Tips Uninstall Bloatware Android Sekaligus

GENCIL_COURTERSY_PILKADA-2

Dalam setiap smartphone Android, tentu akan ada berbagai software bawaan (bloatware). Aplikasi tersebut memang sengaja dimasukkan oleh pembuat smartphone. Salah satu aplikasi bawaan yang ada dalam smartphone adalah Line, Hangouts, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai aplikasi bawaan dalam smartphone Android, hal tersebut bisa menyebabkan memori penyimpanan dalam smartphone semakin berkurang.

Inilah yang kerap dikeluhkan oleh pemilik smartphone Android. Ada pula beberapa alasan lain, yang menyebabkan pemilik smartphone Android menghapus aplikasi bawaan.

Setidaknya dari hasil survey ITR, menunjukkan bahwa sekitar 50,6% peserta survey menghapus aplikasi di smartphone karena terlalu banyak memakan memori.

Sementara itu, 41,3% pengguna smartphone akan menghapus aplikasi yang digunakan bila terdapat iklan menganggu.

Jangankan aplikasi, browsing bila terlalu banyak iklan juga sangat mengganggu bukan?

Selain itu bagi pengguna smartphone Android, pasti pernah menemukan error ‘Application Not Responding’ atau bahkan ‘Force Close.’ Oleh sebab itu, pengguna smartphone Android biasanya lebih memilih menghapus aplikasi bawaan.

Walaupun jarang ditemukan, namun ada pula beberapa pengguna smartphone Android yang tidak suka desain aplikasi bawaan. Hal ini sebabkan karena aplikasi bawaan Android biasanya mempunyai desain yang kurang menarik.

Pengguna smartphone Android, kadang berpikir bahwa aplikasi bawaan hanya akan membuang waktu dan tidak bermanfaat.

Hasil survey ITR yang kami sampaikan sebelumnya, sangat bermanfaat terhadap developer dalam mengembangkan aplikasi.

Sebab dengan melihat survey tersebut, maka developer hendaknya terpacu untuk mengembangkan aplikasi menjadi lebih baik. Hal ini agar pengguna smartphone Android tidak lagi berpikir untuk menghapus aplikasi tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemilik smartphone Andriod harus menghapus aplikasi bawaan dalam sistem yang tidak digunakan.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara menghapus aplikasi bawaan secara sekaligus dalam smartphone Android.

Berikut beberapa langkah untuk menghapus aplikasi bawaan Android secara sekaligus:

Sumber Gambar : Selular

Sebelum menghapus banyak aplikasi bawaan Android sekaligus, pastikan kalian sudah root Android terlebih dahulu.

Apabila smartphone Android sudah dalam keadaan root, maka kini kalian bisa melakukan langkah-langkah berikut ini.

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi System App Remover. Selanjutnya install aplikasi tersebut ke dalam smartphone Android kalian.

Download

Apabila aplikasi sudah terpasang dalam smartphone, ketika SuperSU meminta akses root, maka klik menu ‘Grant.

Pilihlah beberapa aplikasi bawaan Android yang ingin kalian hapus. Untuk hal tersebut, kalian bisa checklist berbagai aplikasi bawaan yang ingin dihapus.

Jika kalian sudah selesai memilih aplikasi bawaan Android yang ingin dihapus, selanjutnya klik tombol ‘Uninstall.’

Setelah klik tombol tersebut, maka akan muncul sebuah pop-up baru. Lanjutkan dengan klik tombol ‘Yes.’ Tunggu sampai proses selesai.

Proses sudah selesai, kini kalian sudah berhasil mengurangi aplikasi bawaan dalam smartphone Android. Dengan begitu, memori smartphone tidak akan cepat penuh seperti sebelumnya.

Menghapus aplikasi bawaan smartphone Android memang dibutuhkan untuk beberapa alasan. Namun sebaiknya sebelum melakukan hal tersebut, pertimbangkan terlebih dahulu. Apakah aplikasi tersebut benar-benar tidak penting atau sebaliknya.

BACA JUGA
4 Rekomendasi Aplikasi Android untuk Memperkuat Sinyal WiFi

Jangan sampai kalian asal dalam uninstall aplikasi bawaan smartphone. Terkadang aplikasi bawaan disematkan ke dalam smartphone, yaitu untuk menyempurnakan sistem dalam smartphone itu sendiri.

Selain itu ada beberapa kasus, dimana setelah pengguna smartphone Android menghapus aplikasi bawaan, smartphone justru mengalami error. Tentunya kalian tidak mau bukan, jika smartphone Android mengalami error?

Ada komentar?