungsi

Kalian bisa memeriksa kelengkapan smartphone, apakah sudah sesuai dengan keterangan dari penjual atau belum.

Periksa IMEI di smartphone dan box, kemudian sesuaikan nomor tersebut. Selain itu, periksa pula kelengkapan aksesoris original smartphone tersebut.

Kalian dapat memeriksa tombol Home, tombol Power, dan tombol Volume. Pastikan tombol-tombol tersebut masih berjalan dengan baik. Sebab komponen tersebut biasanya cepat rusak.

Selain itu, pastikan pula keaslian earphone. Walaupun belum tentu kalian gunakan, namun pastikan kondisi earphone asli.

Periksa adapter charger dan kabel USB, apakah masih berfungsi atau tidak. Periksa pula jack audio dan pastikan tidak tersendat-sendat.

[irp posts=”64671″ name=”Tips Membeli Laptop Bekas Supaya Tidak Salah Pilih”]

Menjadi ‘Smart Buyer’

Dalam membeli smartphone bekas, kalian akan dihadapkan dengan banyak penjual yang menawarkan beragam kondisi smartphone.

Tidak jarang ada penjual yang menulis deskripsi produk dengan sangat jelas. Jangan ragu untuk membaca seluruh deskripsi yang diuraikan penjual.

Apabila setelah membaca deskripsi tersebut masih ada yang kurang jelas, maka kalian dapat bertanya langsung pada penjual.

Beli Barang ‘Old Stock’

Old stock merupakan barang dari stok lama. Selama ini tidak sedikit penjual yang menawarkan barang stok lama.

Biasanya barang tersebut tidak bergaransi, serta untuk model smartphone flagship tipe lama yang dulu berharga mahal.

Karena tidak bergaransi, maka kami sarankan kalian bertransaksi menggunakan sistem COD. Hal ini agar kalian bisa memeriksa kondisi dan memastikan fungsi smartphone masih normal.

Harga barang dari stok lama tentunya menjadi lebih murah dibanding yang baru. Namun tidak jarang, smartphone stok lama mempunyai harga yang sama dengan versi setengah pakai.

Membeli Barang BNOB

BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box atau barang baru, namun sudah buka segel kotak kardus.

Kalian dapat mencari barang BNOB melalui iklan baris online, maupun di toko online dengan memasukkan kata kunci ‘smartphone BNOB.’

Barang BNOB tentu lebih murah dibanding yang masih baru. Namun smartphone BNOB biasanya sedikit lebih mahal jika dibanding versi setengah pakai.

Pastikan smartphone BNOB tersebut mempunyai garansi resmi. Dan carilah smartphone BNOB dari penjual yang terpercaya.

    %d blogger menyukai ini: