Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Tahukah kamu jika beberapa tahun belakangan, video game sering menjadi sasaran tuntutan hukum? Isu-isu yang melibatkan developer dan publisher, karakter, atau keseluruhan konten pada game sering terjadi di seluruh dunia yang bisa membuat kerugian besar.

[irp posts=”50038″ name=”Ini Dia Beberapa Cara Menghasilkan Uang Dari Game”]

popculture.id

Karena tidak semua game digunakan sebagai tempat hiburan, Seperti yang saya tahu beberapa bulan lalu pada sebuah game di Steam berjudul Fight of Gods yang membuat beberapa negara mempermasalahkannya karena dianggap melecehkan agama.

Mau tahu game lainnya yang pernah terkena tuntutan hukum? Baca terus, guys!

Grand Theft Auto: San Andreas

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Menjadi salah satu game legendaris yang pasti pernah dimainkan semua gamers ternyata tidak membuatnya “aman”, GTA San Andreas pun ternyata pernah diseret ke meja hijau karena kontroversinya.

Pasalnya, ada sebuah mod bernama ‘Hot Coffee’ dengan tujuan sebagai minigame dimana karakter utama, CJ, bisa melakukan hubungan seksual dengan kekasihnya jika menekan tombol tertentu.

Langsung saja Rockstar dan Take-Two Interactive digugat oleh pemerintahan kota Los Angeles, dan beberapa pemain menjadi marah besar karena konten eksplisit  tersebut. Tercatat, Rockstar dan Take-Two Interactive harus menerima kerugian sebesar 20 juta dolar akibat mod ‘Hot Coffee’.

Guitar Hero Encore: Rocks

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Ada sebuah band rock asal Amerika yang bernama The Romantic yang mengajukan tuntutan hukum terhadap Activision atas penggunaan lagu mereka yang berjudul “What I Like About you” di game Guitar Hero Encore: Rocks pada tahun 2007 lalu.

Meskipun The Romantic telah memberikan izin tertulis kepada Activision untuk menggunakan lagu tersebut sebagai cover, tapi mereka mengklaim bahwa lagu yang ada di game terdengar terlalu mirip dengan versi asli.

Yang menang siapa? Ya Activision lah, karena Activision memiliki perjanjian dengan lisensi asli yang didapat dari The Romantics. Bingung? Sama.

Mortal Kombat

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Tuntutan hukum juga pernah menghampiri game fighting yang penuh dengan scene sadis. Berawal dari peristiwa mengerikan yang terjadi pada tahun 1990-an dimana ada seorang anak laki-laki berusia 13 tahun bernama Noah Wilson meninggal dunia karena ditikam sahabatnya di dada dengan pisau dapur.

Ibunya Noah langsung mengambil langkah tegas untuk menuntut Midway Games selaku developer Mortal Kombat dan mengklaim bahwa sahabat Noah tersebut sangat terobsesi dengan karakter bernama Cyrax. Ngeri yaa..

Lineage II

Tidak Hanya Manusia, Game-Game Ini Pun Pernah Terkena Tuntutan hukum

Game yang sebentar lagi rilis untuk perangkat mobile ini pernah juga merasakan tuntutan hukum, tapi mungkin kasusnya sedikit aneh dan tidak masuk akal.

Pada tahun 2010 ada seorang pria asal Hawaii bernama Craig Smallwood yang mengajukan tuntutan hukum terhadap NCsoft karena telah membuat game multiplayer online bernama Lineage II yang dinilai terlalu adiktif.

Tapi bagusnya, NCsoft langsung bertanggung jawab karena telah gagal memberikan sebuah peringatan bahwa game MMO bisa sangat adiktif. Akhirnya tuntutan itu pun dicabut pada tahun 2011, lalu pengadilan menyuruh Smallwood untuk melakukan konseling psikologis. Hmm.

[irp posts=”49987″ name=”Lineage 2 Revolution Mobile Akan Hadir di Indonesia! Ikuti Pre-Registernya!”]

Demikianlah ulasan tentang beberapa game terkenal yang sempat mendapat tuntutan hukum. Semoga saja kemudia hari tidak ada lagi video game yang berurusan dengan pengadilan.

Karena game itu permainan.

    %d blogger menyukai ini: