Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Mudah Transfer Film dari Mac ke Windows Phone

Anom Penulis

Setelah kami membahas bagaimana menyiapkan file film/video supaya bisa ditonton dengan baik di ponsel Windows Phone, sekarang kami akan membahas bagaimana melakukan transfer film dari Mac ke Windows Phone.

Lho, bukannya dulu sudah pernah ditulis ya di transfer musik dan aplikasi Windows Phone App Desktop? Memangnya sync musik dan film beda? Hm, pada dasarnya memang sama. Tapi ada beberapa hal yang mau kami tambahkan.

Sekedar mengingatkan, di artikel kami sebelumnya kami menggunakan software video converter untuk menyiapkan file film dan menambahkan subtitle. Karena kami menggunakan Any Video Converter, maka file film berada di folder Any Video Converter/Other Device/ (Di mana letak folder Any Video Converter tergantung kita mengaturnya. Punya saya ada di dalam folder Movies).

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan:

  1. Siapkan tempat lowong di ponsel. File film biasanya berukuran besar. Untuk ponsel yang mendukung SD card, ada baiknya mengatur penyimpanan media di SD card.
  2. Hampir semua media (musik dan video) yang disinkronisasi Windows Phone App Desktop di Mac adalah dengan iTunes Library. Begitulah, saya menggunakan iTunes.
  3. Windows Phone App Desktop hanya membaca video dengan jenis Movies dan TV Show.

Oke, mari kita siapkan film kita dan mentransfernya ke ponsel Windows Phone kita.

  1. Buka iTunes, dan pilih Movies library
  2. Pilih Add to Library, dan tambahkan film yang mau kita tonton dari folder video kita (kalau mengikuti artikel kami sebelumnya maka folder itu adalah Any Video Converter/Other Device/)
  3. Sekarang film sudah masuk di Library iTunes. Film itu akan berada di tab Home Videos, atau bisa juga dilihat di tab Unwatched. Di film itu akan ada label New. Pilih film itu, dan buka context menu, pilih Get Info.
  4. Di popup menu, pilih Options. Ganti Media Kind dari Home Video ke Movie (kalau yang mau kamu tonton itu film seri TV ya ganti dengan TV Show). Klik OK. Baru saja kita merubah jenis film ini dari Home Video ke Movie. Dengan begitu, film bisa dilihat di tab Movie, bukan di tab Home Video.
  5. Buka Windows Phone App Desktop dan hubungkan ponsel Windows Phone kita. Setelah proses auto sync selesai, pilih Movies & TV Shows di sidebar. Jangan lupa pilih (centang) radio button Sync movies and TV shows from iTunes library. Lalu pilih film-film yang ingin kita tonton di ponsel.
    • Proses ini sedikit berbeda dengan sync foto. Film yang kita pilih akan ada di ponsel kita, dan yang tidak dipilih tidak akan ada di ponsel kita. Kalau ada film yang ada di ponsel tidak kita pilih di sini (tidak dicentang), maka film tersebut akan dihapus dari ponsel.
  6. Kalau kita sudah memilih film, klik Sync. Film-film yang kita pilih akan di-copy ke ponsel kita.
  7. Kita sudah bisa menemukan film itu di Music+Video Hub di bagian Video. Tentunya, film itu sudah bisa kita tonton.
Baca Juga:  9 Film dan Serial Terbaru Netflix yang Tayang di Bulan Juni 2022

Mudah kan? Cara ini juga berfungsi kalau kamu menggunakan iTunes sebagai media player atau media manager di komputer berbasis Windows. Sekarang kamu bisa nonton film di mana saja dan kapan saja.

Catatan: Kalau kamu malas melakukan convert film dan hardcoded subtitle,  kamu bisa coba aplikasi MoliPlayer Pro.