Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

YouTube Hadirkan Tombol “Create” untuk Buat Video Pendek Mirip TikTok

Indri Penulis

YouTube hadirkan fitur tombol untuk buat video pendek mirip TikTok. Namun untuk sementara ini, tombol tersebut baru tersedia di India.

Semakin bertambahnya tahun, dominasi TikTok sebagai platform media sosial berbasis video makin meningkat. Dari yang dulunya kreator TikTok dicap ‘alay,’ sekarang justru banyak selebritis hingga tokoh publik memakai TikTok.

popculture.id

Tren video pendek ala TikTok pun makin diminati banyak orang. Sepertinya, hal ini telah disadari oleh YouTube. Raksasa platform video itu kini hadirkan fitur pembuat video pendek yang mirip seperti TikTok. Seperti apa bentuk dan fungsinya?

Cara Kerja Tombol Video Pendek YouTube

YouTube menamakan tombol ini dengan sebutan “Create.” Tombol ini muncul di bawah video musik tertentu. Dengan menekan tombol “Create,” kamu bisa membuat video YouTube Shorts berdurasi 15 detik langsung dari YouTube.

Sumber Gambar : Android Police

Shorts sendiri adalah fitur yang beberapa bulan lalu diluncurkan YouTube dalam versi beta. Fitur ini punya cara kerja mirip TikTok. Berbeda dengan tombol Create yang tempatnya di bawah musik video, tombol Shorts ada di beranda aplikasi.

Kembali ke tombol Create, setelah kamu mengetuk tombolnya, YouTube akan membuka kamera ponsel kamu. Setelah itu kamu bisa merekam video dengan musik, atau kamu juga bisa mengimpor video dari galeri.

Kemudian setelah perekaman selesai, kamu bisa mengedit beberapa bagian video. Misalnya menyesuaikan bagian musik mana yang ingin dipakai untuk video.

Oya, kamu juga bisa mengubah lagu, dan memilih salah satu lagu dari katalog yang disediakan YouTube. Seperti di TikTok, kamu juga bisa menambahkan teks ke dalam video.

Jika proses pengeditan sudah selesai, video bisa langsung diunggah ke YouTube. Di sisi lain kamu juga bisa menyimpan video lebih dulu dan mengunggahnya nanti.

Saat ini, tombol Create tampaknya baru tersedia untuk kamu YouTube di India. Selain itu, tombol ini tidak muncul di bawah semua video musik. Kemungkinan ini terjadi karena pembatasan lisensi.

    %d blogger menyukai ini: