Tips Video IGTV dan Instagram Story dari Para Profesional

instagram stories iphone

Video vertikal menjadi populer sejak Snapchat dan Instagram meluncurkan format Story sebagai konten media sosial. Kemudian Instagram pun berusaha menjadikannya standar baru dengan aplikasi IGTV. Agar pengguna bisa membuat konten yang lebih menarik sesuai dengan format ini, Instagram membagi beberapa tips video IGTV dan Instagram Story dari para profesional.

Para profesional di sini adalah mereka yang bergerak di bidang kreatif — seperti pembuat film dan animasi — dan juga sukses di Instagram. Tentu saja hal ini menarik. Karena mereka paham betul bagaimana mengolah gambar di layar.

Berbeda dengan format video biasa yang menyajikan gambar lanskap dan lebih bersifat panorama, video vertikal memiliki keterbatasan. Gerak atau aksi manusia yang biasanya ke samping tidak bisa secara optimal ditampilkan di sini. Oleh karena itu, kita perlu merubah cara berpikir dalam membuat video vertikal di IGTV dan Instagram Story.

BACA JUGA
Instagram Saingi YouTube Dengan Aplikasi IGTV

Pandu Pandangan Mata Penonton

Karena sudah terbiasa, di format video biasa (lanskap), penonton sudah bisa menduga arah gerak obyek dan kamera. Ke samping. Tapi keterbatasan video vertikal IGTV dan Instagram Story menghilangkan sisi “psikologi” itu.

Oleh karena itu, ada baiknya ada gerakan yang akan memandu fokus perhatian penonton.Kamu bisa memanfaatkan gerak naik-turun atas-bawah untuk mengoptimalkan layar vertikal. Tips video IGTV ini berasal dari Kris Merc, seorang ilustrator dan animator.

Selain itu, kamu bisa mengarahkan pemikiran pentonton. Misalnya gerakan menengok ke samping (melihat sesuatu yang belum terlihat karena tidak masuk layar), lalu menggeser kamera ke obyek yang dilihat tersebut. Gerakan itu akan memandu penonton untuk menduga ada sesuatu yang akan muncul.

Pisahkan Layar

Salah satu konsep lain yang bisa kamu pakai adalah memisahkan layar jadi dua bagian. Tentu saja kamu juga bisa melakukannya di format video biasa. Tapi di video vertikal, konsep ini bisa menghasilkan sesuatu yang unik. Tips ini berasal dari Ron Broadie, seorang fotografer dan filmmaker.

Kamu bisa memisahkan layar secara “fisik”. Sehingga ada dua adegan berbeda untuk membuat kontras. Tentu saja kamu perlu aplikasi video editor, kemampuan, dan latihan untuk melakukan ini.

Tapi, sekali lagi, kamu bisa memisahkan layar secara virtual atau dari sisi psikologi. Misalnya orang melihat trik sulap di meja. Di bagian bawah ada trik sulap, di bagian atas ada orang yang melihatnya (beserta reaksi wajahnya). Bisa juga kamu memisahkan adegan: Cowok melihat ke kiri – cut – cewek melihat ke kanan.

BACA JUGA
3 Kelemahan Fitur Instagram TV (IGTV)

Gunakan Tulisan dan Gambar Grafis

Konsep ini sangat pas untuk dipakai di video vertikal IGTV dan Instagram Story. Konsep ini juga sesuai dengan tips sebelumnya di atas. Di sini kamu bisa mengisi salah satu bidang dengan tulisan atau gambar grafis untuk menambah daya tarik. Tips ini datang dari Anna Davis dan Daniel Rueda, fotografer dan desainer.

Misalnya ada orang makan bakso — di atas ada orangnya, di bawah tampak meja. Di bagian meja, kamu bisa menambah tulisan atau ilustrasi lain untuk melengkapi atau mengomentari aksi orang yang makan bakso itu.

Tentu saja, kamu juga bisa bermain-main dengan tulisan yang sudah ada di lingkungan. Misalnya ada peringatan “Dilarang buang sampah di sini”. Di bawahnya kamu bisa membuat adegan pasangan yang bertengkar, lalu yang satu meninggalkan yang lain di situ.

Gunakan Animasi

Tips satu ini tentu saja menuntut keahlian tersendiri. Tapi dengan menggunakan animasi, kamu bisa mengontrol konsep dengan lebih menyeluruh. Sekaligus memanfaatkan tips-tips video IGTV di atas. Tips ini berasal dari Monica Kim, seorang ilustratot dan animator.

Selain itu, animasi selalu menarik perhatian. Bahkan untuk sesuatu yang sederhana sekalipun. Asal kamu telaten membuatnya. Tidak perlu gerakan rumit, yang penting halus.

Ada komentar?