10 Trik Sederhana Agar Pencarian di Google Tepat Sasaran

Google_web_search

Hampir semua orang di dunia mengetahui tentang Google. Google merupakan sebuah situs pencarian terbesar di dunia.

Dari dulu hingga saat ini, Google seakan tidak pernah lekang oleh waktu. Walaupun banyak mesin pencari lain, namun Google tetap menjadi favorit pengguna di seluruh dunia.

Google kerap digunakan untuk mencari berbagai informasi bagi pengguna. Selain didukung dengan berbagai teknologi canggih, rupanya Google masih mempunyai beragam fitur menarik lainnya.

Mesin pencari ini mempunyai tampilan yang sangat sederhana. Selain itu, hasil pencarian yang ditampilkan hampir selalu relevan. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari Google.

Walaupun terkenal selalu menyediakan informasi yang relevan, namun tidak jarang ketika seseorang mencari informasi di Google, maka mereka tidak akan menemukan hasil yang relevan.

Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Salah satu faktor utama adalah keyword yang dimasukkan ke dalam search engine.

Lalu bagaimana tips agar Google dapat menemukan informasi, sesuai dengan yang pengguna harapkan?

Berikut telah kami rangkum, beberapa cara sederhana agar pencarian di Google bisa tepat sasaran. Beberapa tips tersebut antara lain:

Sumber Gambar : Jagoan IT

Carilah Sinonim Kata

Kegiatan mencari informasi dari berbagai sumber, memang biasanya kerap dilakukan oleh pengguna Google. Agar memudahkan pengguna, Google dapat membantu untuk menambah simbol “~”.

Simbol tersebut dapat mengumpulkan berbagai informasi dari berbagai sumber. Dengan begitu, maka pengguna lebih mudah dalam mendapat hasil pencarian yang relevan.

Carilah Topik Tertentu

Apabila saat ini kalian ingin mencari sebuah topik tertentu, terlebih pada website yang sering dikunjungi, maka hal tersebut pasti sedikit merepotkan.

Namun untuk mengatasi hal tersebut, kalian dapat melakukan pencarian di Google, yaitu dengan menambahkan β€˜site:(nama situs)/topik bahasan’.

Mencari Dalam Kurun Waktu yang Spesifik

Mungkin bila kalian ingin mencari dalam waktu tertentu, maka kini Google menyediakan cara yang lebih mudah.

Ketik kata kunci yang ingin kalian cari. Selanjutnya klik β€˜Tools’ atau β€˜Alat’. Selanjutnya silakan pilih kurun waktu yang cocok untuk pencarian kalian.

Lupa Dengan Keyword yang Hilang

Mungkin bila kalian lupa dengan sebuah frasa atau quotes menarik, maka dapat mencoba tips berikut.

Gunakan pencarian dengan memasukkan kata awal dan akhir dari sebuah frasa. Selanjutnya tambahkan kata β€˜AROUND(+)’. Tanda (+) merupakan perkiraan jumlah kata yang hilang.

BACA JUGA
Fasilitas Terbaru dari Google untuk Menyehatkan Bumi Kita

Membandingkan Nutrisi Makanan

Fitur semacam ini sangat cocok, bagi kalian yang ingin mengetahui kandungan nutrisi dari dua buah makanan.

Untuk menggunakan fitur tersebut, tambahkan β€˜VS’ di tengah-tengah makanan pertama dan kedua yang ingin dibandingkan. Selanjutnya, akan muncul berbagai perbandingan kandungan nutrisi dari kedua makanan tersebut.

Hasil Pencarian Sesuai dengan Frasa yang Dicari

Bila ingin mendapatkan hasil pencarian yang sama persis, atau sesuai dengan kata yang dimasukkan, maka dapat dilakukan dengan cara ini.

Caranya yaitu dengan menambahkan tanda petik (β€œβ€), di depan dan di belakang sebuah kata kunci dalam pencarian kalian.

Menggunakan Simbol Asterisk

Mungkin kalian mencari sesuatu namun lupa dengan salah satu kalimat isinya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba cara berikut.

Simbol β€˜asterisk’ atau tanda bintang (*), ternyata bisa digunakan untuk mengganti kata atau frasa yang terlupa.

Sementara itu, dengan menambahkan simbol tersebut pada bagian dimana kalian lupa frasa, membuat Google akan mencari panduan kata yang relevan.

Mencari Situs Serupa

Untuk mencari situs yang serupa, maka gunakan kata β€˜related:’ sebelum keyword yang ingin dicari. Setelah itu, Google akan mengumpulkan situs web sejenis sebagai informasi tambahan.

Menggunakan Tanda Minus

Selama ini ada banyak nama yang sama untuk berbagai informasi berbeda. Agar bisa memperolah informasi sesuai dengan hal yang dicari, maka sisipkan tanda minus (-) di belakang frase atau kata yang cari.

Setelah menyisipkan tanda minus, lanjutkan dengan keyword yang kalian cari. Misal keyword tentang fashion, sport, dan lain sebagainya.

Menggunakan Kata Kunci β€˜OR’

β€˜OR’ digunakan untuk pengguna yang masih bingung, ketika melakukan pencarian karena belum yakin dengan informasi mana yang benar.

Sisipkan kata β€˜OR’ ditengah dua kata yang membuat kalian bingung, akan mana yang benar. Dengan begitu, Google akan menampilkan hasil yang relevan dan dapat menjawab pertanyaan kalian.

Ada komentar?