Trik Posting Instagram via Browser PC

posting instagram via pc

Sejak dulu upload Instagram ditujukan untuk pengguna perangkat bergerak. Karena itu, posting Instagram via PC, terutama lewat website di browser, tidak bisa dilakukan. Tapi hal itu bisa kita akali.

Pengguna Windows 10 sudah bisa menggunakan aplikasi resmi Instagram. Pengguna Mac pun sudah memiliki aplikasi pihak ketiga yang keren. Kalau kamu belum bisa menggunakan aplikasi atau lebih memilih upload memakai browser, simak langkah-langkah di bawah ini.


BACA: Lebih Enak Pakai Aplikasi Instagram PC


Oya, sebelumnya akan lebih pas kalau ada penjelasan singkat soal trik ini. Instagram sudah memberikan fitur posting di website mobile-nya. Jadi kita bisa upload foto lewat website Instagram di browser handphone, bukan lewat aplikasi.

instaram mobile web

Ya, benar sekali. Trik ini menggunakan cara itu. Kita akan mengakali browser di PC sehingga Instagram menganggapnya sebagai browser perangkat bergerak.

Cara posting Instagram lewat browser PC

Di sini kami akan memberikan tutorial untuk tiga buah browser, yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Apple Safari. Kemudian, walau kami memberi contoh gambar dengan browser tersebut di Mac, saya yakin di Windows pun tidak jauh berbeda.

Harap perhatikan perbedaan Instagram di browser PC dan di browser handphone. Di website desktop Instagram tidak ada menu di bagian bawah. Sedangkan di website mobile Instagram ada menu di bagian bawah, dengan tombol kamera.

Untuk Google Chrome

Untuk bisa posting Instagram via Google Chrome, kita akan menggunakan ekstensi. Kamu bisa mengunduh ekstensi User-Agents Switcher for Chrome di Chrome Web Store.

ekstensi user-agent switcher for chrome

Silakan install di browser Google Chrome. Kalau sudah, kamu akan melihat ikon ekstensi tersebut di toolbar. Klik, dan pilih salah satu sistem operasi perangkat bergerak. Saya mencoba dengan iPad.

posting instagram via chrome

Silakan buka website Instagram, dan voila! website tersebut sudah menjadi Instagram versi mobile. Kamu bisa melihat menu di bagian bawah, beserta tombol fungsinya. Termasuk ikon kamera untuk upload Instagram.

Sekarang kamu sudah bisa posting Instagram lewat Google Chrome.


BACA: Flume, Aplikasi Instagram Terbaik untuk Mac


Untuk Mozilla Firefox

Kita juga akan menggunakan cara serupa agar bisa posting Instagram di Firefox. Silakan unduh add-on User Agent Switcher.

add-on user agent switcher firefox

Silakan install di browser Mozilla Firefox. Kalau sudah, kamu bisa mencari pilihan user agent di menu. Pilihan yang ada adalah iPhone 3.0.

posting instagram via firefox

Sama seperti di Chrome, saat kamu membuka website Instagram, website itu sudah berubah menjadi versi mobile. Lengkap dengan tombol kamera di menu bagian bawah.

Sekarang kamu sudah bisa posting Instagram dari Firefox.


BACA: Cara Melihat dan Download Instagram Stories di PC


Untuk Apple Safari

Cara posting Instagram dari Safari sedikit berbeda. Kita tidak menggunakan ekstensi atau add-on. Yang kita lakukan adalah menggunakan Developer Menu.

Untuk mengaktifkan Developer Menu, silakan buka Safari > Preferences. Saat menu pengaturan muncul, pilih tab Advanced. Lihat di bagian bawah, dan centang pilihan “Show develop menu in menu bar“.

setting user agent safari

Kalau sudah, kamu bisa lihat pilihan menu Develop di menu bar browser. Silakan buka Develop > User Agent > Safari iOS.

posting instagram via safari

Begitulah ketika kamu buka website Instagram, website itu sudah berubah ke versi Instagram mobile. Kamu bisa lihat menu di bagian bawah, lengkap dengan tombol kamera.

Sekarang kamu sudah bisa posting Instagram lewat Safari.


BACA: Cara Membuat Instagram Stories dengan Foto Lama dari Galeri


Posting Instagram lewat browser belum sempurna

Ya, sayangnya, tidak semua fitur Instagram tersedia di website tersebut. Kamu bisa melakukan cropping dan rotate. Tapi kamu tidak bisa menambahkan filter di fotomu.

Karena kamu menggunakan PC, tentu kamu tidak perlu kuatir. Kamu memiliki pilihan aplikasi edit foto yang cukup banyak. Apalagi kalau kamu punya Adobe Lightroom atau Adobe Photoshop.

Maksimalkan edit foto dengan aplikasi lain. Kalau sudah, upload foto di Instagram lewat browser, beri caption, dan kirim. Mudah kan? Sepele.

Trik ini mungkin lebih sesuai untuk kamu yang hobi memotret dengan kamera DSLR. Karena proses editing biasanya memang dilakukan di komputer. Dengan trik ini, posting Instagram bisa dijalankan tanpa berpindah perangkat.

Salam eksis!

Ada komentar?