5 Tips Gadget Untuk Para Digital Nomad

Gaya hidup digital sudah mulai jamak ditemukan di Indonesia. Istilah digital nomad biasa digunakan untuk menyebut mereka. Bekerja di cafe, berpindah tempat bahkan sambil travelling adalah kebiasaan mereka. Jika kalian termasuk salah satu dari mereka atau memiliki pekerjaan dengan aktivitas yang lebih banyak dilakukan di luar ruangan, berikut tips-nya.

Gunakan notebook yang tipis

Jika kalian tidak bisa lepas dari notebook untuk bekerja, menggunakan notebook yang tipis bisa mengurangi beban bawaan. Model seperti MacBook Air, ASUS Zenbook atau Lenovo ThinkPad Carbon X1 merupakan pilihan tepat. Selain ukurannya yang pas, ketiga laptop tersebut cukup powerfull.

Bawa baterai tambahan

Saat berada di luar ruangan, kalian jauh dari colokan listrik, sehingga membawa baterai ponsel tambahan merupakan hal yang bijak agar gadget bisa hidup terus. Baterai tambahan ini digunakan untuk berjaga-jaga jika powerbank yang kalian bawa juga sudah kehabisan daya.

Membawa smartphone tambahan

Selain baterai, membawa smartphone tambahan adalah alternatif lainnya. Paling tidak jika smartphone utama mati, smartphone tambahan masih bisa digunakan untuk melakukan panggilan darurat atau membalas email.

Gunakan smartphone sebagai Personal Hotspot

Tidak semua tempat yang kalian kunjungi memiliki fasilitas wifi, pastikan smartphone kalian memiliki fasilitas “personal hotspot”. Jika tidak suka dengan menggunakan fitur ini, bawalah modem portable untuk solusi ini.

Simpan data di Cloud

Untuk meminimalisir kehilangan data saat perjalanan, pastikan simpan file-file pekerjaan kalian dengan sistem cloud, sehingga kalian bisa membuka dan mengerjakannya dimana saja dan kapan saja. OneDrive, Google Drive dan Dropbox adalah beberapa penyedia layanan cloud yang bisa digunakan.

Itulah beberapa tips untuk kalian para digital nomad. Apakah kalian memiliki tips atau pengalaman menarik seputar gaya hidup digital ini? jangan ragu untuk membaginya kepada kami melalui kotak komentar.

%d blogger menyukai ini: