Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Akun Bisnis Instagram Kini Punya Fitur Tombol Chat ke Nomor Whatsapp

Indri Penulis

Instagram luncurkan fitur tombol chat ke nomor WhatsApp khusus buat akun bisnis. Kini calon pembeli bisa langsung chat WhatsApp.

Sudah bukan rahasia lagi kalau Instagram tak sekedar media sosial biasa. Kalau dulu media sosial ini cuma dipakai untuk berbagi foto dan video, maka sekarang Instagram bisa dibilang sebagai ‘lapak jualan sejuta umat.’

Gimana tidak, berbagai jenis usaha (mulai dari pakaian, sepatu, perlengkapan masak, kosmetik, dll) menyasar Instagram untuk mempromosikan bisnisnya.

Ditambah lagi, Instagram juga punya menyediakan akun bisnis. Lewat akun ini, para pelaku bisnis bisa bikin akun khusus untuk jualan. Fitur-fitur yang ada di dalamnya juga dibikin layaknya toko online, dan tentunya memudahkan orang yang ingin membeli produk.

Bicara soal akun bisnis Instagram, ada kabar bagus buatmu pengguna akun bisnis. Baru-baru ini dalam pengumuman terbarunya, Instagram mengumumkan kalau semua pelaku bisnis bisa menghubungkan akun Instagram mereka dengan WhatsApp Bisnis.

Sumber : Instagram Business

Seperti yang kamu lihat dalam gambar di atas, kamu bisa menghubungkan akun bisnis WhatsApp-mu. Kamu juga bisa menambahkan tab koneksi WhatsApp ke profil bisnis Instagram-mu. Dengan fitur ini, calon pembeli bisa berkomunikasi langsung denganmu via WhatsApp.

Lalu bagaimana cara pakai fitur baru ini? Gampang. Di bawah pengaturan profil, kamu bisa tambahkan nomor bisnis WhatsApp ke “Contact Options” di akun bisnis Instagram-mu.

Nggak cuma itu, Instagram baru-baru ini juga telah meluncurkan fitur tombol chat WhatsApp ke dalam halaman tampilan iklan.

Sumber : Instagram Business

Seperti yang kamu lihat dalam gambar di atas, dalam tampilan iklan kamu bakal melihat tombol untuk mengirim pesan ke WhatsApp.

Untuk memakai fitur ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah ini:

  • Pilih salah satu postingan di akun bisnismu.
  • Pilih postingan yang paling menarik dan cocok untuk diiklankan.
  • Selanjutnya klik tombol boost berwarna biru.
  • Setelah itu klik opsi “Chat > WhatsApp.”
  • Tetapkan sasaran, pemirsa, budget dan durasi untuk iklanmu tadi.
  • Cek dulu pilihanmu tadi.
  • Kalau sudah, klik tombol “Create Your Ads.”
  • Tunggu iklan disetujui. Iklan akan tayang dalam waktu 24 jam.
Baca Juga:  Instagram Mulai Uji Coba Bikin Semua Postingan Video Jadi Reels

Jujur menurut saya, ini adalah fitur yang sangat cantik. Sebagian orang mungkin ada yang merasa lebih nyaman kalau tanya-tanya soal produk via aplikasi chat, ya salah satunya WhatsApp. Apalagi WhatsApp adalah aplikasi chat yang paling banyak dipakai orang.

Saya pribadi dari pada chat dengan penjual lewat DM Instagram, jelas bakal lebih suka kalau chat dilakukan lewat WhatsApp. Kamu juga setuju nggak?

Sumber : Social Media Today

Di sisi lain, Facebook sepertinya belum puas dengan terobosan kali ini. Dalam pengumumannya mereka juga bilang sedang mengerjakan fitur chat yang lebih canggih. Nantinya fitur ini dapat menghubungkan calon pembeli ke aplikasi chat yang sering mereka pakai.