5 Tips Sederhana Menjaga Mouse Tetap Awet

Keuntungan_Mouse_Wireless

Berbicara mengenai perangkat keras, mouse adalah salah satu perangkat penting yang harus ada untuk menjalankan komputer.

Dengan adanya mouse kamu akan lebih mudah untuk mengarahkan kursor, sekaligus mempercepat pekerjaanmu.

Menggunakan mouse ternyata jauh lebih baik ketimbang harus menggunakan track pad. Namun sayangnya banyak sekali orang yang ceroboh saat menggunakan mouse.

Mereka tak pernah memikirkan jika mouse juga bisa rusak ketika tidak digunakan dengan baik. Harusnya sebagai pengguna komputer kalian wajib  merawatnya sebaik mungkin.

Selain itu, mouse juga dapat rusak karena penggunaanya yang begitu berat. Dan untuk mencegh hal tersebut, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar mouse-mu tetap awet dan lebih tahan lama!

Jauhkan mouse dari benda-benda cair

Sumber Gambar : Kalengdrum Teknologi

Seringkali kamu meletakkan minuman seperti segelas air, jus maupun kopi untuk menemanimu saat bekerja atau bermain game.

Dan tanpa kamu sadari, hal itu sebenarnya sangat rawan untuk tumpah dan membasahi mouse-mu.

Jika mouse sudah terkena air, maka kemungkinan rusaknya sangat besar sekali, maka dari itu sebaiknya hindari untuk meletakkan minuman semeja dengan komputer kerjamu.

Jangan menekan mouse terlalu kasar

Sumber Gambar : Kalengdrum Teknologi

Menekan mouse terlalu keras atau kasar mungkin adalah kebiasan yang sering dilakukan kebanyakan orang yang menggunakan mouse.

Saat bekerja atau bermain game, pasti sesekali seseorang menekan mouse terlalu keras karena saking semangatnya.

Dan hal inilah yang sebenarnya seringkali tidak disadari oleh pengguna mouse, dengan menekan mouse terlalu keras maka akan membuat tombol mouse rusak dan tombol menjadi tertelan ke dalam.

Jika kalian sering menekan tombol mouse terlalu keras, lebih baik mulai dari sekarang kurangi hal tersebut agar mouse-mu tidak mudah rusak dan akan lebih tahan lama.

Sering gunakan mouse pad saat pemakaian

Sumber Gambar : hargapromo.id

Jika kamu salah satu orang yang malas untuk menggunakan mouse pad, alangkah lebih baiknya rasa malas itu dihilangkan dari sekarang.

Penggunaan mouse pad sebenarnya sangat dianjurkan, agar mouse tetap bersih dan sensor mouse menjadi lebih lancar dengan adanya alas yang rata.

Jadi mulai sekarang, mau tak mau kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan mouse pad. Selain bisa membuat mouse lebih awet, penggunan mouse pad ini juga akan mempercepat waktu kerjamu.

Jangan sering melepas-pasang USB

Sumber Gambar : UP Station

Hindari juga kegiatan untuk sering melepas pasang USB mouse ya guys! Karena seringnya pencopotan akan melukai bagian kabel.

Biasanya rusaknya kabel mouse ini terjadi pada bagaia port-nya. Jika kabel sudah rusak atau eror maka akan membuatnya susah untuk dipasang pada komputer yang lain.

Jika kalian tidak begitu benar-benar membutuhkan mouse, sebaiknya pasang mouse saat keadaan penting saja, agar kinerja mouse-mu tetap dapat terjaga dengan baik.

Menggulung kabel mouse dengan baik

Sumber Gambar : IDN Times

Hal yang paling merepotkan dari kerusakan mouse adalah, jika bagian kabelnya rusak. Hal semacam inilah yang membuat mouse terkadang berfungsi dengan baik atau bahkan sebaliknya.

Kondisi seperti itu biasanya disebabkan karena kabel bagian dalamnya terputus. Dan terputusnya kabel tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Seringkali kabel bagian dalam mouse terputus karena salah melipat kabel tersebut. Jadi untuk menghindari hal semacam itu, lebih baik kamu perhatikan dengan benar cara melipat kabel mouse agar tidak mudah putus.

Namun sayangnya permasalah itu tidak lagi terjadi di era modern seperti sekarang ini. karena sekarang sudah banyak sekali mouse yang dapat berfungsi tanpa menggunakan kabel.

Jadi jangan khawatir lagi, untuk menghindari masalah kabel terputus lebih baik gunakan saja mouse yang wireless supaya lebih  aman.

Ada komentar?