Parno Smartphonemu Dicuri? 5 Tips Dibawah ini Akan Menenangkan Hatimu

Memliki smartphone dengan harga selangit, tentu memberikan sensasi sendiri dihati penggunanya.

Banyak orang sangat menyayangkan smartphone dengan harga selangitnya, apalagi jika membelinya dengan penuh kerja keras sendiri, tentu semua akan terasa berarti.

Namun gimana perasaanmu jika smartphone yang sudah kamu beli dengan harga selangit dan penuh kerja keras itu hilang secara tiba-tiba?

Kaget? Biasa aja? Atau malah senang akan membeli yang baru lagi? Tentu yang kita rasakan saat smartphone mahal kita hilang adalah sedih, kaget, entahlah campur aduk mungkin.

Mungkin hal semacam pencurian ini bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat, memang sudah banyak kasus pencurian semacam itu.

Namun pencurian seperti itu terjadi, sebenarnya karena kelengahan yang kamu ciptakan sendiri. Mungkin kamu kurang berhati-hati dan terlalu ceroboh.

Agar masalah seperti itu tidak terjadi atau tidak terulang untuk kesekian kalinya, kamu perlu memperhatikan beberapa tips dibawah ini untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak  terjadi.

Nah, ini dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan!

Jangan menunjukkan gadgetmu

Sumber Gambar : cactus24.com.ve

Tips yang pertama ini merupakan tips penting namun seringkali orang-orang menyepelekannya. Kamu tak perlu begitu memamerkan gadgetmu agar terlihat begitu wow atau sebagainya.

Justru gadget yang terlalu menonjol akan menjadi incaran empuk para pencuri. Hal yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah ketika menggunakan gadget di tempat umum, hal itu jutru yang menjadi momen-momen kelengahan yang  sangat fatal.

Jadi untuk mencegah hal buruk terjadi, sebaiknya kamu tidak begitu menonjolkan smartphone berhargamu di tempat umum seperti itu.

Menggunakan alat-alat pelindung

Sumber Gambar : Elevenia

Berbagai alat pelindung yang sudah serba canggih di zaman sekarang akan membantumu untuk meminimalisir tinggat kecurian.

Kamu bisa menggunakan tali besi untuk  melindungi smartphone berhargamu. Sekarang sudah banyak laptop yang disertai dengan pengait kunci.

Pengait kunci ini bisa kamu gunakan untuk mengikat laptop maupun smartphone dan dikaitkan ke sebuah benda yang kokoh.

Atau untuk lebih aman lagi, kamu juga bisa meletakkan kamera pengawas di sekitar rumahmu.

Aktifkan pencari gadget

Sumber Gambar : Okezone Techno

Sekarang banyak gadget yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, salah satunya fitur untuk melacak keberadaan gadget ini.

Mungkin bagi sebagian orang fitur seperti ini cukup mengganggu dan akan menghabiskan batraimu lebih cepat.

Namun dengan memasang fitur pelacak gadget seperti ini, paling tidak jika sewaktu-waktu  smartphone-mu hilang kamu lagsung bisa bertindak dengan cepat dan mengetahui keberadan dari smartphonemu .

Jika smartphone berharga memang benar-benar tidak ketemu, paling tidak kamu bisa memanfaatkan fitur ini untukmenghapus seluruh data yang ada di  smartphone.

Lindungi lock-screen-mu

Sumber Gambar : Tribun Jogja – Tribunnews.com

Melindungi smartphone dengan lock-screen, fingerprint maupun dengan pengenal wajah adalah cara yang cukup kuat untuk melindungi datamu dari tangan-tangan nakal.

Memang lebih baik beri pelindung terhadap smartphone maupun laptopmu agar data-data pribadimu tidak mudah bocor, karena bagaimanapun data pribadi memang sangatlah penting.

Mem-back-up data

Sumber Gambar : shutterstock.com

Jika memang smartphone maupun laptop berhargamu benar-benar dicuri, mungkin yang paling kamu sayangkan bukanlah fisiknya, melainkan data yang ada di dalamnya.

Untuk masalah fisik, mungkin kamu bisa menggantinya dengan yang baru, namun untuk masalah data yang hilang belum tentu bisa diganti dengan yang baru.

Maka dari itu mem-back-up data adalah hal yang sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah jika smartphone maupun laptopmu benar-benar hilang.

paling tidak jika smartphone-mu yang hilang, kamu bisa mem-back-up data ke dalam laptop, dan jika laptopmu yang hilang kamu bisa mem-back-up data ke dalam flashdisk.

Usahakan copy data-datamu di tempat-tempat yang aman, dan tidak di satu tempat saja. Agar jika salah satu yang hilang , maka datamu masih aman dan dapat terselamatkan.

%d blogger menyukai ini: